Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, March 09, 2014

[Review] The X-Files (season 5)

Agents Mulder and Scully
Season 5 ini berisi 20 episode, yang kemudian secara kanon akan disambung dengan The X-Files movie yg tahun 1998 itu, dan lanjut ke season 6. Menurut gw sendiri, season ini bisa jadi season terbaik X-Files.

Season ini dibuka dengan kelanjutan di episode akhir season lalu. Mulder memalsukan kematiannya, dengan bantuan Scully yg ngasih kesaksian palsu bahwa mayat yg ditemukan itu Mulder. Padahal itu mayatnya Scott Ostelhoff, anak buah Sindikat yg kerja di DoD (departement of defense). Mulder menyusup ke DoD buat nyari info tentang hoax yg disebut2 Michael Kritschgau. Kritschgau ini pengacau yg ngasihtau Mulder kalo selama ini segala macam hal tentang alien dan UFO yg dikejarnya itu cuma hoax buat nutupin proyek rahasia pemerintah. Mulder juga sekalian nyari obat penawar buat nyembuhin kankernya Scully yg katanya ada di dalem DoD.

Ada hal menarik juga tentang Smoking Man, yg begitu mendengar Mulder mati, keliatannya sedih, dan dia kesel ke pimpinan Sindikat, kenapa Mulder dibunuh. Tapi begitu tahu Mulder masih hidup, dia jadi lebih seneng gitu, bahkan nawarin deal ke Mulder, bakal ngasih segala info yg selama ini Mulder cari, plus obat buat Scully, plus Samantha, tapi Mulder gabung dengan dia, kerja untuk dia (dan Sindikat). Wah, ini mah ide yg kepikiran ama gw dari season sebelumnya. Tapi ya orang macam Smoking Man ini agak riskan, jadi Mulder menolak.

(First Elder) dan The Smoking Man
Akhirnya Scully yg kondisinya memburuk berhasil sembuh, mungkin juga dengan air ionik yg ditemukan Mulder sebagai obatnya. Orang dalam FBI yg bekerja pada Sindikat dan mata-matain Mulder pun ketauan. Bukan Assistant Director Skinner yg tadinya dicurigai sama Scully, tapi Section Chief. Oke, beres lah sementara.

Episode ketiga bahas tentang sejarahnya The Lone Gunmen terbentuk, beberapa tahun sebelumnya, waktu mereka terlibat sama Susanne Modeski yg dicari2 FBI, yg nanganin Mulder waktu itu, dan mereka jadi bekerja sama setelahnya. Boleh juga ini episodenya, dan yg jadi Susanne Modeski ini cakep juga.

Susanne Modeski
Episode Monster of the Week berikutnya. Kasus menghilangnya orang2 di hutan, diduga karena mahluk yg bisa menyamarkan tubuhnya di hutan (eps 4). Kasus tentang mahluk semacam Frankenstein yg menghamili beberapa wanita di sebuah kota. Episodenya diset hitam putih, unik juga (eps 5).

Berikutnya episode Scully yg dapet bisikan dari kakaknya yg udah mati, untuk nyelidikin kasus yg melibatkan anak kecil, Emily, yg entah darimana, anak kandungnya. Rupanya hasil dari penculikannya oleh alien, atau gimana lah, pokoknya ada mahluk2 mencurigakan yg bisa mengubah wajah (eps 6 &7).

Berikutnya lanjutan kasus Pusher Modell yg di season 3. Tapi kali ini yg jadi penjahatnya adalah saudara kembarnya si Modell, sementara Modell sendiri kayaknya sudah insaf (eps 8).  Kemudian ada kasus pohon iblis yg bisa membunuh orang, dan ada orang yg keliatannya punya kekuatan untuk mengendalikan pohon-pohon itu (eps 9). Kasus pembunuhan di kota kecil yg didalangi oleh boneka jahat yg hidup (eps 10). Episode 10 ini melibatkan Stephen King sebagai salah satu penulisnya.

Episode2 aneh dan menarik kembali muncul. Opening yg keren tentang bagaimana beberapa penjahat dan drug dealer dikumpulkan di satu tempat dan saling tembak. Ternyata kasus yg berhubungan dengan hackers yg berusaha mematikan suatu AI yg udah canggih (eps 11). Keren juga ceritanya. Episode berikutnya ga kalah keren. Tentang vampir di kota kecil lagi, tapi uniknya, diceritain masing2 dari pov Scully, trus diulang lagi oleh Mulder (eps 12). Kayak Rashomon gitu. Ini salah satu episode yg gw inget waktu dulu nonton di tv, malem2 pula kan.

Cassandra Spender
Episode 13 & 14 kembali tentang alien dan UFO. Epic episodes. Mulai dari munculnya karakter baru, lalu karakter2 yg saling berhubungan, dan perkembangan plot yg wow. Cassandra Spender muncul sebagai orang yg berkali2 diculik alien, tapi dia kayaknya fine2 aja, malah seneng, soalnya dia dapet banyak pengetahuan dari mereka. Lalu ada Jeffrey Spender, anaknya Cassandra, yg agen FBI juga, dan dia ga suka sama Mulder dan X-Files karena reputasinya. Scully ikut berempati dengan Cassandra karena sama2 korban penculikan. Lalu ada plot utama tentang pembantaian para abductee ini oleh ras alien yg lain. Jadi mereka para korban penculikan itu dikumpulkan di suatu tempat, mungkin jadwal penculikan berikutnya, tapi yg dateng malah kaum alien rebel yg membakar mereka semua. Sadis juga sih. Kayaknya ini jenis yg lain dengan yg nyulik para korban, yg nawarin deal dengan Sindikat. Anggota Sindikat juga stres karena rencana deal mereka dengan alien adalah, mereka menyerahkan bumi ke alien untuk dikuasai, tapi mereka tetap dapet posisi penting, dan ga ikut dijadikan budak. Paling ga mencegah agar ras manusia tidak dimusnahkan.

Jeffrey Spender
Mereka sebenarnya sudah berusaha mengembangkan vaksin untuk mengatasi black oil, yg kayaknya senjata utama para alien ini untuk menginfeksi manusia. Sementara Sindikat belum berhasil membuat vaksin, kelompok di Rusia keliatannya sudah berhasil, ya soalnya metode mereka lebih parah sih, dan lebih intens. Krycek yg di Rusia kemudian kabur bersama seorang anak yg jadi percobaan black oil, dan datang ke Sindikat untuk menawarkan deal. Keadaan jadi ribet, karena Marita Covarrubias yg anggota Sindikat, kayak punya aliansi tersendiri sama Krycek, tapi abis itu berkhianat lagi, dan kabur sendiri dengan si anak, dan jadinya dia malah kena terinfeksi sama black oil.

Nah, sementara First Elder dan anggota Sindikat yg lain mencoba membunuh alien rebel sebagai deal dengan alien yg mau invasi, si Well-Manicured Man berkeras untuk menguji vaksin yg didapet dari Krycek ke Marita. Hasilnya agak lambat sih, tapi terbukti berhasil. Mereka sebenarnya bisa melawan, sayang cuma dia doang yg percaya. Nasib WMM berikutnya berakhir di The X-Files movie, dimana anggota Sindikat yg lain memutuskan untuk melenyapkannya. Oiya, si Smoking Man kemana? Di episode awal, dia juga dilenyapkan sama Sindikat karena nyoba bantuin Mulder. Tapi sebenarnya dia masih hidup dan bersembunyi di pegunungan salju.

Yg juga bagus dari episode ini adalah, Mulder yg tadinya berubah jadi skeptis, ga percaya sama alien dan UFO. Bahkan setelah Scully sempat terancam karena ikut bersama para abductee yg dibantai sama alien rebel. Yg menyadarkan Mulder kembali adalah.. Krycek. Aneh kan? Krycek malah berlaku seperti halnya teman Mulder, yg mengingatkan dia kalo mereka harus berjuang mencegah invasi alien. Gw sampe bengong ngeliat Krycek kok jadi perhatian gitu.

Balik ke Monster of the Week. Flashback tentang kasus pertama X-Files, yg melibatkan agent Dales, dan Bill Mulder (eps 15). Keren juga ini. Lalu ada kasus wanita buta yg bisa menerima vision dari seorang pembunuh (eps 16). Lalu kasus kematian gadis2 kembar yg handicap, oleh iblis? (eps 17). Episode yg semacam Constantine gitu, yg menurut gw ga cocok buat jadi X-Files. Terlalu berlebihan bawa2 devil dan angels. Lalu ada Mulder yg menyusup ke kelompok teroris yg punya senjata biologis (eps 18). Ga begitu jelas maksudnya apa. Lalu kasus penyanderaan di sebuah perusahaan karena salah satu karyawannya mengalami delusi tentang monster serangga (eps 19). Menarik juga episode ini.

Gibson Praise
Dan akhirnya episode terakhir, yg adegan pembukanya keren banget. Pertandingan catur antara bocah dan grand master Rusia, berujung kematian pecatur itu oleh assassin. Akhirnya kita bertemu dengan Gibson Praise, bocah yg bisa membaca pikiran orang. Ini juga salah satu episode yg gw inget. Agent Spender nongol lagi, kali ini makin menyebalkan karena dia jelas2 seteru dengan Mulder. Dan ada kemunculan Diana Fowley, agent FBI yg dulu pernah deket sama Mulder, dan bikin Scully cemburu. Mereka bertiga, Mulder, Scully, dan Fowley bertugas giliran nemenin Gibson, dan yg sial adalah Fowley karena pas gilirannya dia ketembak, dan Gibson dibawa pergi sama Smoking Man.

Diana Fowley
Yup, Smoking Man back. Dia diminta lagi sama Sindikat, yg notabene mencoba melenyapkan dia, buat nyulik Gibson. Yg aneh dari episode ini, sekarang Krycek bekerja pada Well Manicured Man. Krycek yg dateng ke Kanada buat jemput Smoking Man.

Alasan Sindikat menculik Gibson masih belum jelas, katanya juga Gibson genetiknya mengandung gen alien, entahlah, makanya ada potensialnya yg berkembang, bisa baca pikiran orang dsb.

Di akhir episode, ruangan kerja Mulder, juga kantornya X-Files, dibakar sama Smoking Man. SM juga ketemu dengan Spender dan mengaku kalo dia adalah ayahnya. X-Files pun ditutup. The end.

the end of the season
Pokoknya keren lah season ini. Episode2 regulernya banyak yg bagus2, humornya makin banyak. Sementara episode aliennya juga makin ribet dan menarik.

No comments:

Post a Comment