Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, June 19, 2013

Upgrade ke K-Lite Codec Pack 9.95

Setelah sekian lama kukuh dengan Mega Codec Pack 4.75, akhirnya kemarin2 upgrade codec yg versi baru. Codec ini adalah tool yang diinstall untuk bisa nyetel file2 video atau film. Namanya ada yg K-Lite Codec, dan ada K-Lite Mega Codec, beda dikit sih. Sebagai user biasa, sama aja mau pake yg mana. Sebagai informasi, versi 4.75 itu keluaran taun 2008 kayaknya, sementara yg terbaru di tahun 2013 ini versi 9.95. Btw, installernya bisa didonlot, gampang dicari kok.


Alasan gw untuk ga upgrade sebelum ini karena, versi yg terdahulu itu udah oke, udah bisa play segala jenis video, bisa capture image, dan resize picture. Nah, ternyata akhir2 ini, kayaknya sejak Mei 2013, ada format file baru yg ga bisa disetel pake media player. Format lama sih, mp4, cuma encodingnya pake teknik baru gitu. Format ini yg dipake di video2 youtube yg baru, dimana kalo dulu donlotnya jadi flv, sekarang jadi mp4 dan m4u (video dan audionya, ternyata dipisah). Nah, sementara media player versi lama ga bisa muter jenis file ini, yg versi baru, bisa. Sebenarnya ga bener2 bisa sih, dia cuma bisa nyetel video, tapi audionya ga ikut. Soalnya ya itu, karena keduanya terpisah. Mungkin nanti di versi terbaru, udah bisa nyetel dengan suara.

(ah, siapa pula kan yg ciptain teknik encoding yg baru ini, bikin repot, hehe)

Lalu, bedanya dengan versi sebelumnya apa? Nah, ada beberapa hal yang jadi sulit diakses. Direct Vobsub yang dipake buat ngatur tampilan dan setting subtitle, ga dianggep, karena subtitle sudah langsung diurus sendiri sama playernya.

Kemudian, ffdshow video decoder, dimana di bagian ini bisa ngatur resize image, itu juga kayaknya ga bisa digunakan. Bisa sih, dimasukin ke external filter, tapi tetep aja ga ada efeknya.

Yang terakhir, masalah save image. Alasan utama gw mempertahankan versi 4.75 sekian lama karena saving imagenya menggunakan format penamaan otomatis[snapshotddmmyy dst], dari tahun, bulan, tanggal, jam, menit, detik. Simpel dan unik. Nah, di versi yg baru, penamaan filenya panjang banget, yaitu [namafile]-[timeframe di filenya]-[timestamp]. Contoh penamaannya seperti ini,

Apollo.13.1995.720p.BluRay.x264.YIFY.mp4_snapshot_01.28.59_[2013.06.18_17.27.14]

Panjang kan? Bandingkan sama versi sebelumnya, yg cuma akan dinamakan snapshot20130618172714. Sebetulnya, kalo ga mau nama filenya terlalu panjang, bisa aja tiap kali save, kita rename, tapi tentunya bakal nambah waktu lagi. Akhirnya solusi yg tepat adalah biarkan aja namanya panjang, toh ga terlalu berpengaruh banget, kecuali tampilan di mycomputer yg agak ramai. Selain itu, dengan adanya parameter tambahan timeframe, gambar2 yg disave nantinya akan berurutan secara kronologis.

Sementara masalah resize image, diikhlaskan aja, jadi ga perlu diresize supaya resolusi gambarnya diperkecil, ya dibiarkan aja sesuai ukuran aslinya, kalo gede ya gede.

Kalo mau lebih gampang sih, ya ga usah pake save image segala. Nonton ya tinggal nonton. Tapi emang gw yg nyari repot sendiri sih, maunya save image biar jadi gallery gitu, hehe.

No comments:

Post a Comment