Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, September 24, 2006

Tips waktu Puasa

Sekarang sudah masuk yang namanya bulan Puasa. Ada beberapa tips yang kepikiran waktu hari Sabtu.

Tips buat Tadarus sampe Khatam

Buat yang udah lama ga baca Quran (gw juga), kalo dipaksain tadarus tiap hari pasti capek dan aus karena baca. Makanya ada alternatif solusi, yaitu dengan dengerin mp3 surat2 di Quran. Kalo ga salah pahala orang yang baca ama orang yang dengerin itu sama, atau kalaupun beda, paling ga bisa khatam tanpa harus baca sendiri.
- Pertama, pastikan Anda sudah memiliki semua mp3 surat Quran dari Al fatihah sampai An-Nas (114 surat). Bisa donlot dari situs, tapi sebaiknya pinjam ke teman yang udah punya.
- Play aja di Winampnya
- Untuk surat2 panjang seperti Al Baqarah (slot waktunya sekitar 117 menit), kalo mau dipotong dengerinnya, pilih waktu yang agak bagus (kelipatan 5, misal menit ke 45), dan jangan lupa mencatat menit yang sudah didengarkan pada buku atau notepad.
- pasang alokasi dan waktu buat dengerin tadarus ini. Waktu tidak perlu lama-lama. Kalau misalnya baca sendiri butuh waktu satu jam, maka dengerin tadarusnya bisa sejam atau 45 menit, terserah Anda mau dengerin berapa lama. Akan lebih bagus jika terjadwal (hari ini Surat 1, besok dan lusa surat 2).
- karena ini sifatnya mendengarkan, bukan membaca, kita dapat melakukan hal lain secara bersamaan. Tapi disarankan jangan mendengarkan sambil melakukan sesuatu yang ga berguna atau ga baik (misal main game), nanti faedahnya takut ga nyampe. Mending dilakukan sambil makan atau membaca buku, atau ngerjain tugas.
- jika ingin lebih afdol, pada saat mendengarkan, Anda bisa bawa Quran aslinya dan mengikuti bacaan yang sedang dilantunkan. Dengan cara ini mudah2an lebih dapet manfaatnya.
- kalau jatah nyetel suratnya udah selesai utk hari ini, silahkan setel lagi lagu yang Anda inginkan.

Beraktivitas di Malam Hari

Untuk Anda yang tidak kuat beraktivitas pada saat puasa, Anda dapat memilih untuk beraktivitas di malam hari, dengan catatan, tidak ada aktivitas wajib di siang hari (kuliah, kerja). Dulu saya juga sering memindahkan aktivitas ke malam hari buat... maen Football Manager.
- kalo bisa tidur dulu sekitar jam 8an (malem), untuk kemudian bangun pada jam 10 atau 11an. subuh
- silahkan beraktivitas (mau maen atau ngerjain tugas atau apa)
- inget waktu sahur harus tetep makan, lalu lanjutkan aktivitas sampe subuh
- jangan lupa sholat subuh dulu kalo mau tidur di pagi hari.
- tentukan waktu mau tidur, kira2 jam 7 pagi atau jam 6
- Anda punya kebebasan untuk terus tidur sampe sore, tapi usahakan Anda bangun untuk solat Zuhur dan Ashar.
- Jam 2 atau jam 3 baru bener2 bangun. Waktu yang tepat untuk nunggu waktu buka (3 jam lagi).
Catatan : resiko dari manusia malam adalah kepala akan terasa pusing2 dan berat, dan memang bangun kesiangan itu lebih capek daripada bangun pagi. Diingatkan juga hal ini hanya dapat dilakukan kalo paginya ga ada aktivitas penting. Jadi, kalo masih kuliah atau kerja, lakukan hanya di akhir pekan atau saat liburan. Resiko lain adalah pergaulan anda terganggu (masih sempet sih di sore hari).

Tips-tips lain- Kita tau kalo puasa itu laper. Makanya emosi sebisa mungkin ditahan dan tidak dimunculkan. Marah atau emosi itu juga menghabiskan energi, makanya kalo kita emosi kita akan semakin laper. Tanggapi ejekan dengan diem aja, jangan emosi dan jangan dipikirin. Cuek aja.
- Kalo mau olahraga, lakukan di sore, sekitar pukul 4-5. Soalnya kalo abis olahraga, capek, trus buka, rasanay nikmat sekali. Buka di saat lapar dan lelah lebih terasa ketimbang buka setelah bangun tidur.

1 comment:

Anonymous said...

thanks tipsnya ya, kayaknya harus di coba deh. mudah2an tahun ini bisa khatam, amiiinnn.eh 'lam kenal ye

Post a Comment