Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, October 28, 2013

[Review] Age of Ultron

Okay, ini adalah salah satu serial Marvel yg bikin gw tertarik untuk nyari dan bacanya. Gw ga begitu asing dengan Ultron, karena udah pernah ngikutin ceritanya, di serial animasi Avengers Earth Mightiest Heroes. Ultron adalah robot AI ciptaan Hank Pym yg lepas kendali dan menjadi liar dan berniat memusnahkan manusia dari bumi. Kemudian ga berapa lama, plotnya jadi special ops di game MAA. Terakhir, sekuel film The Avengers akan menggunakan plot Ultron ini, dengan judulnya The Avengers: Age of Ultron. Nah, gw jadi kepengen baca komiknya setelahnya.

Ultron merajalela
Age of Ultron merupakan salah satu serial yg menampilkan crossover para superhero di Marvel Universe, yah sama aja kayak nampilin The Avengers sih. Alkisah, di masa sekarang, Ultron tiba-tiba sudah menguasai dunia. Serangannya emang begitu mendadak dan dalam waktu singkat, kota2 besar berhasil dilumpuhkan, para superhero banyak yg tewas, dan sisanya bersembunyi dari patroli Ultron.

Kenapa Ultron bisa berjaya? Ultron adalah kecerdasan buatan, yang terus belajar dan memperbaiki dirinya sendiri terus menerus, semakin lama semakin cerdas dan semakin tangguh. Terlebih lagi, kelebihan Ultron adalah jumlah armada robot replikanya banyak banget. Ya wajar aja kalo para superhero yg kalah jumlah takluk.



Okay. Volume pertama dibuka dengan situasi New York yang sudah dikuasai Ultron. Hawkeye menyerbu markas mafia lokal untuk membebaskan Spider-Man yang ditawan. Aneh juga ya, kenapa Spider-Man bisa ditahan sama mafia biasa kayak mereka. Setelah lolos dari kawanan robot patroli Ultron, mereka berkumpul dengan para Avengers lain yg sedang bersembunyi. Anggota Avengers yang tersisa pun ga begitu banyak, karena banyak juga yg sudah jadi korban Ultron, di antaranya Thor dan Hulk yg ga nongol.

Dari keterangan Spider-Man, diketahui kalo Ultron memberi bayaran untuk superhero yang diserahkan pada mereka. Atas dasar itulah, Captain America menyusun rencana untuk berpura2 menjual salah satu dari mereka, untuk bisa menyusup ke markas Ultron dan mengorek segala informasi tentang Ultron. Luke Cage yang diutus untuk menyerahkan She Hulk yg juga istrinya.

Luke Cage membawa She-Hulk
Data superhero yang dikumpulkan Nick Fury
Secara terpisah, Black Widow dan Moon Knight di San Fransisco mendatangi markas lama SHIELD dan berupaya memecahkan informasi yang dikumpulkan Nick Fury di sana. Di Chicago, Red Hulk, Black Panther dan Taskmaster berusaha mendapatkan contoh komponen robot Ultron, untuk mempelajarinya.

markas Ultron
Vision yang dijadikan vessel oleh Ultron
Luke Cage tidak menemukan Ultron, melainkan Vision, yang dijadikan perantara untuk Ultron mengendalikan pasukan robotnya. Darimana? ternyata dari masa depan! woooow. Pantesan Ultron bisa menang, karena dia udah tau langkah2 yg diambil Avengers, jadinya bisa mengantisipasi setiap serangan. Operasi Luke Cage dan She Hulk pun menjadi kacau. She Hulk tewas, sedang Luke Cage sekarat, namun entah bagaimana berhasil melarikan diri.

Avengers yang tersisa mengungsi
Black Widow, Moon Knight, dan Red Hulk ikut serta
The Savage Land, Antartica
Nick Fury
Pada akhirnya semua pahlawan kita bertemu di Savage Land, Antartika. Tempat yang tidak terjamah oleh Ultron. Para Avengers dari New York yang mencari tempat yang aman, juga regu Black Widow dan Red Hulk yang datang untuk mencari markas rahasia Nick Fury, dimana mereka menduga Fury sudah menyiapkan rencana untuk mengantisipasi bencana besar seperti serangan Ultron ini. Nick Fury ternyata memang ada di sana, sudah lebih dulu mengungsi ketika tanda-tanda bencana muncul. Fury tentu saja punya rencana, yaitu menggunakan perangkat time platform (mesin waktu) Dr Doom untuk pergi ke masa depan dan menghancurkan Ultron.

Ultron menghancurkan kota yang tersisa
Rencana itu meragukan, karena Ultron kemungkinan besar bakal mempersiapkan diri dan mengantisipasi rencana mereka. Wolverine berpendapat lain, menurutnya mereka mesti pergi ke masa lalu dan membunuh Hank Pym sebelum dia menciptakan Ultron. Usul ini ditentang karena dapat merusak time-space continuum (kestabilan ruang-waktu) dan butterfly effect yg dihasilkan. Tapi tentu saja Wolverine berkeras.

time platform yang digunakan sebagai mesin waktu
tim yang pergi ke masa depan dan berhadapan dengan Ultron

Rekap hero:
Tim yang pergi ke masa depan untuk menghancurkan Ultron: Nick Fury, Captain America, Iron Man, Black Widow, Daisy Johnson (Quake), Storm, Quicksilver, dan Red Hulk.
Tim yg tinggal di markas Savage Land: Hawkeye, Spider-Man, Moon Knight, Emma Frost, Valkyrie, Monica Rambeau, dan Ka-Zar.
Yang pergi ke masa lalu untuk membunuh Pym: Wolverine dan Invisible Woman.
(Luke Cage, Black Panther, She-Hulk, dan Taskmaster sudah tewas duluan)

Sue Richards (Invis Woman) ternyata tidak jadi ikut dengan tim Fury dan memilih mengikuti Wolverine, partially karena dia ingin mencegahnya membunuh Pym.

Wolverine dan Invisible Woman
Wolverine hendak membunuh Pym
Yang terjadi dengan tim Fury adalah, seperti yg Wolvie bilang, misi bunuh diri. Armada Ultron terlalu banyak, mereka tak bisa berbuat banyak. Jadi, Wolverine lah yang mesti mengambil tindakan. Sue tak mampu mencegah, karena tak ada pilihan untuk menghentikan Ultron. Wolverine pun datang ke lab Hank Pym dan membunuhnya.

Sesudahnya, mereka berdua kembali ke masa kini dengan time platform yg sama. Dan tentu saja keadaan berubah. Ultron tidak ada. And I think this is the best part from this series: ((( ALTERNATE TIMELINE!! )))

The Defenders (alternate timeline)
Akibat Pym terbunuh, The Avengers kemudian bubar. Peperangan antara Latveria dan Asgaard terjadi, dimana magic menang melawan science, dan Morgana Le Fey (kubu Latveria) menguasai separuh dunia. Separuhnya lagi di bawah pimpinan Tony Stark yang berwujud setengah robot, memimpin armada yg dulunya SHIELD, dan kelompok superhero "Defenders". Btw, ini kurang lebih mirip sama Defenders yg asli. Anggotanya: Colonel America (yep, alternate timeline, "Captain" berubah jadi "Colonel"), Dr Strange, Hulk, Wolverine, Thing (from Fantastic Four), Janet van Dyne sebagai Captain Marvel (alih2 jadi Wasp seperti seharusnya), Cable (entah dateng dari masa depannya kapan), dan Star Lord/Peter Quill (dari Guardian of the Galaxy). Selain itu, Tony juga punya 2 psychic mutant, Emma Frost dan Professor X, yang bekerja padanya.

Tony Stark (alternate timeline)
Wolverine dan Sue ditangkap oleh Defenders, dan dibawa ke Tony Stark, dimana dia takjub dengan memori dari kedua orang itu yang berisi timeline lain yang berujung dengan hancurnya dunia di tangan Ultron. Tapi tetap sulit baginya untuk mempercayai kedua orang itu, karena dia curiga mereka merupakan utusan Morgana Le Fey.

Morgana Le Fey dan armadanya
Daaan... ga berapa lama kemudian, Morgana Le Fey dateng dengan pasukan naga dan doombotsnya. (oiya, Morgana Le Fey yg penyihir ini kalo ga salah istrinya Dr Doom. Doom sendiri kayaknya udah mati di sini, jadi yg berkuasa si Morgana). Perang pun terjadi antara kubu Le Fey dengan Stark, dimana Le Fey berjaya setelah menubrukkan dua hellicarrier yang menimbulkan ledakan nuklir.

dua hellicarrier meledak
Well, hampir semua jagoan Defenders dan Stark habis, tapi Wolverine (yg asli) bertahan dan selamat. Menyadari kesalahan yang sudah dilakukannya ( yg menimbulkan bencana yg tak kalah hebat), dia berniat untuk kembali ke masa lalu (lagi) dan mencegah keputusannya membunuh Pym. Stark sempat berusaha mencegahnya, bahwa dia tidak boleh seenaknya pergi dengan mesin waktu dan mengubah keadaan.

dua Wolverine dan Hank Pym
Wolverine kembali tiba di masa lalu, dan mencegah Wolverine sebelumnya yang hendak membunuh Pym. Bersama Sue, mereka berempat mendiskusikan solusi terbaik yang mungkin dilakukan. Pym akan tetap membuat Ultron, tapi mesti menanam virus yang bisa diaktifkan ketika Ultron mulai liar dan tak bisa dihentikan.

Sebelum kembali ke masa kini dengan time platform, dua Wolverine memutuskan solusi untuk mereka. Wolverine yg baru datang (yg tidak jadi membunuh Pym) membunuh Wolverine yg lama (yg sudah membunuh Pym dan pergi ke alternate timeline). Barulah mereka kembali ke masa kini dan mendapati keadaan yang kembali normal.

Avengers, kembali di masa kini
Ultron bangkit kembali
Ultron akhirnya berhasil dihancurkan
Di masa kini, Ultron ternyata bangkit dengan menyamarkan diri sebagai bentuk alien yang ditemukan para supervillain. Ketika Avengers bertarung dan membereskan para villain, Ultron hidup kembali. Untungnya, Pym sudah mempersiapkan hal ini, dan menjalankan rencananya, untuk mengaktifkan virus pada Ultron, sehingga Avengers pun berhasil menghancurkannya, kali ini untuk selama-lamanya.

time-space continuum kacau
Selesai? Not quite. Seperti yang sudah diperingatkan, ulah Wolverine yg bolak balik ngubah masa lalu menyebabkan kestabilan ruang waktu rusak. Kekacauan pada universe (or multiverse). Lalu trus terlihat efeknya di universe yang lain. Ada Ultimate Spider-Man yg ketemu Galaktus. Trus ada Angela yg gw ga tau itu siapa, tapi kelihatannya berbahaya dan ada di level setara Galaktus atau Thanos.

Ultimate Spider-Man dan Galaktus
Angela (who?)
-selesai utk Age of Ultron-

yg ga ketinggalan dari event spesial seperti ini adalah tie-ins, yaitu chapter2 terpisah yang membahas aspek lain yang masih nyambung sama event Ultron ini. Ada yg membahas tentang Black Widow ketika serangan Ultron mulai datang. Dari sini, kita dapet gambaran kapan dan secepat apa Ultron merajalela. Kemudian ada yang membahas para superhero di Inggris Raya dalam menghadapi serangan Ultron. Dari sini, kita juga bisa lihat kalo Ultron juga beraksi di Inggris, dan seluruh dunia. Sekaligus bisa lihat aksi Captain Britain, dan Carol Danvers sebagai Captain Marvel (kayaknya udah naik pangkat dari Miss Marvel), dan ada penampilan dari Black Knight/Dane Whitman dan Faiza Hussain/Excalibur, satu-satunya karakter hero di Marvel yg merupakan muslimah berkerudung.

Tie-ins lain ada yg membahas tentang saat-saat terakhir Fantastic Four yang takluk oleh Ultron, kecuali Sue yg berhasil selamat. Ada juga yg membahas Superior Spider-Man. Nah, dari sini kita tahu kalo Spider-Man yg di Age of Ultron itu, bukan Peter Parker yg biasa. Pokoknya perkembangan Spider-Man udah sampe mana, yg jadi Spidey itu sebenarnya bukan Parker, tapi Dr Otto Octavius. Whattt?! Iya, kalo ga salah, Dr Octopus yg sekarat berusaha bertahan dengan nuker kesadaran/pikiran dengan Parker. Jadinya Parker ada di tubuhnya Octopus (dan kemudian mati), sedangkan si Octopus ada di tubuhnya Parker dan jadi Spider-Man. Untungnya, si Octopus ini ikut ngerasain memorinya Peter, dan memutuskan untuk melanjutkan tugas Parker sebagai Spider-Man, tapi dengan kepribadian yg berbeda. Udah ga ada joke2 khas Spider-Man, karena si Octopus ini lebih serius, dan agak sinis. Di sini ditelusuri lebih jauh tentang karakternya. Bayangin dong, superhero Spider-Man tapi aslinya bekas supervillain.

Tie-ins yg lain ga begitu penting, lalu ada dua yang membahas tentang alternate timeline setelah Pym terbunuh. Yg satu tentang Hyppolita penguasa Amazon yang dengan bantuan Defenders, mendatangi Latveria untuk menantang Doom, yg juga bapaknya. Wow, udah aneh2, dan gw ga begitu familiar. Satunya lagi tentang Kang, dimana dia memiliki dua anak kembar dari Archangel (mutant yg bersayap itu) dan menyuruh mereka untuk membunuh Colonel America. Nah, yg ini lumayan seru. Selain menceritakan kondisi mutant di alternate timeline, si Kang yg masternya time travel ngasih kesimpulan penting. Dia menunjukkan kesalahan Wolverine yg mengubah masa lalu yg menyebabkan masa depan berubah drastis.

-oo-

Kesimpulan, serial ini seru banget. Dan bagian terbaiknya justru bukan Ultron, tapi alternate timeline yg dihasilkan dari aksi Wolverine. Kayaknya sih emang ada serial khususnya yg bahas alternate timeline itu.

"Wolverine...
I was lying here wondering...
Hank Pym... Could one man make so much of a difference? I guess so.
But... you... you can't go back. I know you're going to try to go back in time and fix your mistake. You can't.
Listen to me, the reason... the reason we don't go back and fort through time and fix things...
The reason we don't just do whatever we want whenever things don't go our way is because we can't.
Time is an organism, It's part of us.
It lives and breathes and every time you travel through it, you rip it. You tear it. You hurt it. If you keep doing it eventually you will kill it. You'll break it beyond repair.
Do you hear me? What happens when time is dead? What happens when you kill it?
It's not just us. We're not alone in the universe." - Tony Stark

2 comments:

hack Instagram said...

Excellent article! We are linking to this great article on our website. Keep up the good writing.Hacking BlogsGoogle Dorks

Unknown said...

thank you for sharing this post I am glad to be here and read this post I am very happy to be here
thepiratebay mirror proxy
the pirate bay alternatives
torlock mirror proxy
torrentz2 mirror proxy

Post a Comment