Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, April 16, 2008

tempat donlot manga

Akhir-akhir ini semakin sulit buat donlot manga dari kampus, soalnya dengan jalur biasa, semua situs manga diblok. Karena itulah saya mesti pintar2 cari waktu dan cari jalur lain. Adapun situs2 yang biasanya jadi tempat langganan donlot, sering berganti, karena dengan berbagai alasan, misalnya kurang terupdate, atau karena memang diblok.

Aslinya, saya cuma berkepentingan dengan One Piece, tapi kemudian kemudian-kemudian ikut mendonlot bleach dan Fairy Tail juga, karena untuk judul2 yang itu, seringkali update di xtreme agak terlambat, sementara saya sudah menemukan filenya. Jadilah saya donlot juga, sekaligus berkontribusi dengan menguploadnya ke xtreme.

Situs utama yang sampai saat ini masih saya kunjungi adalah Arlong Park. Setiap minggunya, kemunculan chapter baru One Piece akan dibuatkan thread sendiri, dan biasanya ada link download disana. Link2 yang diberikan biasanya ujung2nya menuju ke sendspace, megaupload, atau rapidshare; 3 serangkai situs2 upload yg diblok. Sewaktu pakai cache4, saya sempat bisa mendownload dari rapidshare. Tapi sekarang sudah diblok juga. Jadi link2 dari arlongpark sudah tidak bisa saya harapkan lagi. Sekarang ini biasanya saya membuka situs ini untuk melihat spoiler untuk chapter berikutnya.

Di bagian lain dari situs arlongpark, di bagian scanlations, terdapat beberapa thread yang memberikan beberapa alternatif download chapter One Piece, yang ditranslate oleh grup yg berbeda, misalnya Binktopia, FrankyHouse, atau OPHQ. Sebenarnya dulu saya terbiasa dengan keluaran dari NULL/KEFI, karena kualitas yang bagus dan ukuran yang kecil. Masalahnya, release dari NULL terbilang lama. Makanya diambil saja apa yg ada.

Saya juga sempat mendownload Tenjou Tenge dari Stoptazmo, yang juga diblok, tapi waktu itu situs ini belum diblok, asalkan pada jam tertentu.

Awalnya saya hanya mengikuti saja link release dari grup yg bersangkutan di situs arlongpark. Misalnya, OP rilisan FrankyHouse, link ada di rapidshare, maka saya akan menuju ke sana. Tapi kemudian saya tidak mencari2 di arlongpark lagi, tapi langsung cek di frankyhouse, apakah sudah ada yg baru atau belum.

Sekitar chapter 470-an, saya berpendapat dan memilih OPHQ sebagai yg terbagus. Jadi selama beberapa saat, saya mendownload dari situs One Piece HQ. Tapi kemudian semakin lama, semakin saya bandingkan, warna hitam yang buram membuat saya menarik kembali pendapat saya bahwa ini yg terbaik. Akhirnya kembali ke FrankyHouse. Saya pun mulai sering membuka situsnya, dan sejak saat itulah jadi sering mendonlot manga yg lain, karena biasanya juga ada disana. Selain itu, waktu itu FrankyHouse memiliki fasilitas directdownloadlink (DDL), yang untungnya tidak diblok. Sayangnya kemudian DDLnya sempat down, dan saya tidak tahu apa sekarang sudah berfungsi lagi atau tidak.

Pada waktu terhambat di FrankyHouse itulah, seorang teman terlihat membaca One Piece dari sebuah situs. Rupanya membaca online (Online Reading). Saya intip dan tanya, alamatnya di ANIP. Mulailah berubah strategi download saya, yaitu baca online, dan disave satu-satu gambarnya. Dan ANIP ini bagaikan storage besar yang punya segala macam judul manga, karena itulah saya juga mencari2 yg lain disini, termasuk manga2 yg sudah tamat. Situs ini belum diblok oleh cache4. Saya ingat, waktu itu mendonlot 2 chapter terakhir dari 21st Century Boys, soalnya yg dari xtreme ternyata corrupt.

Sayangnya, kemudian situs ini down, sejak 3 minggu yg lalu kalau tidak salah. Sempat hidup sebentar, tapi saat ini down lagi. Saya pun mencari alternatif lain. Onemanga. Sayangnya, situs ini jelas diblok karena ada kata manga. Makanya saya mesti menginap supaya bisa menggunakan jalur cache2 comlabs yg hanya bisa digunakan di malam hari.

Kemudian saya tertarik untuk mendownload manga2 lain, yang bahkan tidak ada di xtreme, yaitu Trigun. Awalnya mendownload dari ANIP, dan baru sampai volume 1. Begitu saya ingin melanjutkan di hari berikutnya, ternyata ANIP down lagi, makanya saya cari ke OneManga. Tapi di OneManga ternyata filenya tidak disediakan lagi, karena masalah hak cipta. Pihak penerbit yg di Amerika sana mengklaim copyrightnya, dan meminta OneManga, mungkin karena situs ini terkenal, untuk menarik Trigun dari daftar rilisannya. Karena itu, sekarang saya pontang panting buat mencari situs lain yang bisa digunakan. Setelah mencari di google, dapatlah manga archive. Ini mungkin untung-untungan, karena di situs ini, cuma ada sedikit manga yg disediakan, dan trigun salah satunya. Untung sekali, padahal Trigun sudah lama tamatnya.

No comments:

Post a Comment