Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, April 19, 2014

Dinamika Interaksi Fans dan Member


Hmm, yg mau dibahas ada beberapa nih, mending dibikin per bagian gitu aja yak. Sebagian besar bukannya sotoy, tapi sepengetahuan gw dengan observasi dan cari2 informasi.

Target Pasar
Sering ga sih denger nyinyiran, ih kok orang dewasa ngefans sama JKT sih, kan mereka masih anak-anak sekolahan gitu. Ya justru itu, dengan sistem yang ditetapin dari JOT (management), target konsumen yg utama memang mas-mas dan bapak2 yg udah mapan/berpenghasilan. Kenapa? Soalnya, kegiatan ngefans/ngidol yg utama itu sungguh konsumtif dan butuh banyak biaya, yg cuma bisa dipenuhi sama orang2 yg udah berpenghasilan. Bayangin kalo fansnya masih bocah SMA, atau kuliah yg belom kerja. Mereka juga ga akan maksimal banget karena terkendala dana. Jadi ya target pasarnya klo menurut gw ya untuk laki-laki usia 20-an.

Oke, barusan setelah liat dokumenter di metro TV, ternyata yg fans yg masih sekolah pun cukup loyal, meskipun perlu dipertanyakan, itu duit buat ngidol dapet darimana, kan ga asik juga kalo morotin duit orangtua.

Konsumtif?
Yoi. Konsumtif banget tauk. Kalo diniatin. Konsep idol JKT48 yang diadopsi dari AKB adalah 'idol you can meet', ada lanjutannya... 'with money'. Kita memang bisa berinteraksi dengan idol, tapi mesti ngikut event2nya dan itu bayar lho. Apa aja ya yg gw tau... Pertama, dateng ke teater buat liat mereka perform selama kira2 2 jam. Itu mesti apply dulu lewat email, baru nanti kalo lolos, bisa dapet tiket teater. Baru abis itu ke teater dan nukerin bukti email dan bayar tiketnya. Di teater, selain bisa liat perform, begitu show selesai biasanya ada sesi high-touch (tos) sama semua member yg perform hari itu. Gw tau darimana? Cari-cari informasi lah. Kemudian ada merchandise misalnya photopack (yg isinya satu gambar doang bukan sih?), lalu ada photobook ato apa lah. Lalu ada DVD2 edisi konser 1thn JKT48, atau pajama drive, ato laen2nya. Harganya lupa gw, 200rb bukan sih. Nah, kalo beli DVD, nanti dapet tiket/kupon untuk two-shoot (foto bareng) dengan member. Salah satu member yg kita mau. Ada tatacara fotonya juga sih, jadi ga bisa sembarangan.

Lalu ada handshake festival. Dengan membeli CD single terbaru di teater (40rb), dapet 1 kupon handshake dengan member. Nanti pas hari-H, misalnya di Balai Kartini, kita dateng kesana, dan ngantri sesuai jalur member dan jadwalnya. Pas udah dapet gilirannya, kita dikasih 10 detik untuk salaman dan ngobrol sebisanya. Of course, banyak yg beli CDnya beberapa, jadi punya lebih banyak waktu buat ngobrol. Lalu ada Direct Selling CD. Beberapa member (biasanya 3) aktif dalam penjualan CD single terbaru ke spot2 di nusantara (utamanya Jawa dan Sumatra mungkin ya). Nanti kita bisa beli CD, dan dikasih CDnya sama mereka, lalu high touch. Nah, ini gw gw lakukan kemaren, ikut direct selling. Sebentar banget sih. Kalo mau banyak sih, ya beli CDnya lebih dari satu, trus bolak-balik ngantri biar bisa toss berkali-kali. Dan kalo ga salah ada event khusus. Kalo misalnya pas Handshake Festival, ada acara2 lain, misalnya perform dari member ato apa lah. Lalu pernah juga ada dinner special dengan member untuk beberapa orang yg beruntung menang kuis. Yah begitulah.

tambahan: ada lagi event khusus OFC, gatau singkatannya apa, tapi kayaknya khusus anggota official fans club. Jadi kadang2 ada acara kebersamaan bareng member, trus acaranya bisa macem2, ada yg bowling, bilyard, atau kemaren main UNO. Hmm, boleh dibilang, interaksi event OFC ini yang paling tinggi levelnya.

Intinya, untuk berinteraksi secara langsung dengan member butuh biaya. Kalo yg ga pake biaya, ya terbatas dari media online sama TV saja kalo gitu. Which is, lumayan juga lho, masih bisa interaksi lewat socmed kayak twitter atau g+ atau instagram. Tapi kebanyakan satu arah sih.

Batasan (dari JOT)
Ya ya ya, tentu saja management menetapkan batasan2 untuk member ketika berinteraksi dengan fans. Selain golden rules ga boleh pacaran, masih ada aturan2 lain. Misalnya, fans ga boleh nyentuh member, kecuali di acara2 yg sudah ditetapkan seperti handshake, high touch, atau direct selling. Member juga ga boleh secara langsung ngebalas mention dari fans, baik di twitter atau gplus. Mereka bisa jawab pertanyaan ato ngerespon, tapi ga secara spesifik menunjukkan repliannya itu ke siapa, jadi adanya cuma new tweet aja. Yg gw tangkep sih, member ga boleh mengistimewakan salah satu fans. Soalnya, mungkin nanti takutnya fans yg lain jadi ngiri dan pada berantem atau berhenti ngefans.

Batasan lain adalah, karena semua fans dapat kesempatan yg sama untuk berinteraksi dengan member, jadinya yg didapat itu dalam porsi yang kecil saja. Ya kayak handshake cuma 10 detik misalnya. Terang saja fans bakal ngerasa kurang, ga puas, dan karenanya banyak yg ngeluarin duit lagi buat waktu interaksi yang lebih.

Sistem Sousenkyo
Gw sendiri sebenarnya ga terlalu suka dengan sistem di atas tadi, bahwa kita mesti mengeluarkan uang untuk bisa berinteraksi dengan member, tapi kalo dipikir sebenarnya fair aja sih. Asal kita bisa nahan diri dan ga menaruh ekspektasi dan keinginan terlalu besar. Ya dateng teater secukupnya, ato sekali aja yg penting udah pernah nyobain, begitu juga handshake dan event lain. Tapi ada satu sistem lagi yg bener2 gw ga suka. Voting pemilihan member atau disebutnya sousenkyo. Pemilunya JKT48.

Jadi, dari sekian banyak member JKT48 yg sekarang (gen1, gen2, dan gen3 yg baru gabung), akan divoting untuk diurutkan siapa yg dapet suara terbanyak, dan 16 besar akan terpilih jadi anggota senbatsu di single berikutnya. Cara votingnya adalah, dengan menggunakan kupon voting senbatsu yg ada nomer serinya, lalu voting di web jkt48 dengan masukin kodenya, lalu pilih nama membernya. Nah, dapetin kuponnya ini ada beberapa cara. Yg pertama adalah lewat pembelian CD yg dijual di alfamart/alfamidi/lawson, tiap beli 1 CD dapet 3 jatah vote. Berikutnya adalah lewat mobile content (donlot lagu flying get dan dapet nomer seri untuk 1 kali vote. Tapi yg mobile content itu cuma seminggu dan udh lewat. Berikutnya adalah dengan dateng ke show teater, dapet kupon juga buat vote, tapi gw ga tau dapet berapa jatahnya.

Yah, namanya juga pemilihan dengan sistem voting, seperti halnya Indonesian Idol, fans didorong untuk memilih sebanyak-banyaknya. Dan yang mendapat suara terbanyak sebenarnya ga mutlak mencerminkan apakah dia memang yg terbaik, ataupun yg terpopuler. Karena apa? Karena money politic, dan fanbase politic. Fans2 yg loyal menghimpun massa dan kekuatan, lalu ngeborong CD dalam jumlah banyak, trus dipake voting untuk idola mereka. Jumlah CD yg dibeli itu bukan cuma ratusan, tapi bisa ribuan :O Alhasil, setelah selesai voting, yg tersisa adalah tumpukan CD yg mungkin ga terpakai, karena semua udah punya. Bayangin juga dong, berapa total duit yg keluar untuk banyaknya jumlah CD itu. Harga 1 CD adalah 35rb, kalo seratus aja udah 3 juta, seribu 30 juta. Huwoooo... Cara inilah yang dipake fanbase supaya idola (oshi) mereka dapet suara yg banyak, biar bisa ngalahin jumlah suara member yg lain. Dan gw mikir, ini apa-apaan sampe ngabisin puluhan juta buat voting ini?

Gw sih lebih pilih voting yg fair, tiap orang bisa milih sekali, dan nanti hasilnya benar2 merepresentasikan pilihan fans. Tapi ya terserah sih, kalo fansnya udah begitu. Gw nulis ini juga karena kemaren shock soalnya ayana ga masuk 16 besar pas pengumuman voting tahap kedua. Sementara dari tahap kedua langsung ke pengumuman akhir minggu depan, dan itu jaraknya sebulan. Ga tau perkembangannya, saat ini udah di posisi berapa. Gw pribadi sih memilih untuk ga mempermasalahkan dan mikirin hasilnya, apapun hasilnya tetap dukung ayana :D Gw juga berharap member2 bisa lebih bijak dalam menyikapi pemilu ini, biar ga stres amat ato maksain fansnya buat milih sebanyak2nya. Santai aja, karena kalo mereka paham sistem pemilihannya, harusnya juga paham kalo hasilnya ga mencerminkan hasil sebenarnya. Kita juga bisa ngeliat lho, siapa aja member yg ngebet promosi tiap hari, siapa aja yg cuek2 aja, santai2 aja, atau wajar2 aja promosinya. Ya begitu lah. Kalo ga kepilih untuk single ke 6, kan masih ada kesempatan untuk single berikutnya, sembari tetap berusaha meningkatkan performa. Atau untuk yg udah sering senbatsu, ya anggap aja beri kesempatan untuk yang lain. Lagian, JOT mestinya adil sih, tiap member bakal kebagian senbatsu, walopun jumlahnya berbeda.

Mau jadi fans yg seperti apa?
Gw sih, maunya jadi fans yg wajar aja, yg tetap rasional, dan terkendali. Ga banyak ekspektasi, atau ingin yg macem2. Secukupnya aja. Ga berlebihan atau konsumtif banget. Gw sendiri awalnya ngefans karena suka sama lagunya, trus kepribadian membernya. Kalo soal perform mereka sebenarnya gw ga begitu peduli sih, jadi ga ada keinginan kuat untuk dateng ke teater. Soalnya kita ga tau sampe kapan bakal tetap ngefans. Kalo gw sendiri sih, selama belom bosen aja, dan selama member2nya (esp ayana) masih rajin ngetweet, atau update socmed. Sesuatu yang terkendali bakal bertahan lebih lama, kira-kira begitu lah. Dibanding sama yg terlalu hiper dan bersemangat, tapi nanti pada akhirnya bakal capek dan berhenti. Bisa liat sendiri loh, misalnya kak pip yg dulu tiap hari semangat banget ngomongin jkt48, tapi sekarang udah jarang, dan ga dateng ke teater lagi katanya.

Tapi kalo ada satu hal yg bakal bikin gw otomatis berhenti adalah, kalo JKT mulai pake konsep2 gravure di AKB. Nah, kalo sampe kejadian gitu, gw emoh deh. Ga cocok kulturnya sama di sini. Hal positif yg didapat dari ngefans JKT48 buat gw adalah, gw jadi bisa lebih menghargai wanita, terutama karena respek pada para member. Jadi sekarang tiap liat cewek make rok mini ato hot pants, ga langsung mikir yg enggak-enggak. Semuanya tergantung sama attitude.

Memang kapasitas gw yg selalu perhitungan ga bakal membuat gw jadi fans2 wota yg fanatik itu, dan gw juga ga pernah kepengen sampe selevel mereka. Ga bisa aja, kalo segala sesuatu cuma mikirin idol. Sampe terobsesi gitu. Mungkin jadi ga punya waktu untuk mikirin hal lain. Kalo yg udah punya pasangan hidup sih ya ga masalah, tapi kalo yg jomblo trus terjebak ngidol, bisa2 malah terus terjebak dan menganggap idolnya sebagai figur pasangan buat mereka. Ngg... Tapi biar gimana, itu kan pilihan tiap orang. Asal nanti kalo udah selesai, ga kemudian menyesal aja sih.

Sekian. Mohon maaf kalo ada kalimat yg ga berkenan.

-OoO-

ralat lagi: sousenkyo, bukan sensokyou, dan juga bukan senkyouku. Masya Allah, sampe 2 kali salah.

No comments:

Post a Comment