Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, October 13, 2012

Monas, finally!

Jadi setelah setahun lebih biasanya cuma ngelewatin jalan depan Monas pas berangkat dan pulang, akhirnya kali ini gw nyobain langsung masuk ke monas dan naik sampai puncaknya.

Ga terlalu direncanakan sih, kepikiran aja. Soalnya hari Kamisnya gw masuk siang, trus nginep, dan ga pulang, soalnya Jumatnya masuk siang lagi. Jadi, abis mandi, jalan2 dulu ke kebon sirih, makan di warteg, trus abis itu jalan aja ke Monas. Jauh ternyata ya dari pintu luarnya ke dalem Monasnya sendiri. Bahkan dari jalan melingkar yg di depan Monas itu pun, ga asal langsung masuk.

salah satu chopper keren yang ditampilkan

Waktu itu tanggal 5 Oktober, dan lagi ada pameran alutsista TNI, jadinya beruntung bisa liat heli2 yg keren, juga mobil semi tank, perahu2 dan laen2nya yg keren2. Nah, jadi gw mesti muter hampir keliling monas dulu baru nemu jalan masuknya.

lokasi masuk ke monas, lewat bawah. btw itu mbak2 bule yg dimaksud

Jadi masuknya itu ga lewat depan, tapi lewat lorong di bawah. Ada tulisan petunjuknya kok, jadi turun tangga ke bawah, trus lewat lorong gitu, kyk di Sabuga. Nah, tapi itu baru masuk keluar naek tangga lain, dan nembus langsung ke depan Monasnya. Akhirnya, menginjakkan kaki di monas.Itu pun ga langsung ke atas, tapi turun lagi ke bawah, dimana ada area luas yg merupakan museum, agak gelap gitu disana. Baru abis itu naek lagi kalo mau sampe puncak, dan bayar tiket lagi. Kalo tadi tiketnya cuma 2500, sekarang 5000. (tapi ga jelas gitu sih mestinya bayar berapa, tulisan keterangannya ga berlaku kali yak).

baru akhirnya pas di depan monasnya

Naik tangga, keluar di bagian bawah monas (yg di atas tangga), jalan ke sisi sebaliknya monas, nah di bagian situ baru ada elevator yg menuju ke puncak. Dan di puncak itu adalah ruangan ga begitu lebar (mungkin sekitar 5x5 meter ya), dengan ventilasi terbuka dengan pemandangan ke bawah sana. Anginnya kenceng boi. Jumat pagi itu, ternyata entah kebetulan lagi banyak banget pengunjungnya, jadi pas di puncak banyak orang gitu. Juga ada booth kecil, yg ada petugasnya, buat beli koin khusus yg dipake kalo kita mau make teropong di sana.

suasana di atas, booth penjual koin, rame lah

suasana di puncak monas

pemandangan stasiun gambir dari atas

Setelah sekitar 10 menit gw puas ngeliatin pemandangan di bawah sana, lucu-lucu keliatannya, apalagi jalur kereta itu, waktu keretanya ngelintas. Juga jadi tau sejauh apa sih stasiun yg abis gambir itu. Juga bisa tau istana sebelah mana sih, trus di sebelah situ ada gedung apa aja sih, kementrian apa aja sih. (ada petunjuk gambar di sebelah atas, hasil zoom). Pengen udahan trus turun lagi, tapi berhubung orangnya banyak banget, yg ngantri turun juga banyak, akhirnya gw cuma muter2 di kotak sempit itu hingga setengah jam kemudian baru bener2 turun.

Oiya, ada satu mbak2 bule yg keliatannya punya niat yg sama utk nyobain naek ke monas, dan sejak gw masih nyari2 jalan ke dalem monas, mbak bule ini di depan gw. Makanya gw ngikutin aja, karena gw sendiri juga kan baru pertama. Sayang ga bisa ngikutin lebih lama, karena begitu di museum ada petugas yg sigap banget nyamperin trus ngajak ngobrol. Bahasa inggrisnya lancar juga sih, yaudah lah gw tinggalin aja tuh mereka. Baru ketemu lagi di atas kemudian ama itu mbak bule, dan masih ditemenin ama petugasnya dong! Gilak, berarti si mas petugas ini emang niat. Pas gw turun naek elevator juga bareng mereka, dan abis itu gw lihat petugasnya bawa mbak bulenya ke pinggiran balkon monas, dan ngobrol aja mereka berdua. Walah, pedekate kayaknya si mas petugas ini. Kelanjutannya gw ga tau, soalnya gw keluar, dan balik ke kantor buat jumatan.

Udah sah jadi warga ktp jakarta lah ya kalo udah ke monas :D Besok2 mungkin mau kesana lagi, mau ngeliat2 museumnya dengan seksama, banyak diorama di dalemnya soalnya.

No comments:

Post a Comment