Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, March 09, 2007

TOEFL tak ada, IELTS pun jadi

Itu pikiran gw waktu mendapati ternyata tiket Toefl gratisnya udah abis, walopun udah 2 kali ngantri, yang kedua kali malah abis solat Jumat gw langsung ngebut ke CC, eh ternyata antriannya udh panjang banget, dan seperti yg udh diperkirakan, tiketnya abis, jadilah gw hanya berbekal tiket IELTS yang didapet dari tadi pagi. Trus okelah, IELTS aja juga gapapa, toh kan belom pernah nyoba, trus abis itu si Ika juga komen, katanya IELTS tuh lebih banyak dipake sekarang, yasudah tak ada TOEFL, IELTS pun hayok.

Pada saat tes, sayang sekali, dari 4 macam tes yang harusnya ada di IELTS (yg gw udah baca sebelumnya dari CD TOEFL yg dikopi dari punya Haris), cuma 2 yang dimasukin di tes gratis ini, yakni Reading ma Listening, smentara yg 2 lagi, Speaking ma Writing ga ada soale ga memungkinkan utk dilaksanakan. Iyalah orang tesnya masal gini, harusnya kan IELTS itu privat. Makanya harga tesnya pasti lebih mahal daripada TOEFL.

Dan mengenai jalannya tes itu, hmm, ga usah diharapkan kali ya, anggap aja cukup buat ngingetin gw kalo walopun bahasa Inggris gw ga jelek, trus gw suka ngomong sendiri dalam bahasa Inggris, nyatanya kalo udah masuk yang namanya tes, tetep aja susah. Kelamaan dan keasikan baca, trus terlalu lama mikirin sebuah jawaban, trus ga merhatiin waktu sampe tiba2 tinggal 15 menit lagi. Trus pas listening, ya sebenernya bisa denger dengan baik, masalahnya soalnya borongan gitu, satu percakapan langsung buat 10 pertanyaan sekaligus. Kalo gitu ma fokusnya ga buat ngerti percakapannya, tapi buat langsung isi jawabannya begitu ada dialog yang ada kata2 di soalnya. Ah susah lah pokoknya. Makanya gw bilang tes ini sebenernya ga perlu. Kalo emang mau ngetes bahasa Inggrisnya, ajak aja wawancara. Sayang banyak perusahaan pasti ga setuju dengan pendapat gw.

Trus mengenai bahasa asing, Inggris bukan satu-satunya, karena anak jaman sekarang kan emang diasumsikan udah bisa bahasa Inggris. Pertanyaan selanjutnya adalah bahasa apalagi yang dipelajari. Ada beberapa pilihan bahasa, diantaranya Jepang, Perancis, ama Jerman. Dan dalam hidup ini gw punya keinginan buat mempelajari semuanya dan bisa lancar make kesemua bahasa itu. Walaupun cuma buat kepuasan aja, tapi gw pengen nanti bisa bicara bahasa Inggris, Prancis, Jepang, dan Jerman sekaligus. Kalo udah gini mulai deh terasa penyesalan kenapa dulu ga masuk IPS aja.

No comments:

Post a Comment