Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, March 25, 2014

[Review] True Detective


Cast:
Matthew McCounaghey as Rustin Cohle
Woody Harrelson as Martin Hart

with
Michelle Monaghan as Maggie Hart

True Detective adalah serial baru yang ditayangkan HBO tahun ini, cuma 8 episode aja. Meskipun baru, tapi rencananya, tiap season akan berisi kasus yg berbeda, dan tokoh yg berbeda juga. Menampilkan dua detektif polisi, Cohle dan Hart, yg menangani kasus pembunuhan freak bergaya ritual di tahun 1995. Kasus yg kelihatannya berhasil mereka selesaikan, tapi ternyata belum usai, dan di tahun 2012 terjadi kasus serupa, dan mereka kembali untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Porsi penting dari serial ini selain kasusnya, adalah karakter utamanya, yg dibawakan dengan gemilang oleh McCounaghey yg memang tampil cemerlang di tahun ini, dan Woody Harrelson. Rustin Cohle adalah detektif yg cerdas, tapi antisosial, dan punya pemikiran berbeda dengan orang2 kebanyakan.

"I consider myself a realist, but in philosophical terms, I'm what's called a pessimist."


Rust tidak punya teman dan tidak berusaha untuk mencari teman, dan berpendapat bahwa eksistensi manusia adalah sebuah kesalahan, dan hal2 aneh lain yg ada di pikirannya. Mirip Sherlock, cuma yg versi ekstrim. Di luar itu, Rust adalah detektif yg sangat pintar dan kapabel dalam melakukan tugasnya, bisa membaca ekspresi orang, dan kadang menggunakan metode yg tak lazim. Juga ga terlalu peduli dengan peraturan. Who doesn't like him? Iya, pasti pada suka sama karakternya. Tapi kalo ditanya mau niru seperti di kehidupan nyata? mesti banyak yg diem (dan gw tunjuk tangan).

Rust di tahun 2012

Sementara Hart adalah polisi biasa, orang normal kebanyakan, kebalikan dengan Rust, dan gampang berkawan dengan orang lain. Punya keluarga yg normal, istri yang cantik dan dua orang putri. Kekurangannya adalah, Hart berselingkuh. Tidak hanya sekali, bahkan dua kali dengan gadis yg lebih muda darinya. Perselingkuhan keduanya menyebabkan perceraiannya di tahun 2002. Hart menjadi partner Rust, dan boleh dibilang, satu-satunya teman yg dimiliki Rust, walaupun Hart eneg dengan semua pemikiran Rust.

"You don't pick your parents, and you don't pick your partner."
"I just want you to stop saying odd shit, like you smell a psycho's fear or you're in someone's faded memory of a town. Just stop."

Anyway, about the case. Hart dan Cohle dipanggil untuk menangani kematian seorang wanita di sebuah padang rumput, dimana mayatnya diletakkan di depan pohon dalam posisi yang aneh, dengan tanduk rusa di kepalanya, simbol di punggungnya, dan beberapa ornamen ranting kayu di sekelilingnya. Wanita itu bernama Dora Lange, dan dia bukanlah satu-satunya korban, begitulah yg diyakini Rust.

kasus pembunuhan Dora Lange

Penyelidikan mereka membawa mereka mengelilingi Louisiana, dan berhadapan dengan para penduduknya yg masih lokal banget, kultur yg cukup kental, ah pokoknya gitu lah. Cukup seret juga penyelidikannya. Semakin dalam mereka menyelidik, banyak hal yg terusik. Gereja, para pendeta, organisasi keagamaan, sekte2, kasus anak-anak yg hilang, juga pemegang kekuasaan di daerah tersebut yg terpusat pada orang-orang tertentu.

Mereka akhirnya berhasil menyimpulkan kalau pelakunya adalah Ledoux bersaudara, yg juga menjadi peracik obat-obatan crystal meth atao apalah buat geng motor. Mereka menyerbu kediaman Ledoux dan berhasil menangkap mereka, tapi kemudian membunuh kedua pelaku karena Hart marah setelah melihat ada korban lain di rumah itu. Kasus dianggap selesai, dan mereka menjadi pahlawan.

Tapi ini tidak membuat Rust puas, karena masih banyak kasus2 orang hilang yang belum diselesaikan. Diam-diam dia melakukan penyelidikan sendiri, sementara Hart kembali ke keluarganya, setelah sebelumnya perselingkuhannya membuat istrinya mengusirnya dari rumah.

Di tahun 2002, Rust yg makin gencar dengan penyelidikannya mendapat peringatan karena sudah mengusik orang2 besar di daerah tersebut. Sementara Hart kembali berselingkuh, dan kali ini Maggie, istrinya, sudah muak. Maggie pergi ke tempat Rust dan menggodanya dan berselingkuh dengan Rust yg lagi mabok. Hal ini membuat Hart marah dan berkelahi dengan Rust. Rust kemudian berhenti dari kepolisian dan menghilang, sementara Hart bercerai dengan Maggie. Mereka tidak pernah melakukan kontak lagi sejak itu.

2012, Rust dan Hart masing2 dipanggil oleh dua polisi, Papania dan Gilbough yg ingin menanyakan tentang kasus yg dulu mereka tangani, sehubungan dengan kasus serupa yg akhir2 itu muncul kembali. Dua polisi itu juga mencurigai kalau Rust terlibat karena sering muncul di lokasi kejadian. Tentu saja kita tahu Rust tidak bersalah. Rust kemudian menemui Hart lagi dan meminta bantuannya untuk menyelesaikan kasus yg belum selesai ini. Kembali mereka yg sudah bukan polisi (Hart jadi private investigator/swasta) menyelidik.

Rust dan halusinasinya
Rust yg bergelut dengan si pelaku

Kata kunci yg terus berputar2 dan sering mereka dengar dari para saksi yg mereka temui berkisar pada The The Yellow King, the man with the scar, dan Carcosa. Mereka pun berhasil mengetahui siapa pelaku lain (selain Ledoux), yg juga sebenarnya pelaku utama, otak di balik semua kasus pembunuhan yg tidak terungkap dan tidak ada beritanya. Ketika mendatangi kediaman pelaku, barulah mereka menemukan si orang dengan bekas luka di wajahnya, dan Carcosa, dan mereka hampir kehilangan nyawa untuk menaklukkan si pelaku.

-OoO-

Seperti halnya serial HBO yg lain, True Detective tidak lepas dari adegan2 vulgar dan nudity. Beberapa guest star, yg ga pernah terbayangkan bakal nude, tampil nude di adegan tertentu. Yg bikin kaget misalnya Alexandra Daddario yg sebelumnya main di film Percy Jackson. Atau Lili Simmons, yg juga jadi selingkuhannya Hart. Pokoknya si Woody Harrelson ini kebagian adegan ranjang sama selingkuhannya terus lah. Juga ada guest star singkat dari Elizabeth Reaser, yg kita kenal sebagai Mama Cullen di seri Twilight.

si pelaku di tahun 1995 (eps 3)
si pelaku di tahun 2012 (eps 7)

Terakhir, waktu di hospital, Rust baru inget kalo dia udah pernah ketemu dengan si pelakunya, Erroll Childress, dulu di tahun 1995, si lawnmower. Gw juga inget sih kalo ada lawnmower, tapi gw kirain beda sama lawnmower yg nongol di akhir episode 7. Si pelaku cuma nongol di 3 episode, di eps 3 sebentar, trus di akhir eps 7, dan eps 8. Ga cuma Rust, yg nonton juga mungkin ga begitu nyadar.

Kesimpulannya, kalo mau nonton serial yg kuat di karakternya, tontonlah True Detective. Keren banget pokoknya Rust dan serial ini.

No comments:

Post a Comment