Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, January 01, 2015

My 2014 in Cinema

Sempet bikin rekap nonton film di tahun 2012, sekarang bikin lagi deh. Lebih mudah, karena bisa bikin list di letterbox, ketimbang di gomiso yg pasti kelelep sama entry yg baru, dan toh gomiso nya sendiri udah ga operasional lagi. Film-film yg gw tonton di bioskop tahun 2014 lalu bisa dilihat di list letterbox ini.

Awal2 2014, terutama di Januari, ga ada film yg bener2 menarik untuk ditonton di bioskop. Apalagi... udah ga ada promo morning show di blitz, jadi kalo ke bioskop dan bayar 40rb sayang aja gitu.

Film pertama yg gw tonton adalah Killers, film fenomenal kolaborasi Indonesia dan Jepang yg menghadirkan aktor2 ternama dua negara ini, dengan bintang utama Oka Antara dan Kazuki Kitamura, sebagai serial killer sadis yg hobi merekam aksi pembunuhannya dan kemudian menyebarkannya secara online. Gw nonton di pertengahan Februari di Margo Platinum. Sebenarnya pengen ikutan nobarnya di Blitz GI, tapi waktu itu udah keabisan tempat, jadinya nonton sendiri aja.

Berikutnya gw nonton adalah dua bulan kemudian, di awal April. Saat itu gw mengambil strategi maraton film di tempat yg tiketnya murah, yaitu di blitz Teras Kota. Ya jauh sih, berangkatnya aja kalo naek kereta dan angkot ke sana bisa nyampe 3 jam. Berangkat pagi, pulang malem. Beuh. Film yg menjadi target utama nonton adalah The Raid 2, film yg udah ditunggu2 kehadirannya sejak gw liat trailernya yg keren abis di akhir tahun sebelumnya. Tapi bukan itu yg pertama gw tonton. Melainkan Captain America: The Winter Soldier. Ga disangka, sekuel ini keren juga, karena banyak aksi laganya, seakan ga mau kalah ama The Raid. Dan emang, kata sutradaranya, adegan laganya sedikit banyak turut dipengaruhi sama The Raid. Setelah jeda, baru nonton The Raid 2: Berandal. Masih melanjutkan kolaborasi antara Indonesia dan Jepang (soalnya produsernya sama sih, jadi sekalian aja), juga ada Oka Antara dan Kazuki yg main, sebagai pendukung. Iko Uwais dibikin sebagai superhero di film ini, ngelabrak markas mafia yg isinya ratusan orang sendirian, dan berhadapan sama para assasin kelas wahid, juga sendirian. Sadiss. Tapi rada ga masuk akal sih emang.

Acara maraton di blitz Teko berikutnya adalah bulan Mei. Pertama nonton The Amazing Spider-Man 2, yg sudah memasuki minggu kedua penayangannya. Trus berikutnya Godzilla, yg lagi ngehits waktu itu. Dan film ketiganya gw pilih film lokal aja, Marmut Merah Jambu, yg ga disangka menyenangkan juga.

Di akhir Mei, ke Blitz GI untuk pertama kalinya tahun ini, untuk nonton X-Men: Days of Future Past. Karena pengen nyobain promo Kakao Card yg buy 1 get 1, beli 1 tiket dapet untuk berdua. Nontonnya sama kakak gw, tapi malem mulainya, dan baru selesai jam setengah 10.

Maraton berikutnya di pertengahan Juni. Pertama nonton Maleficent, trus lanjut Edge of Tomorrow, film keren yg untungnya masih diputer. Dan yg terakhir, sorenya, nonton Viva JKT48. Udah memasuki seminggu penayangan, dan udah sepi aja. Yah nasib sih, emang ga laris2 banget filmnya, tapi cukup menghibur karena ayana ikut main di sana.

Masih di bulan yg sama, di akhir Juni, 2 minggu sesudahnya, maraton lagi di Teko, sebelum masuk bulan puasa. Ya wajar lah, namanya bioskop lagi rame dengan film2 summer boxoffice. Film pertama: How to Train Your Dragon 2. FIlm kedua: The Fault in Our Stars. Akhirnya versi film adaptasinya keluar juga, dan ga mengecewakan. Film ketiga: Transformers: Age of Extinction. Walaupun ga ada Shia, makin ga jelas dan pusing nontonnya.

Memasuki Juli dan bulan puasa, strategi nonton film berubah. Sebabnya adalah Blitz mengeluarkan promo baru lagi bernama Selasa Hemat, jadi kalo nonton di hari Selasa tiketnya lebih murah. Kalo di GI, yg biasanya 40rb, jadi 25rb. Holaa, waktunya kembali ke GI kalo gitu, daripada jauh2 ke Teko. Film yg gw tonton sebagai percobaan promo ini adalah Dawn of the Planet of the Apes.

Setelah itu, memasuki Lebaran, dan agak lama juga sebelum nonton lagi. Guardians of the Galaxy, di akhir Agustus. Penayangan di Indonesia baru tanggal 20, sementara aslinya dari awal Agustus. Gw ikut nobar sama NontonJKT, pengen nyoba aja. Yg kemudian menjadi satu-satunya nobar dengan mereka. Bagus sih sebenarnya, cuma ga begitu ngaruh, karena pas nonton, samping kiri kanan tetep aja ga kenal dan mending nonton sendiri aja kalo gitu. Dan terutama gw ga mau nobar ama mereka lagi karena waktu bagian credit masih muter, udah pada turun dan foto2 di depan, smentara prinsip gw mesti nonton sampe akhir. Yap.

Awal September, sempet nonton film sebelum masuk kantor. Satu film aja. Lucy, filmnya Luc Besson yg main Scarlet Johansson. Lalu di pertengahan September, nonton lagi ke GI. Pertama nonton Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno. Ya walopun orang2 suka, gw yg fanboy manganya ga begitu terkesan, soalnya plotnya ga rapi. Abis itu nonton Malam Minggu Miko Movie, malemnya. Wah kok jadi rajin nonton filmnya radit, haha. Tapi emang ini bagus sih, dan karena gw udah nonton Malam Minggu Miko komplit dari youtube. Beberapa hari kemudian, nonton di Cinemaxx, bioskop baru yg buka di Plaza Semanggi. Gw sempet ikut kuis dan dapet tiket gratis untuk 2 orang, yg akhirnya cuma dipake sendiri. Nonton The Maze Runner. Ke lokasinya di Plangi rada bingung, sempet muter2 sebelum nemu Cinemaxxnya dmana. Kalo yg di FX (kemudian buka cabang juga disana) lebih jelas lokasinya.

Akhir Oktober, setelah mamak meninggal. Kembali nonton film lagi di bioskop. FIlm pertama yg gw tonton, The Judge, bikin nangis, karena kondisinya mirip2 sama gw. Tentang hubungan anak dan orangtuanya. Setelah itu, film keduanya, The Disappearance of Eleanor Rigby. Ga tau juga kenapa pengen nonton itu, pengen nyoba aja, dan jadinya ngantuk. Film ketiga, Rurouni Kenshin: The Legend Ends. Masih sama komentarnya, ga terkesan dengan plotnya yg amburadul.

Dua minggu kemudian kembali ke Blitz, untuk nonton Interstellar, another Chris Nolan's masterpiece. Tapi sebelumnya nonton Big Hero 6. Pas nonton Interstellar, merinding karena sound effectnya yg menggelegar, yg getarannya terasa banget. The best lah pokoknya, sampe gw masih gemeteran sehabis nonton.

Dan akhirnya di bulan Desember. Pertengahan Desember, nonton Stand By Me: Doraemon, film terlaris Blitz tahun ini. Kemudian malem lanjut nonton Supernova: Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh, bareng temen. Minggu depannya gw nonton lagi. Kali ini filmya The Hobbit: Battle of Five Armies. Akhirnya bener2 merasa kalo film ini harusnya dibikin satu film aja. Dan setelahnya, Pendekar Tongkat Emas, film silat terobosan baru, menampilkan bintang2 papan atas seperti Reza Rahadian, Nicolas Saputra, dan Christine Hakim. Bagus. Dan itu film terakhir yg gw liat di bioskop.

Total ada 29 film yg gw tonton di bioskop tahun lalu. Tahun 2015 ini, gatau apakah bakal masih rajin ke bioskop. Selama promo Selasa Hemat masih ada, ga ada salahnya sih. Film taun ini yg gw tunggu2 mungkin adalah The Avengers: Age of Ultron, yg tayang bulan Mei kalo ga salah.

Ohiya. Film terbaik tahun 2014 yg gw tonton, menurut gw adalah...
INTERSTELLAR.
abis itu Guardians of the Galaxy deh.


Sekian.

-OoO-

No comments:

Post a Comment