Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, April 05, 2008

and then there were none

Anda tahu Agatha Christie? Yang hobi baca mestinya tau, beliau ini adalah the queen of crime, pengarang novel2 kriminal dan detektif terhebat setelah masanya sendiri, dan sempat dibanding-bandingkan siapa yang lebih hebat antara beliau dengan Sir Arthur Conan Doyle. Dari antara banyak karya Agatha Christie, salah satu yg menurut saya terbaik adalah And Then There Were None.

Tapi tahukah Anda kalau judul asli karya ini sebenarnya adalah: "Ten Little Niggers" ? alias Sepuluh Anak Negro?

Dulu saya pertama kali membaca buku ini pada waktu masih SMP. Dan waktu itu judul bukunya, adalah Sepuluh Anak Negro. Setelah saya browsing2 di wikipedia, ternyata memang ada catatan: judulnya memang "disesuaikan" menjadi And Then There Were None, karena pada masa itu isu rasial masih cukup dipermasalahkan.

Terlepas dari masalah judulnya, menurut saya karya yang ini sangat menarik, karena bukan merupakan plot kasus kriminal yang standar, dimana seorang pelaku membunuh satu atau lebih korban. Yang terjadi adalah, dari 10 orang, kesemuanya mati. Pelakunya, atau tepatnya dalangnya, memang satu orang, tapi dia tidak melakukan semua pembunuhan itu dengan tangannya sendiri. Satu korban bunuh diri, dan yang satunya lagi ditembak oleh korban yang bunuh diri setelahnya itu.

Ide cerita satu demi satu mati ini kemudian, banyak juga muncul di kisah-kisah kriminal dan misteri lainnya. Saya sendiri berpendapat, lebih banyak korban akan semakin seru. Contohnya Battle Royale, kemudian di salah satu chapter Detective Conan volume 30, kasus 7 detektif.

Btw saya nyinggung2 topik ini soalnya beberapa hari yang lalu, sewaktu saya ke gramedia merdeka, saya nemu buku ini, tapi dengan cetakan yang lebih baru, dengan cover yang baru pula, yang lebih elegan ketimbang sebelumnya. Kalau saya tidak salah, sudah ada 3 versi cover selama buku ini diterbitkan gramedia. Yang pertama yang menggunakan ilustrasi, gambarnya mirip lukisan. Kemudian berubah menjadi lebih elegan, dengan tulisan Agatha Christie dengan lambang burung gagak. Yang terakhir ya yang seperti ditampilkan di bawah ini.

No comments:

Post a Comment