Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, December 02, 2013

[Review] The X-Files (Season 3)

Setelah setahun lebih sejak nonton season 2-nya, gw baru lanjut nonton The X-Files yg season 3. Lama banget yak..


Season 2 berakhir di episode Anasazi, dimana Mulder menemukan bis yang terkubur di balik pasir dan batuan di pedalaman Navajo, dan Cigarette Smoking Man datang beserta anak buahnya. Mereka kemudian membakar bis yg berisi mayat alien itu (ngilangin barang bukti), tapi Mulder ga ketemu, dan si CSM menganggap Mulder sudah tewas.

Anyway, untuk lengkapnya tentang The X-Files season 3, plot, theme, episodes, dsb bisa baca di halaman wikipedianya.

Menceritakan rangkuman plot serial ini sulit, karena jadinya panjang banget. Tiap episode kaya dengan plot, karakter, dan detail, apalagi untuk episode yang berkaitan tentang tema utama, yaitu konspirasi dan mitologi alien.

Episode bertema konspirasi muncul dalam 4 kesempatan. Pertama, di episode 1 dan 2, The Blessing Way dan Paper Clip, yang merupakan lanjutan dari season 2.

Mulder masih hidup dan disembuhkan oleh Albert Hosteen, orang Indian Navajo yang juga mengetahui keberadaan dokumen rahasia tentang project yang dilakukan Sindikat. Si Smoking Man posisinya dipertanyakan di dalam Sindikat karena keberadaan digital tape yg jatuh ke tangan Mulder. Salah satu anggota penting Sindikat, (yg disebut) Well-Manicured Man, memberitahu Mulder dan Scully tentang project yang dilakukan Sindikat, dengan merekrut ilmuwan2 cemerlang di bidangnya.

Kedua, di episode 9 dan 10, Nisei dan 731.

Mulder menyelidiki kereta yang berisi eksperimen rahasia dimana diduga ilmuwan Jepang melakukan autopsi pada alien. Atau sejenisnya lah. Gerbong kereta itu juga berisi contoh hibrid alien-manusia. Mulder yang hendak mengekspos hal ini dihadang oleh salah seorang agen Sindikat. Mereka terkunci di dalam kereta yang terpasang bom.

Ketiga, di episode 15 dan 16, Piper Maru dan Apocrypha.

Kapal pencari Perancis menemukan sebuah kapal selam jaman Perang Dunia II, tapi seluruh awak tewas karena black oil yang muncul darinya. Black oil yang merupakan bentuk alien ini dapat berpindah melalui perantara manusia. Hal ini merupakan masalah untuk Sindikat, karena terjadi kebocoran informasi yang merupakan ulah Krycek. Ribet kan?

Terakhir, di episode 24, Talitha Cumi.

Seseorang bernama Jeremiah Smith muncul dan menyembuhkan orang-orang pada suatu peristiwa penembakan di restoran. Ketika Mulder dan Scully mencarinya karena dia tiba2 menghilang, ternyata CSM keburu menahan orang itu. Jeremiah Smith adalah salah satu contoh alien yang memiliki kemampuan2 khusus.

-OoO-

Episode2 lainnya memiliki pola Monster of the Week, yaitu kasus2 X-Files yang ditangani Mulder dan Scully. Beberapa di antaranya yg menurut gw menarik adalah War of the Coprophages (eps 11), dimana kasus kematian yg diduga disebabkan oleh kecoa (?) terjadi. Episode berikutnya juga ga kalah aneh, yaitu Syzygy, dimana di kota yg lain lagi, kematian2 juga terjadi dan disebabkan dua gadis yg memiliki kekuatan sihir (?).

-OoO-

Nah, ketimbang bahas plot, lebih enak bahas karakter2 yang muncul. Dalam hal ini, yang berkaitan dengan tema konspirasi.


The Smoking Man (by William B. Davis). salah satu anggota Sindikat yang secara konsisten menjadi lawan Agen Mulder dan Scully, menghambat setiap usaha mereka menguak kebenaran. Dia yang paling sering muncul, meskipun kadang cuma sebentar. Kebiasaan khasnya yang selalu ngerokok (mulai dari nyalain rokoknya dulu pake korek) ini yang menjadi nama julukannya.


Well-Manicured Man (by John Neville). salah satu anggota penting Sindikat, yang jelas2 bersebrangan jalan dengan Smoking Man. Dia ga suka dengan metode SM yang sering pake kekerasan dan asal bunuh orang. WMM malah jadi orang yang memberikan cukup banyak informasi ke Mulder dan Scully.


X (by Steven Williams). informan Mulder yg somehow, diragukan dia berada di pihak mana. Di episode 23, baru diketahui kalo dia sebenarnya salah satu agen Sindikat, bawahannya SM. Sepertinya, selain karena tugasnya sebagai agen, dia bersimpati pada Mulder dan memberikannya sebagian informasi, dengan harapan Mulder berhasil melakukan sesuatu sebelum dia.


Alex Krycek (by Nicholas Lea). salah satu agen Sindikat, bawahan SM, tadinya. Entah karena kegagalannya membunuh Scully, di eps 2 dia hendak dilenyapkan, tapi dia berhasil lolos, bersama digital tape yg bermasalah itu. Nah, sepertinya karena ulah Krycek lah informasi tentang kapal selam Piper Maru sampai ke intelijen Perancis. Mulder nemu Krycek di Hongkong dan membawa dia kembali ke Amerika, tapi Krycek yang terjangkit black oil lolos lagi, dan tiba di SM. Krycek terakhir muncul di eps 16, dimana dia terjebak di ruangan rahasia dimana terdapat pesawat UFO.


First Elder (by Don S. Williams). salah satu anggota penting Sindikat, biasanya nongol sewaktu rapat Sindikat. Dia juga sekali muncul dan mendatangi Scully untuk memperingatkan kalau Mulder dalam bahaya. Tapi cuma itu doang sih.


Red-Haired Man (by Stephen McHattie). salah satu agen Sindikat, ngakunya agen NSA. Dia yang memburu ilmuwan2 Jepang yg entah berkhianat atau apa. Dia juga yg menghadang Mulder di kereta yg berisi eksperimen dengan alien dan hibridnya. Dia hampir membunuh Mulder, tapi X datang dan membunuhnya. Entah kenapa namanya Red Haired, padahal rambutnya biasa aja, ga merah warnanya.


Jeremiah Smith (by Roy Thinnes). sosok yg ternyata alien berwujud manusia, dan memiliki kemampuan menyembuhkan orang, dan bisa mengubah wajahnya menjadi orang lain. Jeremiah Smith ini sendiri semacam kloning, setidaknya ada 6 Jeremiah Smith yg terdaftar. JS yang nyembuhin orang itu ga termasuk yg jahat, karena dia berniat untuk membagi informasi dengan Mulder dan Scully, sebelum...


Alien Bounty Hunter (by Brian Thompson). agen Sindikat, tapi bedanya dengan yg lain, dia ini alien. Biasanya, kalau masalahnya berat, dia dipanggil buat 'nyelesaiin masalah'. Muncul di eps terakhir buat memburu Jeremiah Smith.

-OoO-

Sedangkan karakter2 protagonisnya, selain Agent Mulder dan Scully, ada atasan mereka, Assistant Director Walter Skinner. Lalu ada 3 orang nerd dari The Lone Gunmen yang sering bantu mereka. Juga ada agen Pendrell dari FBI, yang dimintai bantuan untuk meneliti perangkat2 aneh yg mereka temukan. Skinner yg sebelumnya rada mencurigakan, di season ini udah jelas, dia berpihak pada Mulder dan Scully. Melissa, kakaknya (atau mungkin adeknya) Scully muncul di episode awal, tapi menjadi korban salah tembak Krycek dan rekannya. Ibunya Scully juga beberapa kali muncul, biasanya ketika Scully lagi stress dia pulang ke rumah ibunya. Ibunya Mulder juga muncul ketika pemakaman, dan satu lagi, ketika didatangi sama Smoking Man, yang terlihat kenal baik dengannya. Tapi setelah berdebat dengan SM, dia kena stroke lalu dirawat.

Quote:

Scully: What kind of business you're in?
Well-Manicured Man: We predict the future. The best way to predict the future, is to invent it.

No comments:

Post a Comment