Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, March 13, 2006

Uang bukan segalanya

Baru-baru ini ada lowongan untuk jadi anggota tim Unit Pelatihan di Comlabs. Dibutuhkan 2 orang untuk 2 posisi. Tawaran ini begitu menggiurkan karena yang terpilih akan mendapat uang 250ribu sebulan. Well, that's really such an amount. Masalahnya adalah tugas yang harus dilakukan kemungkinan akan sangat menyita waktu, apalagi jika dilihat dari besarnya bayaran. Iyalah, ga mungkin ngasih gaji gede kalo kerjaannya sebentar.

Sempet kepikiran buat daftar, tapi gw pikir-pikir lagi, apa emang perlu? Kesibukan gw yang sekarang aja udah cukup untuk bikin kuliah dan tugas agak terbengkalai, apalagi kalo ngambil kerjaan ini. Kalo misalnya gw cuti kuliah, nah itu baru beda urusannya. Intinya gw udah cukup sibuk, dan gw milih untuk tetap di pekerjaan utama, jaga warnet dan ngurusin operator, ketimbang gabung UP, tapi harus ninggalin publik akses dan SDM kalo mau kerjaannya fokus. Cukup dari UP aja, udah melampaui penghasilan dari publik akses, yang gw hitung bulan ini mencapai 200ribu.

Uang memang memikat, tapi apakah gw perlu mengejar uang sebesar 250ribu itu? Mungkin tidak. Dibandingkan dengan sebelumnya, keuangan gw cukup baik, berkecukupan malah. Penghasilan dari operator dan pengurus publik akses bisa mencapai 200 sebulan, lalu masih ada beasiswa dari Astra 150 sebulan, ditambah tunjangan 50ribu seminggu. Pengeluaran pun tergolong sedikit, apalagi kalo mengingat gw ini orang yang pelit dan hemat. Tiap hari jalan kaki, ga ngabisin ongkos. Mungkin ongkos terpakai untuk beli gorengan atau cemilan. Makan paling banyak cuma sekali di luar dalam sehari, selebihnya makan di rumah. Pulsa belom abis lagi sejak ITWithin kemarin. Belanja paling seminggu beli mie instan dan snack abis 10 ribu, setara dengan 2 kali makan. Memang tidak ada lagi target harus mengejar jumlah uang berapa, semenjak komputer baru sudah terbeli. Kalau hidup udah tercukupi, buat apa ngejar-ngejar uang lagi kalo ngabisin waktu. Kalo proyek bikin pertanyaan dari Bu Ulfa senilai 300rb itu sih gapapa, emang lumayan nyantai dan ringan, tapi kalo UP.. ga deh.

Orang yang miskin sesungguhnya adalah orang yang merasa dirinya kekurangan, dan terus menerus mengejar harta. Lebih baik menjadi orang kaya, yaiu yang sudah merasa cukup dengan keadaan yang sekarang.

No comments:

Post a Comment