Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, April 17, 2008

lost (tidak)saingan ama smallville

dimana letak saingannya? jam tayang. Sebenarnya lost yg kemaren2 yg tayang sejak 31 januari, tayangnya jam 21 waktu sana. Itu saya tahu. Trus smallville, walaupun udah buka wikipedia-nya, tetep ga ada jadwal tayangnya jam berapa. Ternyata ya, jadwal di sana itu emang ganti2, dalam satu musim. Yang saya tangkap sih, karena mesti menyesuaikan ama serial lain yang ditayangkan juga oleh stasiun TVnya dalam waktu bersamaan.

Jadi akhirnya saya nemu jadwal tayangan TV di Amerika sana untuk musim 2007-2008. Disitu di bagian hari Kamis (Thursday), bisa diliat jadwal tayangan apa aja yg ditayangin ama stasiun TV sana. Sebagai contoh, coba kita lihat stasiun ABC. Pada slot jam 8-9 ada Ugly Betty, Lost, Miss Guided, dan Ugly Betty lagi. Maksutnya apa, kok satu slot ada lebih dari satu acara. Ini bukan kesalahan, tapi memang demikian adanya. Pada awal musim, yg ditayangkan adalah Ugly Betty (btw ini yg remake dari Betty Lafea, telenovela jaman 2002 lho), baru setelah Ugly Betty vakum, Miss Guided yg tayang.

Lalu ini yg sempet bikin saya keliru. Pas baca jadwal ini, kirain lost ama smallville bentrok, jadinya susah juga kalo orang sana milih mau nonton lost apa smallville, sama kalo misalnya disini bingung pilih nonton Liga Itali apa Liga Inggris. Ternyata ga bentrok. Lost yg jam 8 itu cuma lost yg spesial doang, yang isinya penjelasan atau rangkuman cerita selama ini. Aslinya tayang jam 9 malam. Dan, setelah kemaren vakum, dan akan lanjut lagi tanggal 24, jadwalnya digeser jadi jam 10 malem. Kenapa? Soalnya yg jam 9 buat Grey Anatomy. Gimana sih maksutnya? Liat baik-baik di slot tersebut, dan liat juga wikipedia tentang grey anatomy season 4 dan lost season 4, terutama yg bagian list episodenya, liatin tanggalnya.

Grey Anatomy tayang di awal musim, trus vakum, karena ada WGA itu. Nah, selama dia vakum, LOST tayang. Makanya Lost make slot yg jam 9 malem. Trus keduanya vakum, dan baru sama2 tayang tanggal 24 April 2008. Grey Anatomy dapet jadwalnya yg semula yg jam 9 malem, dan LOST mesti geser jam 10 malem. Dan ini masih ada lagi yg berubah. Di episode finale, kemungkinan jadwalnya makin kacau. Kenapa, soalnya episode finale untuk lost dan grey anatomy tu lebih dari sejam, biasanya 2 jam, dan bahkan ada spoiler katanya lost bakal 3 jam. Durasi yg jadi dobel ini mengakibatkan jadwal mesti diatur ulang. Waktu saya baca di lostpedia, sempet ada isu kalo lost finale diundur, karena jatahnya kepake buat grey anatomy finale. Mungkin benar, soalnya di kedua situs, disebutin grey anatomy episode final tanggal 22 mei, sementara lost 29 mei.

Tapi kalo dipikir2, kita mah ga usah meduliin jadwal sana. Urusan mereka lah itu. Kita kan nontonnya beda lagi. Asal ada filenya, tinggal pilih mau nonton yg mana.

No comments:

Post a Comment