Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, May 31, 2014

Akhirnya ke Theater untuk Pertama Kali


Yup. Kamis kemarin akhirnya berhasil menuntaskan satu misi lagi, yaitu datang ke theater buat ngeliat penampilan JKT48. Setelah melalui persiapan yg sempet bikin panik dan was-was (karena gw orangnya emang gampang resah dan control freak), ternyata hasilnya lancar-lancar saja, haha.

Jadi, dimulai dari hari Senin. Sudah tau kalo hari kamis itu libur tanggal merah, dan tanggal 29, ulang taunnya ghaida. Jadi meskipun ghaida itu bukan oshi saya, tapi boleh dibilang gw kagum banget sama ghaida. Karena apa ya, karena jagoan banget sih soalnya, haha. Selain itu, karena gw taunya ghaida aja yg suka sama laruku, jadinya merasa ada kesamaan. Jadi, kenapa ga sekalian menjadikan hari itu untuk datang ke teater? Masih ada minggu depan sih pas ulangtaun ayana, tapi kayaknya kalo ada show hari itu, bakalan penuh banget, secara fansnya ayana kayaknya lebih banyak. Bisa ga kebagian tiket.

Langkah pertama adalah buka situs jkt48.com, dan bikin akun disana, pake email. Lalu pilih oshi, isi biodata (sesuai ktp), trus baru liat schedule theater. Untuk show hari tertentu, kita bisa daftar/apply untuk dapet tiket dari h-3 sampai h-2. Baru abis itu, hasilnya dikasihtau pas h-1. Begitulah, di tanggal 29 itu ada 2 show, yaitu show siang jam 12, dan show sore jam 16. Gw pilih yg show siang, karena abis itu mau sekalian ke JBF. Udah ya, abis itu tinggal nunggu email balesan apakah dapet ato engga tiketnya. Tapi gw optimis dapet sih, karena posisi gw kan sebagai penonton baru, jadi mestinya sih JOT ngasih kesempatan ke gw buat nonton. Apa jadinya kalo fans yg baru mau nonton ga dikasih jatah? Ya jadi males kan? Begitu kira2.

Besoknya pas di kantor, kebetulan kan ada juga temen, si opik, yg juga sering ngikutin JKT48 di tv. Mana ngeprint picnya nabilah juga. Iseng2 gw ajak aja ke theater kamis besok, dan dia mau. Jadi langsung gw tunjukin caranya, buka akun jkt48 dan seterusnya. Udah berasa ahli banget, padahal gw sendiri baru daftar kemaren, haha.

Besok paginya, Rabu, pas lagi di kereta dalam perjalanan pulang, dapet notif email, isinya Anda memenangkan tiket. Trus ada tatacaranya, dan mesti ngeprint semacam kartu id member gratis, yg ada di halaman my page di situsnya. Waduh, mesti ngeprint ya, mana udah pulang. Agak males soalnya nyari tempat printan. Ada satu tapi males kesana, soalnya mesti genjot sepeda dulu. Jadi begitu tiba di rumah, buka lagi situsnya, dan memilih2 dulu gimana nanti ngeprintnya. Bisa print ke pdf dulu, tapi gw lebih milih di print screen aja, biar langsung formatnya jpg. Nah terus, selain kartu id itu (yg ada barcodenya), nanti mesti nunjukin emailnya juga (yg ngasih pemberitauan menang tiket), jadi katanya mesti diprint juga, sementara menurut gw ditunjukin lewat hape aja bisa. Tapi yaudah, nanti sekalian diprint juga. Btw, kalo dari gmail, ada opsi print yg bisa menampilkan halamannya secara proporsional, jadi ga perlu save page as dari browsernya, ato printscreen. Nanti tinggal print to pdf dulu.

Sebelum berangkat ngeprint, gw nyari2 lagi info tentang tatacara pembelian tiket, buat persiapan besok. Sekalian tatacara datang ke teater, kan berhubung mulai minggu ini ada penerapan aturan keamanan baru yg lebih ketat. Akhirnya nemu topiknya di kaskus, dan makin gw baca, kok makin waswas, kok ribet. Ga boleh bawa minum, jaket dilepas, dsb. Tapi nemu juga sih postingan yg bilang kalo biasa2 aja, ya wajar2 aja kalo emang begitu. Intinya, harus dibuktikan sendiri. Namanya menyelesaikan misi ga ada yg mudah, selalu ada pikiran untuk mundur.

Begitu ngeprint, mesti ke sebrang jalan, di warnet pinggir jalan yg ada printernya. Cuma itu satu-satunya sih yg gw tau yg deket. Di deket stasiun aja ga ada soalnya. Untung di situ ada. Ngeprint pdf email lancar, ngeprint id juga lancar, minta biar diprintnya 1/4 halaman aja, soalnya itu kan semacam kartu, ya ukurannya ga gede2 lah. Soalnya sebelumnya gw udah ngeprint di tempat lain, printernya lambat, dan itu ngeprint satu halaman gede pula. Wasted. Setelah itu selesai, yaudah tinggal siap2 buat besok. Juga karena capek, ya tidur aja yg nyenyak.

Hari-H

Paginya, gw malah tergolong santai2 aja. Mungkin karena udah tidur ya, jadi lebih tenang. Yg perlu disiapkan ya lembaran print yg kemaren, trus buku buat ngisi tas, jadi kalo tasnya diperiksa, isinya yg bagus2. Isi tas gw juga kosong2 aja sih, sama bawa botol air. Gw juga perlu mengetes apa bener nanti minumannya ga boleh dibawa masuk. Makanya, botol yg dibawa pun emang udah lama gw pake (udah sebulan barangkali), jadi kalo diambil pun ga masalah. itung, bantuin buangin. Yg terpenting adalah, make baju yg ga ancur2 amat, soalnya mau ketemu member. Jangan malu2in atau terlihat alay. Yah, tapi mau ga mau pake jaket, soalnya gw ga bisa jalan2 pake kaos doang.

Udah, trus berangkat naik kereta, sambil ngabarin opik. Dari rumah jam setengah 9, sampe stasiun sudirman jam 10 kurang. Trus naik kopaja 19 ke halte GBK. Jam 10 lewat dikit udah sampe, kan libur jadi ga macet. Nungguin opik dulu, biar ke teaternya bareng. Eh ternyata lama banget nunggunya. Padahal waktu verifikasi dan pembelian tiket jam 10.30-11.00. Opik baru muncul jam 10.45 lewat, di saat gw udah mau cabut dan jalan duluan. Ternyata dia naik busway, pantesan lama nunggunya, mestinya kalo naik kopaja bisa lebih cepet.


Yaudah kita langsung masuk ke fx dan ke lantai 4. Di depan theater udah penuh sama orang2 yg juga pengen nonton dan lagi nunggu. Kita langsung ke antrian yg ga begitu rame. Gw langsung nyiapin print kartu idnya, ktp, sama duit 100rb. Sementara print email ga gw keluarin, dan alih2 gw siapin di hp, email notifnya, buat ditunjukin kalo diminta. Pas di depan loket, langsung gw sodorin ketiganya ke mbak2nya. Emailnya ga ditanyain ternyata. Trus ga berapa lama dikasih tiket warna biru, dan ada kertas polling buat HAI, dan KTPnya dikembaliin. Nah, gw belom nyadar kalo printan kartu membernya ga dikembaliin. Yaah, jadi kalo mau dateng lagi, mesti ngeprint lagi dong.. Harusnya kalo inget, bisa gw minta itu. Soalnya yg laen ada yg sampe dilaminating.

Abis itu di tiket tertulis bingo jam 11.30. Bingo itu antrian buat masuk ke dalem theater. Di tiket ada nomer bingo; kita dapet nomer 11; kayaknya berdasarkan waktu kedatangan, yg duluan dapet nomer satu. Jadi nanti pas mau masuk, diundi dulu, tergantung nomer bingo mana yg kepilih duluan. Yg nomer satu belom tentu duluan. Selagi nunggu, muter2 dulu ke toilet (di lantai 4 ada di pojok, juga ada musholla), trus ke lantai atasnya, gw sekalian ke lantai (f6) buat liat auditorium SAE, tempat maraton film Batman sabtu besok. Trus ke f4 lagi, liat2 banner di depan theater. Especially bannernya ghaida yg unik banget. Keren. Btw, setelah diamati, theater ini sebenarnya kecil ya. Gw mikir2, ini member kalo masuk lewat pintu samping yg khusus staff, trus dalemnya ruangannya segede apa ya. Intinya ga terlalu gede. Kalo misalnya member sering foto di depan teater pas sepi, itu kayaknya pas show udah selesai 1-2 jam, jadi udah ga ada orang di sana.



Hingga akhirnya waktu bingo yg mulainya rada telat. Kemudian disuruh baris per nomer bingo, trus staffnya mulai nyebut nomer. Nah, kita sempet salah denger, giliran nomer 11 disebut ikut maju, eh ternyata itu buat yg hijau dulu. Yg warna biru belakangan. Pas giliran bingo buat yg biru, kita ga terlalu beruntung. Nomer 11 dipanggilnya lama banget, udah hampir yg terakhir2 gitu deh. Oiya saat itu, jaket disuruh lepas dulu, buat diperiksa di dalem. Sambil masuk lewat lorong, tiket diperiksa, leher juga. Soalnya pas beli tiket tadi, dikasih stempel kayak yg di dufan, cuma ga berwarna, baru keliatan sama stik floresens punya staf. Kira2 gitu lah, biar ga menarik perhatian kalo warnanya terang. Mengingat kecilnya theater ini, lorong masuk ini juga sama dengan lorong keluar dimana kita nanti hightouch sama member. Trus di ujung lorong, sebelum masuk area theaternya, diperiksa lagi, body check, dan tas juga diperiksa. Seperti yg diperkirakan, botolnya dikeluarin, dan emang gw iklasin sih.

Karena udah agak akhir, kita dapet tempat duduknya di bagian belakang gitu. Tadinya gw mau berdiri aja, soalnya takut ga keliatan, tapi gapapa lah duduk aja. Bangkunya bukan bangku kayak di bioskop, tapi bangku besi satuan kecil2 gitu, yg kalo badannya gede kayaknya ga muat deh duduk di situ. Kapasitasnya berapa ya, 300an mungkin. Oiya, tata letak teater ini ga begitu bagus. Selain seatnya di lantai yg datar (yg belakang kehalang yg depan), ada 2 pilar gede di depan (masing2 di ujung kiri dan kanan) yg cukup menghalangi pandangan, jadi pas perform, member yg di ujung jadi ga keliatan. Btw kita dapet temen nih, yg banyak ngasih info selama di sana. Tadinya gw pengen tanya namanya, tapi karena pas pertunjukan dia sering teriak2 kayak wota pada umumnya, dan juga berisik, gajadi deh. Oiya, di dalem jaketnya boleh dipake lagi (karena ga dilarang sih), tapi jadinya sumpek banget selama acara. ACnya ga cukup kenceng buat dibagi rata ke ratusan orang ini.

Show Time

Dimulai dengan adanya suara orang yg menyapa penonton. Ternyata suara dena, gw ga begitu inget. Nah, gw baru ngerti maksudnya kageana itu ya ini, semacam pembawa acaranya, yg memperkenalkan diri. Nanti pas di akhir, dena juga ngomong lagi dari balik layar. Sebagai info, theater yg kita saksikan hari itu adalah shownya tim J, yaitu Demi Seseorang (Dareka no Tameni). Dan yg tampil itu member2 tim J, di antaranya:
Ayana, Beby, Delima, Dena, Kinal, Frieska, Gaby, Ghaida, Haruka, Rachel, Veranda, Melody, Nabilah, Dhike, Sendy, dan Shania.
(nyontek dari mytheater.klasemenjkt48)

Karena ini theater, formatnya beda dengan yg biasa kita liat di TV. Ada setlist lagunya, lagu-lagu yg ga ditampilin di tv, atau di CD (belom). Dari awal sampe akhir, gw ga begitu apal semua. Paling apal yg Bird, Nagekiss, sama Rider. Sama Adyth juga. Sisanya ga begitu. Nanti coba cari2 deh, siapa tau ada donlotannya.

Nah, jadi gw ga bisa ngasih urutan mana unitsong yg tampil pertama, dan seterusnya. Soalnya ga apal. Dan gw juga ga begitu kompeten buat ngasih penilaian tentang performa member. Ini aja baru pertama dateng, jadi ga bisa ngebandingin, dan karena lebih fokus menikmati pertunjukan aja. Awalnya, semua member perform, trus selagi nunggu lagu berikutnya, ada beberapa member yg stay dan ngobrol2, sementara yg lainnya ke belakang layar, ganti kostum. Nah, ini kayaknya yg dinamakan MC, gatau singkatannya apa, tapi ini semacam sesi di tengah2 perform, member membahas hal2 random, atau yg diusulkan sama fans lewat situs. Hari itu, pada ngebahas lagu apa yg mereka suka, lalu lagu/unitsong mana yg mereka pengen perform, dst dst.

Seperti yg gw bilang, gw ga bisa ngasih penilaian. Gw lebih konsentrasi sama lagunya, ngikutin iramanya sambil angguk2, coba2 ikutin liriknya. Mengenai performa member, kadang sibuk nyari ayana dimana, trus ghaida dimana, trus baru ngeliatin yg laen. Oiya bagian bangku biru sebelah kiri, bangku hijau sebelah kanan, itu ga begitu masalah. Karena membernya ga cuma tampil di sudut yg itu2 aja, mereka geraknya pindah2, jadi ga perlu kuatir ga bisa ngeliat member ini karena jauh. Yah, ga ada yg bisa gw komentari sih seputar performa dance mereka, kecuali mungkin shania yg menarik perhatian.

Seperti biasa, emang shania ini enerjik banget, rada2 over gerakannya, jadi rambutnya sampe muter2 gitu saking semangatnya. Yg laen sih ga seheboh dia. Nah ini yg kemaren katanya sempat jadi curhatan dia di gplus, karena gambarnya masuk salkus. Yaa kalo menurut gw sih adanya salkus dan fans2 yg ga terlalu sopan itu merupakan side effect yang ga bisa dihindari. Apalagi di beberapa song, gerakan member emang ada yg seksi2 gitu. Buat sebagian besar fans mungkin ga masalah, malah suka dan mendukung. Tapi pasti ada lah side effect yg mengeksploitasi keseksian itu. Jadi pilihannya adalah abaikan aja.

Yang juga menarik perhatian adalah, kadang member2 yg MC, begitu lagu berikutnya member2 yg lain muncul dengan kostum lain, mereka (yg MC tadi) mundur ke dalem dan ganti baju juga, soalnya ikut perform (nyusul). Gw itungin loh, berapa lama mereka ngilang dan muncul lagi, kira2 semenit lah. Jadi selama semenit itu buat ganti baju dan masuk lagi ke panggung. Mikir2, emang semenit cukup ya? Ganti bajunya dimana, ada kamar pasnya ga? ada yg bantuin dandanannya lagi ga? Semacam itulah, hal2 tentang cewek yg bikin penasaran.

Dari lagu2 yg dibawakan, ada beberapa yg catchy, yg liriknya bisa diikutin, tapi yg paling bagus menurut gw kayaknya Rider. Nagekiss juga lumayan sih, yg liriknya jatuhkanlah semua dengan kissbye. Trus pas lagu Dareka no Tameni, nah ini gw apal, soalnya ada di single Flying Get, dan udah pernah gw dengerin. Trus menjelang akhir, ada gabungan lagu2 yg dulu, dari Aitakatta dan laen2, yg gw apal juga, tapi cuma sebentar2 karena digabung. Lagu2 single macam Yuuhi, KFC, Flyinget, ga ditampilin. Jatahnya TV kayaknya ya.

Hmm apalagi ya.. Ohiya, sebenarnya bagian menarik dari pertunjukan theater buat gw adalah bagian MC-nya, karena disini member cerita2, dan kadang keluar sifat2 mereka yg ancur. Kayak sendy yg genit dan agak telmi, apalagi kalo sama dhike diledek mulu, saling cela. Apalagi nabilah keluar banget ancurnya di sini. Pokoknya image yg di tv ga ada apa-apanya lah. Ghaida juga cukup semangat hari itu, iya lah yg ulangtaun. Ayana sering ketawa2 mulu tanpa ada alasan yg jelas. Iya emang khas sih dia kalo ketawa, sambil nutup mulut, trus kadang sampe bungkuk gitu. Ve aja khas banget sama diemnya, sampe ditanyain sama yg laen, kak ve kok diem aja? Shanju sama Kinal sama Beby tetep berisik. Dena masih malu2, soalnya ini show pertama dia sebagai team J (baru dipromosiin pas HS event kemaren). Melody sama Haruka ga begitu keliatan di MC. Yah, jadi begitu. Hal ini yg bikin pertunjukan hari itu jadi seru dan meriah. Sayang ternyata ga ada acara motong kue untuk perayaan ulangtaun ghaida. Mungkin di show berikutnya ya.

Btw, di antara tim J, Ghaida kayakya yg paling kurus, tulang bahunya soalnya keliatan gitu. Abis itu barangkali Dena. *intermezo

Jadi, setelah show selesai, waktunya nunggu buat keluar dan ht dengan member. Sebelumnya juga ada pengumuman tentang konser single ke 6 tanggal 11 Juni di Balai kartini, tiket udah bisa dibeli di depan theater. Sama tentang peraturan yg baru, jadi ga bisa ngasih gift atau surat langsung ke member pas HT. Ini masih dikarenakan kejadian yg terjadi di jepang sana, pas ada penyerangan terhadap member akb48 pas acara HS. Trus ada info tambahan dari Dena (sebagai kageana), kalo Haruka kurang sehat dan ga bisa ikutan HT. Waduh, sayang banget si Opik, soalnya dia ngefansnya sama Haruka.

Sembari nunggu antrian keluar HT, kita duduk2 aja dulu 10 menit, soalnya Theater hari ini penuh sekali. Oiya, selama menonton, gw mengamati sebagian besar penonton, terutama yg di bagian depan, anteng2 banget ngikutinnya. Sementara belakang lebih meriah dan berisik. Kalo gw sih sempet ikut2an oi oi oi, tapi ga sampe teriak2 banget lah. Trus ikut2an goyangin kepala sama ngikutin lirik. Pokoknya berusaha menikmati. Nah, yg anteng2 ini yg diem2 aja, menikmati ga sih mereka? Sayang aja gitu kalo cuma bengong. Ya minimal kalo udah sering kesana, ikut nyanyi kek ato apa. Sama gw juga ga ngerti sama yg livetwit sih, bukannya jadi ga konsen yah nontonnya kalo sambil ngetwit? Gw sih hape jarang disentuh pas show, paling buat liat jam doang, dan lagipula ga dapet sinyal di sana.

Setelahnya ikut ngantri buat hitouch, dan staffnya meriksa lagi tangan kita, di sekelilingnya ada benda2 mencurigakan ga. Trus mulai lah menyusuri lorong dengan member2 berjejeran di sebelah kiri. Oiya ini katanya perubahan lagi, sekarang member di sebelah kiri. Sempat menimbulkan kebingungan, hitouchnya pake tangan kiri dong. Gw udah nyiapin tangan kiri, tapi ternyata member2nya sendiri beda2, ada yg tangan kiri ada yg tangan kanan. Yaudah gw pake tangan kanan aja kalo gitu. Satu2 hitouch, tapi ga begitu memperhatiin, sama ayana aja lewat. Fokus soalnya waktu itu ke ghaida, jadi pas toss sama ghaida, sambil ngucapin "Ghaida, selamat ulangtaun.." yg dibalas dengan terimakasih, abis itu lanjut, lanjut, ga sempet nyapa yg lain, dan terakhir ngelewatin bos kinal. Beres deh.

Okeh, mission accomplished. Hmm untuk selanjutnya, gw ga tau kapan mau dateng ke teater lagi. Ga terburu2 sih pastinya, karena kemaren aja kayaknya cukup. Maksudnya kalo perulangan lagu2 yg sama, gw ga begitu antusias sih. Mungkin bulan depan, ato depannya lagi. Pokoknya misi hari ini tercapai. Dan berjalan dengan lancar, hasilnya pun seru banget.

-OoO-

Oiya, gw punya 2 saran untuk ke depannya. Pertama, tempat duduknya kalo bisa dibikin bertingkat dong (seperti di bioskop) biar yg belakang juga jelas ngeliatnya. Kedua, AC-nya digedein dong, soalnya kemaren gerah keringetan gitu, jadi pantesan dulu sering ada yg ngeluh bau ketek, ya ACnya kurang. Segitu aja.

No comments:

Post a Comment