Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, April 05, 2008

CLAMP presenting Tsubasa Reservoir Chronicle



Barangkali kita masih inget kalo dulu pernah ada filem kartun minggu pagi di TPI (bener kan ya?), yaitu cardcaptor sakura (CCS). CLAMP adalah pencipta CCS. Selain CCS, tentunya ada banyak lagi anime dan manga yg mereka hasilkan. Dan saat ini, yang paling menonjol ya ini, Tsubasa Reservoir Chronicle.

Saya pertama kali tau tentang manganya, waktu saya tingkat 1 kuliah. Waktu itu, saya takjub, soalnya isi manga ini, isinya banyak diselipi karya-karya CLAMP yg laen. Contoh dasarnya aja, tokoh utamanya, Sakura dan Syaoran, adalah tokoh utama di CCS. Trus berikutnya begitu mereka masuk petualangan, muncullah tokoh2 dari manga/anime yg laen, kayak X, Magic Knight Rayearth. Untuk lebih lengkapnya, liat di halaman wikipedia untuk Tsubasa Chronicles, yang bagian Clamp crossovers from other series, disitu ada list untuk setiap keterkaitan.

Dan CLAMP emang ajaib. Sementara Tsubasa Chronicle ini jalan, mereka juga bikin karya laen, xxxHolic, yang katanya, "sister publication", soalnya antara keduanya, ceritanya bersilangan gitu, maksutnya tokoh di cerita yg satu muncul di cerita kedua, vice versa.

eh, sebetulnya saya tiba2 buka wikipedia buat tsubasa, soalnya iseng aja donlot tsubasa chronicle yg OVA: Tokyo Revelations, yang episode 3 (of 3) pula, makanya sekalian donlot yg 1 dan 2 juga. OVAnya ini katanya keluarnya 2 bulan sekali, dan yang ketiga alias terakhir ini baru keluar maret 2008 lalu.

1 comment:

nickyta lestari said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment