Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, September 11, 2006

Persetan dengan Nilai

Kenapa sih banyak yang ribut masalah nilai?
Sebegitu berhargakah nilai itu?
Seumur-umur di ITB, gw baru sekali komplain nilai
yaitu Fisika (minta dinaikin dikit biar jadi A)
setelah itu gw ga pernah protes lagi
beberapa karena memang dapetnya udah bagus(A)
tapi yang dapet B atau C gw ga pernah protes biar jadi A

Daripada pusing mikirin nilai,
mari kita pikirkan esensi dari kuliah
Apakah kuliah yang kita ambil itu worth?
Banyak kuliah yg gw ambil isinya emeng2 dan ga penting
mata kuliah umum kyk agama PPkn, trus RPL
dan ujung2nya gw dapet B
ya sudah, biarin aja
toh kuliahnya ga penting dan emeng2
emang ga bakat

Lalu ada juga kuliah yang bermanfaat
Poin penting adalah apakah kita mengerti tentang isi kuliah?
Kalo kita udah merasa ngerti dan paham
Itu sudah cukup
masalah nanti nilai yang keluar A atau B ga penting
yang lebih utama kita dapet manfaat dari kuliah tersebut
kayak misalnya KP
mungkin nanti gw cuma dapet B
gw sih ga masalah
(tapi temen gw ngeluh terus ke gw)
ada hal2 lain yang lebih berharga daripada sekedar nilai
misalnya sikap dan hal2 yang sering terjadi di dunia nyata
lalu ada lagi honor dan lain-lain
so what kalo dapet B?
yang penting berusaha dengan sebaik-baiknya
(makasih buat Bu Putri atas masukannya)
afterall, kalo mau bicara IP,
KP cuma 2 SKS,
kalo emang mau IPnya bagus
kejarlah mata kuliah yang SKSnya gede
jangan cuma ngeluh dan protes karena nilainya B

3 comments:

Anonymous said...

Wah.. RPL gak penting ya? Wakaka.. :))
Tapi emang bener sih wi, kita (kita?) seringkali memikirkan nilai dan tidak mendapatkan esensi dari kuliah2 itu, Gw pernah beberapa kali dapet A tapi nggak ngerti kuliahnya apa, dan pas kuliah yang gw ngerti banget, eh dapet B deh. Jadi ya, buat apa dipikirin. Yang penting ilmunya..

Anonymous said...

sebenernya RPL berguna, tapi emeng2 pas ujiannya itu yg ga guna... :))
maklum ga bakat nulis panjang2

Anonymous said...

alow juga kk sisko..
ada juga anak rileks mampir kesini

Post a Comment