Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, May 22, 2007

bedanya maninov sama kpb

Padahal dua-duanya kuliah TI. Sama-sama suruh bikin bisnis plen. Tapi ya beda. Bedanya terutama karena faktor dosen. Yang maninov pak R***, yang kpb pak J***. (Yah, katanya gw kalo nyebut dosen suka terang-terangan, jadi sekarang pake inisial aja kali ya).

Sejak awal masuk, emang keliatan jelas kalo Pak J ini ngajarin kita supaya jadi pengusaha, trus agak2 matre pula. Ngajak jadi kaya, tapi caranya agak2 licik gitu. Yah, kayaknya emang pengusaha caranya emang gitu ya.. orang si Pak J itu aslinya kan emang pengusaha. Jadi dosen dan ngajar itu hobi katanya, sekalian cari peluang2 usaha dari anak2 ITB kayaknya. Makanya, orientasinya profit dan peluang semua. Tapi kuliahnya pak Joko emang cocok banget sih buat yang mo jadi pengusaha beneran.

Beda sama Pak R. Bapak yang ini lebih menekankan ke sisi pengembangan dirinya. Sifat2 yang mesti dimiliki kalo mau bikin usaha, trus banyak nilai moralnya gitu. Pokoknya jarang banget bahasnya yang tentang ngambil untung ato oportunis gitu. Sarannya aja adalah : cara berkompetisi yang paling baik adalah jangan berkompetisi. Apalagi kemaren terharu waktu dia ngasih ceramah yang intinya kayam gini: pekerjaan itu bukan sekedar job atau karir, tapi panggilan... Jangan selalu ngeliat orang lain dalam menentukan standar keberhasilan. Emang bijak sekali kata-katanya...

btw, bisnisplennya.... yg kpb udah dikumpulin, sepas-pasan gitu, emang isinya kurang banget. nantilah kalo buat maninov gw bikin yg bener2.

btw lagi, hari ini pas uas kpb, gw malah dapet komen gini dari temen gw, berhubung gw udah jarang keliatan ."Eh, dwi kok jadi iteman ya?" ah, masa sih, emangnya dulu muka gw putih gitu?

1 comment:

nunu said...

ah, belom tau kpb-nya papa senator sih....
killer abis...nyebelin...sekelas pada bete...
amit2...

bisnisplen itu dimana2 yang diliat pertama kali itu keuntungannya, liat NPV, IRR, ROR tertinggi n payback yang cepet. -_-

Post a Comment