Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, April 04, 2008

LostPedia

Saya akan memulai dengan situs favorit saya saat ini, yaitu Lostpedia. Ini adalah situs yang membahas segala sesuatu tentang serial TV Lost, yang saat ini sudah memasuki season ke 4 (btw saya saat ini sedang mendownload salah satu episode di season 3).

Sebagai sebuah situs, saya sangat kagum, karena inilah situs yang sangat lengkap dan detail dalam menerangkan tentang suatu hal. Hampir seluruh aspek dalam serial Lost, dapat ditemui di situs ini. Mulai dari karakter-karakter di dalamnya, alur ceritanya, peristiwa-peristiwa di dalamnya, sampai ke hal-hal terkecil dan kurang terlalu penting, semacam buku-buku yang disebutkan dalam serial ini pun dapat kita temukan di situs lostpedia ini.

Pada awalnya saya menemukan situs ini sewaktu ingin mencari informasi tentang season 4 yang akan muncul (waktu itu season 4 baru akan ditayangkan). Saya membuka halaman bagian spoiler, dan dengan cueknya mencari informasi tentang jalan cerita di episode mendatang. (mungkin bagi beberapa orang, malah tidak ingin melihat spoiler, biar kesenangannya tidak terganggu). Yang hebatnya di halaman spoiler ini adalah, updatenya sangat akurat dan terjaga. Contohnya, jika hari ini episode ke 2 ditayangkan, maka setelahnya, spoiler untuk episode 2 tidak akan muncul lagi, dan praktis, yang ada di halaman spoiler hanya episode-episode yang belum ditayangkan.

Itu sebelum saya menonton episodenya. Begitu saya selesai menonton, biasanya saya akan mengecek ke halaman episode yang bersangkutan, contoh, untuk lost episode yang paling baru adalah episode 8, meet kevin johnson. Di situ, saya bisa lebih memahami apa saja yang terjadi di episode ini, berikut detail-detail yang ada di dalamnya. Sebagai bukti, selain berisi sinopsis episode tersebut, tiap halaman episode memiliki cultural references, kira-kira maksudnya adalah, karya atau judul lain yang disebut, baik sedikit maupun banyak pada episode tersebut. Biasanya ini berguna untuk menjelaskan darimana asal judul episode tersebut.

Dan yang lebih saya sukai adalah adanya episodes references, yaitu hal-hal yang disebut dalam episode ini yang sebenarnya berkaitan atau pernah disinggung atau berhubungan dengan salah satu adegan di episode sebelumnya. Dan yang lebih mengagumkan, semuanya lengkap dengan link ke episode yang bersangkutan.

Dan terakhir, di setiap halaman episode, terdapat bagian: unanswered questions, berisi pertanyaan-pertanyaan yang masih menjadi misteri. Ketika di episode-episode berikutnya, pertanyaan tersebut terjawab, maka pertanyaan tersebut akan menghilang dari bagian 'unanswered question' (karena sudah terjawab, tentu saja).

Kemudian saya bertanya-tanya, bagaimana cara kerja situs ini? Siapa saja yang bertanggung jawab memaintenancenya, dan BERAPA orang? Kalau saya sendiri saja, tentunya akan sulit sekali dan akan lama sekali jika mesti mengupdate berbagai macam halaman. Saya mengira-ngira, tentunya ada minimal 4 atau 5 orang, yang masing-masing, sudah punya bagian, mengurus bagian mana. Saya sendiri pernah berpikir apakah saya bisa membuat ensiklopedia yang selengkap ini, bukan untuk LOST (kan sudah ada), tapi untuk manga 20th century boys.

No comments:

Post a Comment