Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, September 06, 2006

tempat make kompie


Mari kita runut lagi sejarah penggunaan komputer sejak awal masuk ITB sampai sekarang.
Pada awal masuk, gw ga tau apa-apa tentang masalah fasilitas komputer dan internet. Untungnya di minggu pertama ada pengenalan linux di lab dasar, lalu setelah itu disusul praktikum Pemrograman Web. Jadilah gw sering nongkrong di lab buat praktikum dan ngerjain web. Juga ada situs yang sering dibuka, yaitu home anak2 IF.
Kemudian muncullah yang namanya ai3. Akhirnya mulai sering nongkrong di lab. Biasanya di lab4 di lantai 2. Masih sering pake linux bukanya. Trus biasanya pake acara maen Chromium segala. Dulu udah jago banget ge maen chromiumnya, sampe2 masuk daftar high score di layar depan. Di tingkat 1 itu, berkeliaranlah gw di sekitar lab4 atau lab1 di lantai 4. Abisnya kapasitasnya yang paling gede sih.

Masuk ke liburan akhir semester. Lab yang buka cuma lab 1 dan lab3 (di pojok lantai 4 IF). Walaupun kapasitas dikit, selama liburan gw rajin kesana, dari pagi sampai tutup. Kerjaannya kalo ga buka frenster, nonton film dari bioskop-online, kalo ga ikutan MIRC, ikut maen kuis-kuisan.
Masuk tingkat 2, masih sama seperti tingkat 1, cuma kadang-kadang maen ke lab2 yang dikit komputernya, dan lebih dikit lagi yang berfungsi. Selama liburan, kali ini yang buka cuma lab2. Lebih tersiksa, soalnya dikit banget yang bisa dipake.

Masuk tingkat 3, keadaan mulai berubah. Di sinilah ujian yang sebenarnya. Begitu masuk tingkat 3, orang-orang mulai mencari bentuk eksistensi. Soalnya udah makin tua, ga enak kalo gabung ke lab bareng anak2 baru yang lebih muda (walaupun tampangnya ga lebih muda). Ada berbagai jalan. Yang daftar dan terpilih jadi asisten bisa make komputer di labnya masing-masing. Yang ikut ARC nongkrongnya di ARC. Yang punya laptop tiap hari bawa laptopnya, trus makenya kalo ga di lab dasar ya di lab terdekat, misalnya basdat. Yang masih betah di himp nongkrongnya di himp, make komputer himp (Sebetulnya di jurusan2 lain kayak plano, kalo ngenet pada dari himp, sampe ada gerombolan Plano di rileks). Yang ga kebagian jatah ya terpaksa ikut berdesak-desakan di lab, dengan segala keterbatasan yang ada. Tapi it's okay. Komputer lab speknya cukup bagus. Pentium 4 2,6GHz dengan memori 256.

Jujur, semakin tua, kita perlu cari tempat tongkrongan yang tepat. Salah satu hal yang baru kepikiran setelah daftar asisten (dan ga dapet) adalah tempat buat make komputer. Akhirnya waktu itu sempet make komputer di lab2 IRK, basdat, gaib, walaupun sifatnya numpang. Untungnya setelah masuk ComLabs, bentuk eksistensi itu terwujud. Paling ga waktu jadi operator bisa pake komputer (walopun ga sempet ngapa-ngapain saking sibuknya). Tapi paling ga make komputernya ga di lab. Dan akhirnya setelah tahun 2006 ini, jadi pengurus UAP Comlabs, ada komputer khusus pengurus.

Lalu selama KP, dapet tempat di PAU, bawa komputer yang di rumah kesana. Mulailah kenal dengan dunia internet yang lebih kenceng, dan tau akses2 internet dengan cara lain.
Dan setelah kembali dari PAU, Comlabs menjadi tempat tinggal selanjutnya. Akhirnya sejak tingkat 4 praktis gw hanya ke Comlabs buat make komputer. Ini juga karena perombakan ruangan di IF. lab dasar 4 yang jadi favorit sekarang dipindah ke lantai 3, dan nuansanya sudah beda dengan yang dulu. Tambah lagi jarang ada temen yang OL darisana.

Jadi, di sinilah tempat tinggalku sekarang. Di Comlabs. Ntah buat jaga kek, atau cuma iseng2 doang, sekarang kalo ga di ruang Unit di Comlabs, ya berarti sedang kuliah. Cuma berkutat di situ-situ aja.

Nah, kalo elu-elu sendiri nongkrongnya dimana?
DI Comlabs juga? Di Lab IRK?SI?Gaib?Labdasar?ARC? Atau PAU?

No comments:

Post a Comment