Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, February 23, 2014

Fortune Cookie, JKT48 dan Ayana

JKT48 dalam promo single terbarunya

Sekarang ini pasti orang-orang udah pada tahu JKT48, meskipun mungkin kadarnya cuma sekedar tahu kalo ada, bukan tahu lebih dalam. Dua tahun yg lalu, dari 2011 akhir lah kira-kira, pertama kalinya gw denger ada grup JKT48. Waktu itu karena masih jamannya girlband2 macam Cherrybelle dan copycat-copycat lain, JKT48 cuma dianggep sebagai another girlband. Gw pun tadinya mengira begitu. Yg gw heran malah ini kok rame banget orangnya, ada belasan gitu, mana kirain angka 48 ini maksudnya jumlah anggotanya. Asal 48 sendiri udah sering ada yg bahas, jadi ga perlu gw jelasin lah, gw juga ga begitu tau pasti sih. (dan ya, gw tau kalo JKT48 itu idol group, bukan girlband)

Waktu itu twitnya ini nih
Coba liat anak-anak itu, tampangnya masih cilik-cilik banget. Ga begitu menarik. Tapi waktu adalah sesuatu yang luar biasa. Yang dulu bocah-bocah sekarang udah cantik-cantik. Yaiyalah makin nambah umurnya, trus udah ngerti dandan soalnya.

Setelahnya lambat laun, lagu-lagu mereka mulai keluar. Tadinya dari iklan Pocari Sweat, trus apalah gw ga ngikutin sih. Lagu-lagu mereka itu asalnya dari lagu2nya AKB48, sister group (senior) mereka di Jepang, yg kemudian dimodif jadi pake bahasa Indonesia, iramanya sama tapi liriknya diganti. Gw juga belom tertarik waktu itu karena menurut gw lagu-lagunya jadi aneh. Entah bagaimana fanbasenya mulai rame, dan orang2 yg gw follow di twitter, kayak ompip sama erry jadi penggemar berat. Ada lah itu istilah wota, oshi, gw ga ngerti. Pokoknya JKT48 jadi fenomenal dan laris manis. Ada teaternya di FX Sudirman, dimana mereka show hampir tiap hari, trus ada event macem2. Tapi tahun 2012 itu boleh dibilang mereka masih underground. Baru tahun 2013, mulai sering banget tampil di TV. Biasanya di Dahsyat atau acara musik lain, tapi seringnya Dahsyat sih, ato event2 tertentu kayak Gebyar BCA dan sejenisnya.

Dan gw masih belum tertarik.

Sampe akhir 2013, girlband yg dulu2 udah ga kedengeran lagi, Cherrybelle juga cuma yah udah lewat lah masanya. Tapi JKT48 masih rame dan kayaknya bakal tetap rame.

Dan gw masih juga belum tertarik.

Hingga kemudian lagu terbaru mereka waktu itu, Fortune Cookie diluncurkan. Awalnya gw liat di iklan KFC (entah karena inisialnya sama dengan Koisuru Fortune Cookie), pokoknya wah kok yg ini lagunya bagus, enak didenger. Apalagi saat itu JKT48 udah rada mainstream sih, selain udah sering nongol di tipi, lagunya juga mulai sering diputer di tipi.

Akhirnya gw cari (donlot sih, maap) dan dengerin. Dan gw suka sama lagu Fortune Cookie ini. Gw setel berulang-ulang, sampe sekarang. Dan jadi satu-satunya lagu JKT48 yg gw dengerin, yg lain enggak.

come on come on come on baby, tolonglah makanlah

Yang mencinta fortune cookie,
masa depan tidak akan seburuk itu,
hey hey hey,
mengembangkan senyuman kan membawa keberuntungan
Fortune cookie, berbentuk hati,
nasib lebih baiklah dari hari ini,
hey hey hey,

Mau ga mau karena udah jatuh hati sama lagunya, gw jadi ikut cari tahu tentang JKT48, nyoba2 nonton tiap kali mereka ada di tipi, trus ngeliatin muka-mukanya. Nyoba nyari tahu namanya, dan belom berhasil sebelum gw pake cara yg cukup efektif. Pantengin salah satu akun membernya aja, toh dari timeline twitter, banyak yg ngeretweet atau mention member2nya. Sebelum gw mulai explore, paling gw taunya veJKT48 yg sering dimention erry, atau sendyJKT48 yg dimention (dan dengan tercelanya, hahaha, diRT edit) sama reza. Jadilah sebelum ini dengan naifnya gw mengira ve dan sendy adalah member yg paling cakep dan terkenal. Salah banget, pemirsa.

Jadi, gw lupa, kayaknya dari Ve, trus ke Kinal (karena Kinal kapten timnya) gw cek akunnya, trus ke list followingnya. Sebagai member, pastinya dia follow member yg lain kan. Betul. Setelah scroll sampe paling bawah, list followingnya adalah member2 JKT48. Sebenarnya ada banyak, bisa puluhan, tapi gw perhatiin ada yg akunnya nama+jkt48, ada juga yg nama+underscore+JKT48. Ga perlu jadi detektif udah tau pasti yg underscore ini semacam generasi berikutnya, jadi bukan angkatan pertama. Gw butuhnya yg angkatan pertama aja sih, karena mikirnya mereka pasti member yg utama.

Gw bikin list di excel, nyatetin nama sama akunnya satu2 (niat banget kan), trus liat gallerinya, trus ngesave twitpicnya, masing-masing member lima pic lah, biar bisa sambil diapalin muka sama namanya. Dari sinilah, gw bisa menilai mana yg menurut gw cakep dan mana yg menurut gw ga begitu cakep. (ga bisa diperdebatkan karena preferensi tiap orang beda2) Dari sini gw simpulkan, member JKT48 ini banyak yg cakep (cantik2), ga cuma Ve atau Sendy. Tapi sampe situ gw masih belom begitu suka sama salah satu di antara mereka. Masih dalam proses mengenali, nontonin penampilan mereka di tipi, sambil ngapalin namanya.

Paling ga, sejauh ini gw paham, yg sering muncul dan gampang dikenali adalah Melody dan Nabilah, karena mereka biasanya emang tampilnya di depan, jadi pasti kesorot kamera terus. Belakangan gw baru tau kalo Melody adalah kapten JKT48, keseluruhan timnya. Ooo pantesan, soalnya dari tayangan sebelumnya, yg gw tau Kinal yg jadi kapten tim J (tim utama), eh ternyata di atasnya ada Melody. Karena itu juga, waktu gw explore twitpicnya member2 JKT48, banyak yg di dalemnya ada Melody juga. Dia sering nongol dimana-mana, hadir dalam twitpic member2 yg lain. Omnipresence.

Nah, kayaknya minggu lalu research gw mencapai puncaknya. Gw udah mulai tahu tentang beberapa membernya. Dan akhirnya nemu satu yg paling gw suka.

Anyway, anggota tim J kira-kira sebagai berikut: Kinal, Cindy Gulla, Delima, Achan, Ghaida, Melody, Rena, Sendy, Ve, Sonia, Jcvan, Rica, Shania, Frieska, Dhike, Gaby, dan Nabilah. (plus Haruka, dan yg lainnya gw ga tau)

Sebagian di antara mereka gw udah bisa bedainnya. Yg belom palingan Delima, Gaby, Dhike, Frieska, Sonia, Rica. Tapi gw tau kalo Dhike ini cakep juga, dan Frieska masih sepupunya Melody, dan mukanya mirip siapa gitu.

Sekilas tentang member2 tim J yg gw tau.

Melody Nurramdhani

Melody, mukanya ngingetin gw sama Kou Shibasaki, artis Jepang yg sering main film dan dorama. Melody yg paling tua, 21 tahun, di antara semua member JKT48 (kecuali Haruka), dan dia sikapnya anggun gitu, emang cocok jadi leader.

Devi Kinal Putri

Kinal, kapten tim J, mukanya cerah banget, shining so bright, dan penuh senyum. Liat aja pic ini. Crazy eyes. Matanya berbinar-binar gitu.

Ayana Shahab

Achan ini dari recent picnya hobi banget selfie, dan imut2 gitu kayak anak2 alay jaman sekarang. Tapi jangan salah.

Ghaida Farisya

Ghaida ini gw juga bisa bedain karena rambutnya pendek, dan waktu itu katanya mirip helda.

Sendy Ariani

Nah ini Sendy. Setelah dipikir2 dan liat video yg ada dianya, biasa aja sebenarnya. Ngomongnya juga datar. Eiya, sekilas mirip Sanchai (yg di Meteor Garden) ya.

Jessica Veranda

Jessica Veranda, dipanggil Ve biar ga ketuker sama Jessica yg satu lagi. Ve ini fashionista, sempet  ikut fashion week ato apalah. Ada yg khusus dari Ve, dia kalo ngomong agak lambat gitu. Kata Kinal di salah satu video di JKT48 story, Ve ini emang pendiam, tapi kadang2 suka jahat dan dingin gitu. Iya sih, emang terlihat pendiem.

Jessica Vania

Jessica Vania, disingkat jcvan, tapi sebenarnya dipanggilnya Jeje. Tadinya gw sulit membedakan antara Jeje sama Sendy, tapi sekarang udah. Setelah sempet liat sekilas di tipi, trus di podcast siaran OZradio, baru tahu kalo Jeje ini orangnya rusuh, agak tomboi gitu lah.

Shania Junianatha

Shania badannya tinggi, dan cantik banget, kayak artis Jepang juga, gw lupa siapa. Waktu liat salah satu video di youtube sih, orangnya berisik juga. *nah, baru nemu, dia mirip Rina Uchiyama.

Nabilah Ratna Ayu

Nabilah ini termasuk yg paling banyak fansnya. Cukup fenomenal. Yg unik dari dia adalah tampangnya keliatan dewasa banget cantiknya, padahal pas gw cek, dia baru 14 tahun! Gw aja bengong, lah ini dia baru 14 tahun?

Haruka Nakagawa (dan Gaby)

Ini dia Haruka Nakagawa, anggota pindahan dari Jepang, tadinya member AKB48. Gw kurang tau sih apakah dia nanti bakal balik lagi ke Jepang, atau tepatnya, kapan? Haruka ini salah satu yg bikin lucu di JKT48, soalnya dia bisa ngomong Indonesia tapi masih patah2, jadi kedengerannya lucu. Ekspresinya juga keliatan selalu senyum2 gitu.

Kira-kira segitu yg gw tau. Gw belom ngefavoritin salah satu dari mereka, hingga akhirnya ngecek video di youtube dari channel JKT48, yg ini https://www.youtube.com/watch?v=U26faXyOopI
itu adalah video Melody dan Ayana (Achan, mulai sekarang disebutnya Ayana aja ya) waktu Ramadhan 2012. Dari video inilah, gw baru tau kalo Ayana itu... lucu bangett! Coba aja liat videonya dari awal sampe akhir. Cara dia ngomong, cara dia jawab, suaranya. Pokoknya lucuu aja. Unyu lah istilahnya. Btw itu 2012, satu setengah tahun yg lalu. 2014, dari recent picturenya aja, udah keliatan jadi tambah cantik banget. Pinter selfie pula. Ekspresinya itu juga cute pokoknya.

(melody dan) ayana -thn 2012

Ayana -thn 2014

Begini, di antara member JKT48, yg cakep itu banyak. Tapi yg lucu cute imut kayaknya cuma Ayana (Haruka lucu sih, tapi mukanya senyum2 mulu jadi aneh, haha). Jadi sejak itu gw jadi suka sama Ayana. Lucu soalnya. Gw juga follow achanJKT48, satu-satunya akun member JKT48 yg gw follow.

Oh tapi itu taun 2012 kan, kalo sekarang gimana, masih lucu gak dia? Karena itulah gw juga nyari2 video JKT48 yg terbaru yg ada ayana-nya. Akhirnya nemu disini https://www.youtube.com/watch?v=so-IKDzi78E, pas bagian Ayana ngomong, masih keliatan lucunya. Agak2 cadel gitu ya. Ayana kelahiran 97, sekarang masih 16 tahun. Mudah2an nanti semakin bertambahnya usia, Ayana tetep lucu yah, hehe.

Sebagai penutup, gw bukan fans. Gw merasa belom sampe ke level fans, apalagi wota. Gw ga akan dateng ke teater2nya mereka atau ikut event handshake yg bayar itu. Gw juga bukan yg membela setengah mati. Gw cuma suka satu lagu Fortune Cookies, dan Ayana.

-OoO-

Btw, sebenarnya gw agak risih kalo ngeliat JKT48 tampil, yg roknya pendek2 gitu. Ya emang sih, pasti mereka pake celana pendek di baliknya, tapi tetep aja risih ngeliatnya.

2 comments:

gonjack said...

Gw kira2 serupa kyk elu bro, gak ikut teater dan event-nya yg bayar2 itu, Gw cuma suka Ghaida, Rica, dan lagu Yuuhi, sayangnya keduanya gak ada di MV lagu itu

minky_monster said...

wah, yuuhi ternyata lagunya bagus juga *baru nyari di youtube, hehe. slow gitu, tapi orangnya dikit sih emang disitu.

Post a Comment