Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, June 20, 2013

Jalan2 di hari Senin

Awalnya, sejak minggu lalu gw merencanakan untuk nonton Man of Steel di blitz, pas morning show, selesai jadwal ngantor. Apa mau dikata, ternyata MoS ga ada morning show-nya, at least utk hari ini. Ditambah lagi minggu itu gw baru kena pilek, jadinya gw minta digantiin hari minggu malem itu, biar dituker besoknya. Jadi sekalian ke blitz dulu sorenya, baru abis itu ke kantor. Begitu rencana awalnya.

Senen pagi itu gw ngetwit kalo MoS ga ada morning shownya di blitz GI. Nah, ga taunya malah diajakin bella buat jalan2 ke kota tua hari itu, bareng puput. Pas gw tanya kapan, katanya pagi ini. Laaah, mendadak banget. Iya gw udah denger kemaren2 dua anak itu mau ke sana, tapi ga nyangka kalo waktunya senen pagi. Gw sempet mikir dulu, mau ikut ato engga. Lagi jam 9 kurang, belom mandi, hape batre mau abis, lagi di tengah2 nonton film, dan memperhitungkan masih nanti sore nonton, trus ke kantornya. Yaudahlah, akhirnya segera bergegas mandi dan berangkat ke stasiun. Dengan rencana pulang besok pagi, karena sekaligus ke kantor malemnya.

Acara ini banyak menemui kendala. Kendala pertama yg gw temui, kereta berhenti lamaa banget sebelum stasiun pasar minggu, itu jam 10 kurang. Sepuluh menit lebih ga jalan, gw search di twitter tentang pasar minggu. Ternyata, ada bis ketabrak kereta di perlintasan rel, makanya jalan ga bisa dilewati, macet, dan perjalanan ka mandeg. Waduh. Selagi orang2 banyak yg turun dan jalan, lanjut naek kendaraan laen, gw masih mikir, dan akhirnya sambil duduk di tempat yg kosong (karena ditinggalkan penumpangnya). Mau pulang, nanti makan waktu paling ga sejam. Lanjut, ga jelas nyampenya kapan. Mau bilang batal ikutan, tapi nanti kalo kereta nyampe kan bisa nyusul. Intinya males pulang lagi sih. Akhirnya duduk dan ngeluarin buku, lumayan baca satu bab.

Setelah sejam lebih, tak disangka keretanya jalan lagi. Optimis lagi. Sampe stasiun kotanya akhirnya jam 12 gitu, dimana bella dan puput nunggu sambil makan di salah satu kedai. Tak berapa lama, kita pun mulai jalan ke kota tua. Dari stasiun kota, keluar dan jalan di pinggiran yg melingkarinya, lalu masuk ke terowongan/jalur bawah, yg nembus ke kawasan sebrangnya. Soalnya jalanannya ramai dengan kendaraan dan busway.


Jalan2 sebentar, sampeilah di kota tua. Sebuah area seluas mall yg dilapisi ubin hitam sebagai penanda, dan berisi gedung2 yg terlihat kuno, dan museum-museum. Rencananya adalah ngelilingin museum buat ngisi waktu. Sayang beribu sayang, ada kendala berikutnya.

Di Jakarta sedang hujan, dan siang itu gerimis terus turun, jadinya jalan agak becek. Kendala lain adalah museum-nya pada tutup. Begitu ditanya ke petugas yg jaga, ternyata dia bilang kalo museumnya tutup hari senen, dan buka di hari2 lainnya. Yaah, kenapa mesti senen pas kita ke sana yah? Kenapa ga liburnya selasa ato jumat gitu?? Jadilah karena ga bisa masuk museum, cuma jalan2 keliling kawasan kota tua, sambil ujan-ujanan karena gerimis.


Sudah seperti anak2 nyasar tanpa tujuan karena museumnya tutup, akhirnya kita berteduh dulu di alfamart di situ. Baru tau kalo ternyata ada bangku buat duduk kyk di sevel. Lumayan lama juga di sana, hampir sejam duduk2 sambil nunggu ujan reda. Abis itu lanjut keliling2 lagi sebentar, dan kembali ke depan museum fatahillah sambil nyari2 ide mau kemana selanjutnya. Mau ke mall, tapi ga jelas ada ato engga yg deket situ. Gw yg udah punya rencana ke GI, dengan semangat mengusulkan GI dan nonton. Tapi ga ada yg mau, jauh (karena naik bis trans) dan nontonnya mahal di blitz.


Tak disangka, ada hiburan juga siang/sore itu. Ada syuting Sketsa Trans Tv di depan museum Fatahillah. Lumayan juga buat ngisi waktu. Lalu tak disangka juga nemu penjual kerak telor. Nah, ini makanan yg sempet diributin di timeline karena belom pernah nyobain. Tapi ternyata di antara kita bertiga, cuma gw yg belom, jadinya gw doang yg beli. Rasanya, awalnya sih lumayan, tapi lama2 jadi eneg. Apa karena banyak ya, ato, nah ini, karena ga dikasih saos bumbu segala macem, jadinya hambar. Intinya, ga spesial2 banget. Harganya ga murah, 15ribu. Btw, kemudian pas kita nyampe monas, kita nemu penjual kerok telor lagi dong. Tapi gw ga tau apakah harganya lebih murah ato engga dibanding yg di kotu.


Habis itu, kita ke stasiun lagi, karena rencana selanjutnya adalah ke monas. Tadinya mengusulkan naek bus trans aja, karena kalo kereta kan sayang tarifnya. Tapi usul itu kemudian diabaikan karena ga tau jauhnya semana dari kota ke monas, dan kayaknya macet. Jadilah kita naek kereta lagi, tapi dengan bilang tujuannya ke juanda (stasiun sebelum gambir, biar deket ke monas), dikasihnya karcis dari jakarta kota - lingkar jakarta. Wah, ini artinya kalo gw mau ganti kereta di manggarai ke sudirman, ga usah bayar lagi. Kepikiran gitu. Tapi gw pilih ikut ke monas aja, ga usah buru2 nontonnya, entar yg jam 5 sore aja di blitz.

Dari kota ke juanda, naek keretanya sebentar, cuma 15 menit, dan itu masih jam setengah 4. Dari stasiun Juanda, kirain deket ke monas, ternyata enggak juga. Dan sepertinya kita salah milih jalan, ada dua opsi, ke kiri ato kanan, gw milih yg kiri yg agak melingkar. Ternyata jadi jauh, dan kira2 jalan setengah jam baru sampe monas. Sementara kalo lewat jalan satunya mungkin aja lebih sebentar. Tapi gpp, karena dengan lewat jalan yg lebih jauh ini, kita jadi ngelewatin Istiqlal dan Katedral yg bersebrangan. Baru kali ini gw liat Katedral, karena sebelumnya ke Istiqlalnya di sisi yg berbeda.


Akhirnya sampe di monas, dan karena sepertinya udah tutup, ga bisa masuk ke dalemnya, cuma jalan2 di seputarannya aja, sambil duduk trus foto2. Yah gw sih udah pernah naek ke atasnya, jadi ga begitu penasaran. Setelah puput akhirnya beli kaos yg dijual di sana, kaos yg jakarta2 gitu, yg mana juga pernah gw temui dijual di itc depok (dan gw juga beli satu), kita pun jalan lagi, tujuannya keluar monas trus pulang. Sementara gw berpisah jalan, karena ngejar ke blitz buat nonton.


Merasa bersalah juga karena ninggalin dua bocah itu, soalnya dari sana ke gondangdia ternyata jauh ya dan mereka kan belom tau tempatnya. Setelahnya baru gw tau kalo mereka naek bajaj ke stasiun juanda lagi, haha. Sementara gw jalan terus sampe ke depan wisma mandiri, dan naek bis sampe bundaran HI, dan bergegas ke GI.

Nontonlah Man of Steel yg jam 5, dengan studio 8 yg kapasitasnya lebih kecil dibanding studio 1 yg kaya stadion. Duduk dengan kaki yg berasa pegel dan capek banget karena dipake jalan terus. Filmnya lumayan bagus, dimana gw sempet ngantuk2, biasa terjadi kalo nonton film sore2. Setelah nonton, kaki dan badan masih pegel, dan pileknya mulai kambuh, tadinya mau makan dulu di kfc, tapi nemu yoshinoya. Gw terbiasa kalo ke margo, makan di situ, jadinya di situ aja, pake menu yg murah meriah.

Barulah setelah makan, turun dan keluar dari mall, dan ke kantor naek bis. Dan baru nyadar, metromini 640 ini adalah jenis bis sama yg tadi ketabrak kereta di pasar minggu. Gw baru ngeliatin kalo jurusannya pasar minggu-tanah abang. Lahhh. Mana ga ada kenek, bayarnya ke supir. Wah pantesan, kalo supirnya susah konsen, makanya sampe ketabrak kereta. Untunglah gw cuma mau naek bis dalam jarak dekat, ga mau jauh2. Ga enak soalnya.

Sampe di kantor sekitar setengah 9, ga bawa laptop, jadi cuma duduk2 aja sambil istirahat. Selesailah hari yg melelahkan ini.

1 comment:

Alex van Daniel said...

Memang asik tuh jalan-jalan ke kota tua, ga bosen-bosen kesana mah..
Di Monas juga sebenernya banyak fasilitasnya yang bisa dieksplore lebih dalam lagi

Post a Comment