Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, October 14, 2013

[Review] Film Pilihan 2011

Dua minggu terakhir gw nonton film2 tahun 2011. Beberapa ada yg udah pernah liat di tv kabel di kantor, tapi ga ditonton penuh dari awal sampe akhir. Dipilih 10 judul yg pengen gw tonton, dan sebenarnya masih ada lagi judul2 lain yg pengen ditonton, tapi untuk saat ini, film2 ini aja yg didahulukan.

1. Sucker Punch


Film arahan Zack Snyder, yg kemudian nanganin Man of Steel di tahun 2013 ini, isinya tentang seorang gadis (Emily Browning) yang dikirim ayah tirinya yg jahat ke mental institution (not exactly rumah sakit jiwa). Ayah tirinya berkomplot dengan salah satu petugas disana, supaya si cewek ini dilobotomi. Si cewek ga tinggal diam, dan berusaha untuk kabur dari sana, tapi ga diceritain terang-terangan, karena cerita beralih menjadi dunia imajiner si cewek yg merepresentasikan dunia nyatanya, dimana dia merupakan seorang penari yg bekerja di rumah hiburan. Dan adegan2 aksi lawan robot dan monster yg gw lihat di trailer, merupakan imajinasi di layer yg lebih dalam. Pertarungan dan misi melawan monster2 itu merupakan perumpamaan dari usaha yg dilakukan si cewek dan teman-teman barunya di sana untuk kabur.

Film ini punya style yg keren. Plus, ada Jena Malone, salah satu aktris favorit gw.  Rating: 8/10.

2. Insidious


Filmnya James Wan, yg tahun ini menghentak dengan The Conjuring (dan Insidious: Chapter 2). Makanya, penting banget buat nonton film ini, yg mungkin bisa menjadi cult di kemudian hari. Ceritanya diawali dengan si Patrick Wilson dan Rose Byrne yg pindah rumah, kemudian diganggu hantu disana, dan anak mereka ada yg tiba2 koma sampe 3 bulan. Mereka kemudian  pindah rumah lagi, tapi masih tetep diganggu hantu. Setelah panggil Elise, paranormal buat ngusir hantu, barulah diketahui permasalahannya, yaitu kemampuan si anak dalam astral projection, yg menyebabkan jiwanya tersesat dan mesti kembali ke raganya.

Asli, film ini keren banget. Menegangkan dari awal, dan sound-nya bener2 mantep, merinding banget. Sama kayak The Conjuring. Gw bilang, si James Wan ini emang ahli bikin film dengan genre ini. Rating: 9/10.

3. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides


Film keempat serial Jack Sparrow, kali ini directornya Rob Marshall, yg biasanya bikin film musikal. Tanpa karakternya Orlando Bloom sama Keira Knightley, gw tadinya ngerasa film ini ga seru, dan kurang lah.
Ceritanya, Jack Sparrow (Johnny Depp) ketemu dengan cinta lamanya, si Penelope Cruz, dan kemudian ikut serta dalam kapalnya Blackbeard (Ian McShane) untuk nyari Fountain of Youth, yg katanya bisa memberikan keabadian. Petualangan mereka juga melibatkan Barbossa (Geoffrey Rush) yg ingin balas dendam ke Blackbeard, mermaid, dan armada Spanyol yg juga mencari fountain of youth.

Menurut gw, ceritanya ga terlalu nendang. Penelope Cruz menurut gw ga jelas perannya, ga gitu bagus. Gw lebih tertarik sama subplot mermaid dan si pendeta muda yg saling jatuh cinta. Rating: 8/10.

4. Transformers: Dark of the Moon


Di film ketiga yg sedikit ngutak-atik sejarah tentang pendaratan di bulan, ceritanya misi apollo 11 itu dikarenakan NASA mendeteksi adanya pesawat alien di bulan. Tak lain tak bukan adalah The Ark, pesawat dari Cybertron, planetnya Autobots dan Decepticon. Decepticon berhasil mancing Autobots, sehingga akhirnnya mereka tahu tentang Ark yg dirahasiakan oleh pemerintah USA. Mereka pergi ke bulan dan bawa pulang Pillars, semacam perangkat transporter, dan Sentinel Prime, Autobots yg tertidur lelap dalam misinya membawa Ark. Sentinel kemudian berkhianat dan diketahui bekerja sama dengan Megatron. Dengan pilar di tangan, mereka membuka portal ke Cybertron dan mendatangkan armada robot untuk menginvasi bumi.

Well, ceritanya lumayan sih. Dan karakternya Optimus makin tangguh. Lihat di bagian akhir, ketika dia tanpa ampun membunuh Megatron dan Sentinel. Yg gw ga suka adalah karakter Sam yg makin lebay, dan joke2 ga penting yg ngerusak filmnya dan kesannya ga serius. Dan tentang Rosie Huntington-Whiteley yg gantiin Megan Fox, well, tugas dia emang bukan akting, tapi buat lenggak lenggok pamerin tubuhnya. Rating: 7,5/10.

5. Captain America: The First Avenger


Akhirnya nonton juga. Ga lengkap rasanya udah nonton The Avengers tapi belom nonton Captain America. Ceritanya Steve Rogers (Chris Evans) yg badannya kurus kecil itu maksa banget pengen jadi tentara tapi selalu ga diterima. Sampe kemudian dia diterima untuk proyek eksperimen super soldier. Rogers terpilih karena terlepas dari masalah fisik, dia punya kepribadian yg sangat terpuji. Leadership, setia kawan, gentleman, semua ada di dia. Setelah disuntik dan jadi Captain America, dia ga langsung terjun ke perang, tapi jadi bahan kampanye senator. Tapi akhirnya kesempatan dia tiba, dan dia berhasil nyelamatin para tawanan dari markas HYDRA. Dan seterusnya, mereka memburu Hydra, Captain bertarung dengan Red Skull, dan pesawatnya crash di es.

Solid film. Bagus. Rating: 8,5/10.

6. The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 1


Film ini jadi salah satu pilihan, karena gw udah nonton yg Part 2, jadi Part 1 jangan dibiarin lama-lama. Ceritanya cukup datar sih, sampe pertengahan. Bella nikah sama Edward, trus bulan madu. Yah, PG13 ke atas lah. Lalu masalah dimulai ketika Bella hamil, dan perutnya cepet banget membesar, dan fisik Bella melemah karena si bayi nyedot energinya. Ditambah-tambahin masalah dengan pack wolvesnya Sam yg pengen bunuh si bayi karena mengira bayi itu berbahaya.

Yah, lumayan lah. Rating: 7/10.

7. Hugo


Salah satu film unggulan Oscar. Sutradara: Martin Scorsese. Hugo Cabret (Asa Butterfield) tinggal di stasiun, tugasnya maintenance jam di sana. Dia juga punya misi memperbaiki automaton (semacam robot) peninggalan ayahnya, karenanya dia mencuri komponen2 dari tokonya Papa Georges (Ben Kingsley). Nah, dari ketekunan Hugo inilah, kemudian terkuak rahasia. Automaton itu adalah buatan Georges, yang kemudian diketahui adalah sutradara andal yang sudah membuat ratusan film, tapi sekarang berhenti. Hugo, dibantu dengan cucu Georges, Isabel (Chloe Moretz), berusaha membangkitkan Papa Georges untuk kembali menjadi pembuat film.

Keren dan bikin terharu. Karakter2 pendukungnya semua bekerja sama demi papa Georges. Rating: 9/10.

8. Mission Impossible: Ghost Protocol


Salah satu misi IMF mengalami kegagalan karena agen mereka dibunuh oleh assassin. Paket berisi kode nuklir Rusia pun terancam jatuh pada Cobalt (Michael Nyqvist), teroris yg menyamar jadi ahli nuklir Rusia. Ethan Hunt (Tom Cruise) pun dipanggil untuk mengatasi masalah ini dengan timnya yg sekarang, Jane (Paula Patton) dan Benji (Simon Pegg), dan kemudian dibantu oleh Brandt (Jeremy Renner). Usaha mereka di ambang kegagalan, karena ulah Cobalt, mereka dituduh meledakkan Kremlin. Ghost Protocol diberlakukan, IMF dibubarkan dan operasi mereka ga diakui. Lebih gawat, Sekretaris IMF terbunuh. Sementara mereka mesti mencegah Cobalt yg berupaya meluncurkan nuklir Rusia yg akan memancing perang nuklir dengan US.

Keren dan seru banget. Meskipun rada mustahil, karena kali ini misi mereka makin sulit, dan mereka 99% di ambang kegagalan, rudal udah diluncurin. Pokoknya serba tipis lah keberuntungan mereka. Rating: 8,5/10.

9. Tinker Tailor Soldier Spy


Ada mole di dinas rahasia Inggris, dan berada di level atas. George Smiley (Gary Oldman), yang baru saja diberhentikan dari Circus akibat ada misi yg gagal di Hungaria, diminta untuk menyelidiki permasalahan ini. Fakta-fakta digali, dan diketahuilah motif-motif yang beredar, dan siapa mole itu.

Film khas British, dan isinya aktor2 ternama Inggris. Keren. Jadi favorit gw sekarang. Nanti perlu dibikin review sendiri kayaknya. Rating: 8,5/10.

10. The Artist


Film yang memenangkan Oscar sebagai Best Picture 2011. Menceritakan tentang dunia film. George Valentin (Jean Dujardin) adalah aktor silent film yg sedang berada di masa jayanya. Dia bertemu dengan Peppy Miller (Berenice Bejo) yg merintis karier di dunia film. Dimulai dari ekstra, karier Peppy semakin meningkat, dan dia menjadi bintang utama di setiap filmnya. Sementara, George karirnya meredup seiring meredupnya silent film yg tergantikan oleh talkies (film dengan suara dan dialog). Situasi yang kontras antara George dan Peppy yang berusaha membantu George. Kemunduran ini sampe menyebabkan George bangkrut dan mencoba bunuh diri. Hingga Peppy berhasil mencegahnya, dan mengajak George kembali ke dunia film, menerima perkembangan.

Nuansanya bener2 film jadul, black and white, dan silent pula. Silent film yang bercerita tentang berakhirnya masa silent film. Ada semacam ironi dalam film ini. Bagus, tapi gw ngerasa ini pas sebagai film terbaik. Rating: 8,5/10.

Sampai bertemu di review selanjutnya. (kalo ada)

No comments:

Post a Comment