Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, September 09, 2006

"bunuh saja semuanya biar ramai" (1)

Episode 1 : Admin Terkutuk


Kenapa admin-admin AI3 sekarang semakin ketat dan semakin keras mengatur mengenai batasan tentang situs dan content yang boleh dibuka. Gw ga akan komplain kalo yg di blok memang yang berbau XXX, tapi bahkan sekarang banyak situs diblok, termasuk jdorama, padahal yang disitu kan cuma ada link doang. Trus ada lagi pembatasan jumlah content yang boleh didonlot. Kalo pada jam kerja sekarang bisa donlot file gede, dengan kecepatan yang pasti lambat, karena banyak orang yang make AI3 pada jam kerja; tapi pada waktu malam malah ga bisa donlot....Padahal malam dan pagi hari (subuh) adalah saat terbaik untuk donlot karena banyak orang yang tidur dan lalu lintas tidak terlalu penuh seperti biasanya.
Kutipan dari om semut, salah satu member di rileks, pada suatu topik tentang pembatasan bandwith di ITB

Btw... seperti yang telah saya tulis (ketik) sebelumnya, sebenarnya pembatasan 5MB, itu gak perlu. Yang diperlukan adalah optimalisasi bandwidth sehingga setiap byte slot bandwidth terpakai semua. Hanya saja, perlu dibuat kelas2 trafik sehingga trafik2 untuk pendidikan lebih diutamakan. Mau siang ato malam, setiap trafik pendidikan mau lewat, trafik lainnya minggir. Jika sudah selesai, bandwidth bisa dipake oleh trafik lainnya. Antar trafik sekelas pun dibuat agar merata dan fleksibel.

Contoh kasus, misalnya dengan bandwidth 45 MByte/s, maka trafik pendidikan diberi slot bandwidth sampai 40 MByte/s. Kalau ada 4 koneksi pada saat yang bersamaan, maka masing2 koneksi (berdasarkan username, IP, lab, atau kriteria2 lainnya) mendapat besar bandwidth yang sama sebesar 10 MByte/s. Jika ada yang kelima, maka masing2 mendapat 8 MByte/s. Pada saat itu bandwidth2 gak penting (misal donlot dorama, game, dll) cuman dapet 5 Mbytes/s. Jika saat itu ada 100 orang yang donlot bersamaan, maka masing2 cuman dapat 50 KByte/s. Jika trafik pendidikan tadi sudah selesai donlot, maka bandwidth bisa dipake untuk lainnya. Dengan demikian, 100 orang yang donlot gak
penting tadi sekarang masing2 bisa dapet bandwidth 450 KBytes/s.

Setahu saya, squid sudah cukup canggih dan mungkin dapat mengimplementasikan hal di
atas. Kalaupun belum bisa, saya yakin teman2 civitas ITB sangat mampu untuk memodifikasi source code sehingga bisa mengimplementasikan hal di atas. Jikalau memang malas, mungkin versi2 berikutnya sudah ada fitur tersebut.

Btw... slogan "Mari berhemat bandwidth" adalah kurang tepat. Ibarat, berdagang, menghemat pengeluaran tidak selalu bisa menambah keuntungan. Menurut saya yang lebih tepat adalah "Mari mengoptimalkan bandwidth".



Tepat sekali apa yang dikatakan om semut : "Mari Berhemat Bandwith" kurang tepat, harusnya "Mari Mengoptimalkan Bandwith". Apanya yang berhemat? Bandwith tetap dipakai 24jam sehari dan 7 hari seminggu, terus menerus. Kalau donlot dibatasi pada malam hari, maka setiap hari akan ada bandwith yang tersia-siakan (mubazir) karena tidak ada yang boleh donlot. Kebijakan donlot hanya pada jam kerja itu solusi yang SINTING! Mau berapa lama biar donlotnya selesai? Kalian admin itu bisa mikir ga sih? Ga cuma sok mikirin masalah bermanfaat atau tidak, kalian ngerti ga sih yang namanya menyia-nyiakan sumber daya yang ada? Persetan masalah akademik. Kayak kalian ngerti aja.

Sayangnya admin2 tetap pada pendirian. Entah karena mereka ga tau perkataan om semut yang seperti ini, atau mereka emang BATU semua. Sekarang malah di Comlabs juga terjadi blok situs2 yang dilarang oleh AI3. Jadinya, Jalawave sudah tak ada artinya lagi. GW waktu itu udah kirim email, tapi belom dibales2 ama mereka. Entah apakah prosedurnya salah (soalnya baca di nic.itb.ac.id prosedurnya emang beda). Tapi kalo emang prosedurnya mesti dari NIC, ya tolong dong diperjelas, kalo situs yang kita minta diblok, di halaman web itu sekalian dong tulisin prosedur komplain yang bener, jadi kita ga keliru ngirim komplainnya. Daripada gw nunggu2 email ga dibales, yang ada malah diabaikan sama sekali.

Satu lagi. Admin, kalian jangan ngerasa sok tau tentang apa yang terbaik, apa yang bermanfaat. Kalian kan cuma mandang dari satu pihak, ga mandang dari sudut pandang kami. Ga usah sok ngatur2 kalo ga tau apa itu namanya optimalisasi. Kalo kalian masih ga ngerti juga, mending kalian KE LAUT AJA sekalian!

Beri aku pedang, dan akan kubunuh admin2 terkutuk. Bunuh saja semuanya biar ramai, biar orang2 tau gimana gobloknya admin2 itu, gimana sok ngaturnya mereka.
Atau... Robohkan saja gedung PAU itu. Bakar semuanya. Hancurkan semua yang di PAU, bunuh semua admin yang terlibat. Biar kita ga bisa internet sekalian.


* bagian dari serial ini adalah kisah2 tentang orang2 menyebalkan yang gw tau*

1 comment:

Anonymous said...

jumblenkiya bunuh saja admin admin yang arogan tu, admin penjilat atasan. admin yg ikut ketawa kalo atasannya ketawa

Post a Comment