Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, May 17, 2014

[Review] The X-Files (season 6)


Setelah cliffhanger di episode terakhir season 5, plot X-Files berlanjut dengan The X-Files movie, dan berlanjut ke season 6, dimana divisi X-Files dibuka kembali. Tapi Mulder dan Scully tidak diperbolehkan menangani X-Files. Alih2, mereka dipindahtugaskan menjadi bawahan Assistant Director Alvin Kersh, yg memberi mereka tugas2 ga begitu penting seperti background check. Sementara X-Files diserahkan pada Agent Diana Fowley dan Jeffrey Spender. Ini tak lepas dari campurtangan Cigarette Smoking Man untuk menghambat kerja Mulder. Di tangan Spender (Fowley jarang nongol buat nanganin X-Files), X-Files boleh dibilang ga ada kerjaan, soalnya Spender ga mau ngurusin kasus ato bikin laporan. Justru Mulder yg sering curi2 kasus yg berhubungan dengan X-Files, walaupun sudah diperingatkan untuk ga ikut campur. Kira2 sampe episode 12, barulah Mulder dan Scully kembali diberi wewenang menangani X-Files. Itu pun terjadi setelah peristiwa penting dan menentukan terjadi.

Assistant Director Alvin Kersh, atasan baru Mulder dan Scully
Di episode 1, kita bertemu lagi dengan Gibson Praise yg diculik oleh CSM. Sindikat menggunakan Gibson sebagai eksperimen untuk mengetahui kapasitas otaknya. Gibson sempat kabur dan berlindung ke Scully dan Mulder, tapi seperti biasa orang2 Sindikat merebutnya kembali, dan nasib Gibson kembali tak diketahui.

Di episode 2, Mulder yg menyelidiki car chase dan kematian misterius si istri, terjebak dalam situasi sandera oleh si suami, yg menyuruhnya untuk terus mengemudikan mobil. Karena jika mereka berhenti, maka si suami juga akan mati seperti istrinya. Episode ini semacam homage dari film Speed (yg Keanu Reeves itu). Menampilkan guest star Bryan Cranston.

Di episode 3, Mulder terlempar ke puluhan tahun silam, ketika dia menyelidiki sebuah kapal yg tiba2 muncul di area Bermuda Triangle. Kapal itu sedang dibajak oleh orang2 NAZI yang hendak menyerbu Inggris. Entah bagaimana, Scully dan Mulder secara terpisah mesti berusaha supaya Mulder kembali ke masa sekarang. Di masa itu, Mulder juga bertemu dengan orang2 dengan wajah familiar seperti Scully, Skinner, Spender, Kersh, CSM, dalam diri orang yg berbeda.

Scully dan Morris Fletcher
Episode 4 dan 5 merupakan gabungan, dimana Mulder tubuhnya tertukar dengan Morris Fletcher, salah satu agen di Area 51. Mulder dan Scully tengah menyusup ke Area 51 (yg terkenal dengan markas rahasia pemerintah untuk menyembunyikan UFO) atas informasi dari seseorang. Kemudian ada pesawat UFO lewat, dan fenomena2 aneh terjadi. Selain mereka bertukar tubuh, di kasus lain banyak orang yg tubuhnya terperangkap dengan batu ato benda2 lain. Sementara penjelasan mengenai fenomena itu tidak begitu masuk akal, fokus di episode ini adalah bagaimana Mulder dan Fletcher menjalani kehidupan lain. Mulder dengan istri yg rewel dan menuntut cerai, dan Fletcher yg nyaman dengan menjadi Mulder.

Episode 6, Mulder dan Scully mendatangi rumah angker di malam Natal, dimana mereka dikerjai oleh hantu pasangan tua yang tinggal di rumah itu. Mereka hampir saja menjadi korban permainan trik yg dilakukan pasangan hantu itu. Menampilkan guest star Edward Aisner dan Lily Tomlin.

Episode 7, mereka menangani kasus kematian janin yg diduga dibunuh oleh sang ibu. Janin yg dimaksud ternyata bukan anak biasa, melainkan anak iblis dari si suami yg bukan manusia. Menampilkan guest star Bruce Campbell sebagai suami iblis.

Episode 8, mereka mengunjungi suatu kota terpencil dimana keanehan cuaca terjadi. Ternyata cuaca di sana ditentukan oleh satu orang yang tidak bisa mengendalikan moodnya. Tugas Mulder dan Scully adalah membuat si pembuat cuaca ini menjadi lebih baik dan mampu mengendalikan cuaca dengan baik.

Episode 9, Assistant Director Skinner mendapat penyakit aneh, dimana sekujur tubuhnya dipenuhi bintik2 mencurigakan dan dia sekarat karenanya. Kemudian diketahui kalo dia sudah diinjeksi dengan nanotech, dan pelakunya adalah Krycek, yg bermaksud untuk menjadikan Skinner di bawah kendalinya, supaya bisa meminta favor kapan saja.

Alfred Fellig yang bisa mengetahui kematian akan datang
Episode 10, Scully ditugaskan untuk menangani kasus X-Files, tapi dia dipasangkan dengan agen lain, sementara Mulder disisihkan. Mereka menyelidiki seorang fotografer kepolisian yang tampaknya selalu berada terdepan ketika terjadi kematian. Orang ini, ternyata sudah hidup terlalu lama, dan mampu mengetahui jika seseorang akan segera mati. Scully pun hampir menemui kematiannya, jika tak diselamatkan oleh orang itu.

anggota Sindikat yang menemui akhir mereka
Episode 11 dan 12 kembali merupakan episode mitologi, dan kali ini merupakan klimaks dari segala konspirasi Sindikat. Cassandra Spender muncul kembali, sebagai korban penculikan oleh UFO, dan setelah dioperasi oleh orang2 Sindikat. Cassandra menjadi orang pertama yg sukses sebagai hibrid alien dan manusia. Keadaan ini menandakan kolonisasi bumi oleh alien dapat segera dimulai, akan tetapi Sindikat tidak menginginkan ini terjadi sekarang. Mereka berencana untuk melenyapkan Cassandra, supaya tidak ada bukti kalo percobaan hibrid sudah berhasil. Rencana ini tidak disetujui oleh Smoking Man, karena Cassandra adalah mantan istrinya. Pilihan lain adalah menyerahkan Cassandra ke pihak alien rebel, supaya mereka bisa membantu melawan alien kolonis. Selagi Sindikat sibuk mengatur strategi, Cassandra mencari perlindungan pada Mulder dan Scully. Sementara Spender mempelajari siapa ayahnya dan Sindikat, dan dia tidak begitu siap menerimanya. Spender tidak pernah mempercayai tentang alien dan sejenisnya, sehingga ini mengecewakan ayahnya, si Smoking Man, yg mengharapkan Spender bisa membantunya dalam masalah Sindikat. Btw, Fowley juga bekerja pada CSM, dan Mulder yg hendak menanyai Fowley bertemu dengan CSM. CSM menjelaskan bahwa tiap anggota Sindikat menyerahkan salah satu anggota keluarga mereka pada alien kolonis untuk dijadikan subjek eksperimen hibrid, termasuk ayah Mulder yg menyerahkan adik Mulder. Sindikat melakukan itu untuk menunda terjadinya kolonisasi, pengambilalihan bumi oleh alien, dan berharap ketika kolonisasi terjadi, mereka bisa menyelamatkan sebagian besar manusia dengan jalan menjadikan mereka hibrid, dan menjadi budak bagi alien. Biar bagaimana, lebih baik hidup menjadi budak daripada musnah. Saat penentuan terjadi. Semua anggota Sindikat dan keluarganya berkumpul di sebuah hangar untuk menanti kedatangan alien kolonis yang akan membawa mereka ke tempat aman. Sayangnya, yg menanti di sana adalah alien rebel yang kemudian membunuh mereka semua, kecuali CSM yg sempat melarikan diri. Dengan ini, Sindikat pun berakhir riwayatnya. Tapi ancaman kolonisasi dan alien rebel masih dengan jelas ada. Spender mengundurkan diri dan meminta agar X-Files dikembalikan lagi ke Mulder dan Scully.

pembantaian Sindikat oleh alien rebel
Seakan ga terjadi apa-apa, episode 13 berjalan tanpa ngebahas klimaks di episode sebelumnya. Mulder dan Scully ke Florida atas permintaan Arthur Dales, bekas agen FBI yg mendirikan X-Files, dan berhadapan dengan monster air yang dapat menyerang manusia tanpa menyisakan tubuhnya.

Bernard, si perampok bank
Episode 14, dengan format yg unik seperti halnya film Dog Days Afternoon, kejadian yang berulang-ulang di suatu hari Senin dimana Mulder terlibat dalam situasi perampokan di bank, yg berujung pada si pelaku meledakkan diri dengan bom yang terpasang di tubuhnya. Satu orang yang menyadari perulangan ini, dan terus berusaha untuk mengubah akhir kejadian itu.

Di episode 15, Mulder dan Scully menyamar menjadi pasangan muda yang pindah ke suatu perumahan elit. Masalahnya, komunitas warga di sana mencurigakan dan punya banyak peraturan rumit. Dan ada mahluk yang mengintai di perumahan itu.

Episode 16, mereka berhadapan dengan mahluk spesies anjing langka dari Cina, yg rupanya menyerang dan membunuh manusia. Anjing ini ternyata adalah shapeshifter yang bisa mengubah wujudnya.

Episode 17, mereka menangani kasus seorang napi yang mampu melepaskan diri dari badai tornado yang melanda lapas, dan setelahnya punya kemampuan untuk berjalan menembus tembok dan benda penghalang apapun. Sekarang dia mencari anaknya yg disembunyikan oleh mantan istrinya.

John Hawkes berperan sebagai Phillip Padgett si penulis misterius
Di episode 18, mereka bertemu dengan seorang penulis aneh yang tinggal di apartemen sebelah Mulder. Penulis ini bisa menuliskan dengan detail rentetan pembunuhan yang sedang terjadi dimana si pelaku mencabut keluar jantung korbannya. Si penulis juga tertarik dengan Scully dan berusaha memikatnya. Menampilkan guest star John Hawkes.

Episode 19, kembali flashback oleh Arthur Dales (tapi kali ini orang yg berbeda), ke tahun 1947 dimana Dales muda bertemu dengan pemain baseball amatir kulit hitam yang ternyata adalah alien.

Episode 20, menampilkan episode khusus The Lone Gunmen. Kelanjutan dari episode mereka di season lalu. Mereka kembali bertemu dengan Susan Modeski, yang menyusup ke dalam badan pemerintah. Kali ini Agen Scully lah yang datang dan membantu mereka.

Episode 21, Mulder dan Scully menangani kasus pasangan yang mati dan hanya menyisakan kerangkanya saja. Ketika mereka menyelidiki lokasi kejadian, mereka pun nyaris mengalami nasib serupa, akibat halusinasi yg mereka alami.

Episode 22, terakhir di season ini. Setelah Sindikat bubar, bukan berarti masalah selesai. Mulder dan Scully diminta menangani kasus kematian seorang profesor dari Afrika, yang membawa sebuah artifak kuno bertuliskan abjad Navajo. Artifak ini diyakini berasal dari luar angkasa, dan memberikan pertanyaan apakah alien adalah sumber kehidupan di bumi? Sementara Mulder mengalami penyakit aneh setelah berinteraksi dengan simbol2 pada artifak tersebut, dan keadaannya kritis. Scully pun pergi langsung ke pantai Afrika untuk mendatangi sendiri lokasinya, dan yang ditemukannya di sana, tak lain adalah sebuah pesawat luar angkasa yang terkubur.

-OoO-
Ya, season 6 ini ditandai dengan perubahan lokasi syuting dari Vancouver ke Los Angeles. Biaya jadi lebih besar, dan mungkin ada pengaruhnya. Episode2 awal itu lebih banyak humornya dan kurang kalo dibandingin sama season sebelumnya. Tapi begitu masuk pertengahan, udah bagus lagi kok. Karakter yg baru di season ini adalah AD Alvin Kersh, yg strict. Masih belom jelas, sebenarnya dia termasuk orang baik ato engga, soalnya setelah eps 12, dimana semua member Sindikat mati, dia kelihatan prihatin, dan mempertanyakan kenapa Mulder ga menjelaskan penemuannya sejak awal. Recurring character seperti Smoking Man, dan Krycek masih tampil, tapi setelah eps 12, makan waktu lama hingga kemudian mereka muncul lagi di eps terakhir.

Beberapa episode mingguan terbaik menurut gw di antaranya, eps 10, Tithonus, eps 14 Monday, dan eps 18 Milagro. Eps 10 yang menampilkan fotografer yang bisa merasakan kematian, dan sudah hidup sekian lama. Eps 14 dimana peristiwa perampokan bank yang berulang-ulang. dan eps 18, karena penampilan yg keren dari John Hawkes sebagai penulis aneh.

Yah, sudah 6 season. Tinggal 3 season lagi.

2 comments:

Anonymous said...

Ayo dooong buatin 3 season terakhir'y :)

minky_monster said...

segera :D

Post a Comment