Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, March 09, 2014

basketball team

Dig deeper, and you may not like what you find.

Kemarin2 gw makin sering nyari-nyari info tentang JKT48. Kemudian juga ikut penasaran tentang beberapa hal, dan cari tahu lagi. Seperti misalnya kemana ya Cleo, member yg dulu keluar. Atau tentang status traineenya Novinta, trus istilah senbatsu, dll. Kayaknya gw udah ngubek2 terlalu jauh deh, sehingga gw menemukan hal2 yg ga begitu gw suka.

Sudah ada lumayan banyak sih member yg keluar dari JKT48. Yg kemaren2 kan Cindy Gulla, sebelumnya Stella yg maen di Bima Satria Garuda. Meskipun gw sempet bingung tentang masalah keluarnya Cindy, soalnya di web officialnya disebut kalo Cindy sudah melakukan hal yg ga sesuai dengan peraturan. Hah? Tapi kayaknya baik-baik aja, normal, yg laennya pun mengucapkan good bye to cindy. Pas Stella keluar pun kayaknya baik2 aja. Yg bikin penasaran adalah Cleo. Karena begitu gw cari2 artikelnya, gw baru inget kalo taun lalu emang sempet rame kan masalah keluarnya dia. Yang katanya ditekan sama manajemen lah, embuh lah, atau karena Cleo yg, maaf, emang rada sok sama kemampuannya. Katanya Cleo waktu audisi dapet 2 bintang (nilai terbagus yg didapat di antara yg lain), jadi mungkin dia merasa dia hebat, takutnya gitu. Dan liat2 episode jkt48 school sih emang dia penampilannya beda, udah dandan, rambutnya dilurusin dll. Paling kinclong sendiri sementara yg lain masih pada bocah2 penampilannya.

Kepikiran juga dengan trainee. Kok mereka ga masuk tim? Ada tim J dan tim K, dan ada beberapa orang sisanya yg ga masuk kedua tim itu, dan statusnya trainee. Di antaranya Novinta (Nobi) yg waktu itu siaran di OZ bareng Jeje. Entah ya, kok gw jadi perhatian ke semuanya sih, padahal awalnya kan cuma Ayana. (belakangan gw baru tau peran mereka, tapi nanti ya). Ya jadi begitu, jadi kepikiran sama trainee ini.

Berikutnya gw jadi nyari2 istilah senbatsu. Itu artinya yg masuk dalam tim yg tampil di single2 terbaru, yg official. Ya kan ga semuanya juga tampil dan dapet spotlight. Yg jelas jadi langganan sih udah pasti the Holy Trinity Melody-Nabilah-Haruka, kalo ada yg keempat ya Shania. Ayana juga sering masuk, Ve juga, tapi Ayana biasanya di baris belakang, supporting aja. Jadi kepikiran kalo selama ini mereka bersaing buat dapetin tempat di senbatsu. Lagi2 ngerasa ga enak, sementara fans sibuk mendukung, kesannya manajemen memanfaatkan dan menjadikan fans dan member sebagai mesin. Trus gimana dong dengan member lain yg ga pernah dapet jatah tim senbatsu. Kayak Jeje, Sendy, Ghaida, itu sebenarnya jarang ya. Trus nemu postingan siapa ya waktu itu, tentang alasan pemilihan anggota senbatsu, tentang beberapa member yg perkembangannya ga begitu bagus. Lagi2 kepikiran.

Hal ini sempet bikin gw bingung, rada mikir. I don't like this situation. Segala persaingan, yg tersisihkan, dan sebagainya. Kepikiran lho.

Hingga kemudian gw coba mikir lebih jernih, dan ngambil segi positifnya. Gw berhasil menemukan perumpamaan yg pas untuk grup ini, yaitu...
a basketball team (dibold ya)

Inget Slam Dunk aja, ada pemain2 utama kayak Sakuragi, dan ada pemain cadangan. Begitu juga dengan JKT48. Di antara sejumlah member itu, dibagi jadi tim J dan K (kayak tim utama dan cadangan). Posisi di tim juga sama aja kayak posisi di basket atau sepakbola, atau penyerang, pemain bertahan, yg tugasnya berbeda, dan yg jelas ada yg lebih penting tugasnya. Kayak penyerang, itu misalnya member yg tampil di depan. Lalu yg lainnya, walaupun di belakang, mereka tetap anggota tim yg saling mendukung, seperti halnya di basket. Ada yg bertahan, memberi umpan, dsb, walaupun yg dapet perhatian lebih pastinya yg pemain depan yg cetak banyak poin.

Jelas ada persaingan untuk tampil di tim inti seperti senbatsu. Sakuragi juga awalnya kan cuma cadangan. Tapi mereka bergantian, saling mengisi kalo ada yg cedera ato kecapekan. Yang penting demi tim. Line up senbatsu anggap aja starting line up, dipilih yg terbaik. Cukup fair lah.

And they still making friends and have fun. Ya sama seperti di tim, ada yg temenannya ama yg itu2 aja, jadi kelompok2 kecil, tapi di tim basket juga gitu kan. Ada yg menjangkau semua pemain, ada yg membentuk lingkaran2 sendiri, ya secocoknya ama mereka lah.

Gw juga sempet kepikiran, apa mereka ga bisa menikmati kehidupan remaja ya, yg biasanya ikutan ekskul dll. Tapi ya grup inilah kehidupan mereka, aktivitas yg lebih dari sekedar ekskul, dan mereka punya teman, yg deket kayak saudara mungkin di sana. Jadi, it's all fine actually.

Pressure juga ada lah ya pastinya. Manajemen itu kayak pelatih yg berusaha supaya pemainnya berjuang keras dan jadi lebih baik. Kadang ada yg ga cocok dan ga kuat, lalu berhenti dan keluar seperti Cleo, ya itu wajar juga. Kadang ada juga pelatih atau staf yg keterlaluan, ya tapi itu oknum, dan secara keseluruhan tujuan mereka baik.

Lalu masalah trainee, kayaknya gw baru ngerti tentang peran mereka. Kalo tim J dan tim K itu tim utama dan cadangan, trainee ini adalah pemain cadangan yg siap bermain buat gantiin member yg berhalangan, baik itu di tim J ataupun K. Kayak misalnya kalo Jeje atau siapa gitu ga bisa ikutan karena ujian, posisinya diisi sama trainee. Jadi peran mereka tetap penting, meskipun mungkin waktu tampilnya ga sebanyak yg laen. Kayak Kogure (siapa itu di Slam Dunk yg pake kacamata)

Like a basketball team, kan. They're all fine.

Anyway, kalo ada yg salah, mohon dimaklumi dan dikoreksi ya, soalnya gw masih baru dalam topik ini.

No comments:

Post a Comment