Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, July 25, 2014

[Review] The X-Files (season 8)

Agent Doggett dan Scully
Season 8 menandai era baru dalam serial ini, dimana pemeran utama yang tadinya Mulder dan Scully, sekarang diisi karakter baru, yaitu Agent John Doggett yang diperankan sama Robert Patrick. Ditandai juga dengan opening creditnya yang gambarnya lebih update. Awal-awal dimana Agent Doggett bergabung dengan X-Files, orangnya kaku banget, dan banyak episode yang rada boring, karena sikapnya yg kaku ini. Tapi ga bisa dibantah, kalo Agent Doggett ini menjalankan tugasnya dengan serius dan bertanggung jawab. Gimana engga, dia baca satu-satu semua file kasus yg ditangani Mulder dan Scully. Semuanya, bro. Rajin amat. Tapi kekurangannya adalah, meskipun sudah jelas2 terjadi di depan mata, dia keras kepala banget dan ga mau ngakuin fenomena2 aneh khas X-Files. Yang juga bikin kesel adalah perlakuan Agent Scully (pada awalnya) ke Doggett, dimana Scully belom bisa percaya dan sering bergerak sendiri ato nyimpen rahasia. Dan sampe akhir, mereka manggilnya formal banget, selalu pake 'Agent' sebelum nama. Jadi manggilnya itu Agent Scully, Agent Doggett, ketimbang Scully atau Doggett aja. Kaku emang.

Tentang Mulder yang perannya menghilang, ini katanya berkaitan dengan kontrak David Duchovny yg ga diperpanjang. Tapi di tengah2 kontraknya lanjut lagi untuk bagian akhir season ini. Aneh lah pokoknya. Yang juga menghilang dari season ini adalah Smoking Man yang didorong dari tangga sama Krycek. Jadi, mayoritas isinya Doggett, Scully, trus sesekali Skinner, dan Kersh yg mengganggu. Mulder nongol lagi kemudian menjelang akhir, dan ada subplot baru tentang super soldier alien. Dan ada karakter antagonis baru pada Knowle Rohrer, temennya Doggett di intelijen. Dan Krycek nongol lagi. Dan ada agen lain temennya Doggett, yaitu Monica Reyes, yg sempet bantu mereka. Reyes ini yang akan gabung dengan X-Files dan jadi karakter utama di musim berikutnya.

List Episode X-Files season 8

1. Within
2. Without
3. Patience
4. Roadrunners
5. Invocation
6. Redrum
7. Via Negativa
8. Surekill
9. Salvage
10. Badlaa
11. The Gift
12. Medusa
13. Per Manum
14. This is Not Happening
15. Deadalive
16. Three Words
17. Empedocles
18. Vienen
19. Alone
20. Essence
21. Existence

Episode 1 merupakan kelanjutan dari Mulder yang di akhir season lalu diculik oleh UFO. Alvin Kersh yang baru naik pangkat jadi Deputy Director, membentuk tim untuk mencari Mulder, dan dia minta supaya Scully dan Skinner bekerja sama untuk membantu, tapi tetep aja dia ga mau menerima penjelasan tentang alien atau UFO. Tim ini dipimpin sama agen kepercayaannya Kersh, yaitu John Doggett. Pencarian mereka mengarah ke Arizona, dimana Gibson Praise, si bocah jenius dari season 5 berada di sana di tempat perlindungan. Doggett mengira Mulder bermaksud untuk mencari Gibson. Dan betullah, mereka bertemu Mulder.

Mulder yg jadi subjek tes
Episode 2. Doggett berhadapan dengan Mulder, yg kemudian berhasil kabur setelah menjatuhkan diri dari tebing. Dan ternyata itu bukanlah Mulder, melainkan alien bounty hunter yg bisa menyamarkan wujudnya. Dan masalah si alien yg bisa ngubah wujud ini menjadi masalah penting di episode ini. Aneh juga ya, dari dulu tapi baru sekarang ini dipermasalahkan banget. Sempet terjadi perselisihan karena si alien bisa nyamar jadi siapa saja, baik itu Doggett, Scully, atau Skinner. Doggett membawa Gibson ke rumah sakit, tapi si alien berhasil menyusup dan menyamar, melewati penjagaan. Scully berhasil mengetahui identitas alien dan menembaknya.

Deputy Director Kersh
Kersh yang nerima laporan Doggett ga puas dengan penjelasan alien dsb. Dia pun secara implisit menyuruh Doggett untuk tetap menyelidiki sampe dia nemu jawaban. Dan sejak itulah, secara resmi Agent Doggett ditugaskan di X-Files. Lalu dimana Mulder? Dia ada di dalam pesawat UFO, dan dijadikan bahan percobaaan.

Episode 3. Kasus pertama yang ditangani Agent Doggett di X-Files bersama Scully. Keliatan banget gimana Doggett awam banget dengan tema2 aneh seperti ini, meskipun dia adalah penyelidik yang bagus. Mereka menyelidiki kasus pembunuhan oleh mahluk kelelawar yang muncul lagi setelah puluhan tahun. Agak aneh, karena Scully yg dari dulu menjadi pihak yang skeptis, kali ini jadi pihak believer, dan harus meyakinkan Doggett untuk percaya. Di akhir episode, Scully sudah menerima keberadaan Doggett di X-Files.

Episode 4. Scully menyelidiki kasus menghilangnya orang di kota terpencil di tengah gurun, dimana para penduduknya ternyata menganut sekte tertentu, berkaitan dengan organisme parasit (kayak cacing, jijik pokoknya) yang mereka anggap sebagai nabi. Ga jelas banget pokoknya, semacam menggabungkan dua tema, tapi jauuh banget. Scully ditahan disana, buat jadi wadah buat mahluk parasit yg bakal mengendalikan tubuhnya. Untungnya, Doggett berhasil menemukan Scully dan membawa bantuan.

Episode 5. Scully dan Doggett menyelidiki kasus anak hilang yang muncul kembali setelah belasan tahun, dalam wujud yg sama sebagai anak2, tanpa terlihat menua. Dan ternyata anak ini bertingkah aneh dan membahayakan. Kasus ini makin rumit karena perbedaan pandangan antara Scully yg ingin mengetahui kenapa si anak ga nambah tua, sementara Doggett ingin tahu siapa yg udah menculik si bocah. Pada akhirnya, diketahui kalo si anak sebenarnya udah mati. Nah, lalu itu siapa dong, gimana munculnya. Ga dijelasin. Sumpah, capek kalo ga ada penjelasan gini. DIperumit juga dengan Agent Doggett yg teringat sama anaknya yg udah meninggal, yang dulu juga korban penculikan.

Episode 6. Seorang hakim, temannya Doggett, mendapati dirinya berada di penjara atas pembunuhan yang tidak dia lakukan. Dia mempelajari informasi kasus satu demi satu, dengan cara yg aneh. Hari berjalan mundur untuknya. Jadi, tiap hari, dia terbangun di hari sebelumnya, hingga hari H dimana dia disebutkan membunuh istrinya. Yang ternyata pelakunya adalah seorang kriminal yang ga puas dengan salah satu keputusannya yg kurang pas. Again, ga dijelaskan bagaimana dia bisa menjalani hari secara terbalik. Ada bintang tamu Danny Trejo yg jadi penjahatnya.

Episode 7. Sementara Scully cuti karena masalah kehamilannya (yg ga dia ceritain ke Doggett), Doggett dan Skinner menyelidiki kasus tentang pembunuhan berantai dimana pelakunya adalah pimpinan sekte yang punya kemampuan astral projection dan bisa membunuh orang dari jarak jauh, lewat mimpi. Dan Doggett bertemu dengan The Lone Gunmen untuk pertama kalinya.

Episode 8. Agent Doggett dan Scully menangani kasus yang melibatkan kakak beradik pemilik usaha pembasmi hama, dimana si adik mampu melihat menembus tembok dan membunuh dengan akurasi yang luar biasa.

Episode 9. Seorang yang sudah mati, ternyata belum mati, dan menjadi manusia baja dan mulai membalas dendam satu demi satu ke orang2 yang menurutnya telah mencelakainya. Rupanya dia menjadi bahan eksperimen untuk produksi robot atau sejenisnya. Ini mirip2 Terminator dan Cybernet, dimana si Robert Patrick pernah main di film Terminator 2.

Episode 10. Seorang fakir dari Mumbai, India menyelundup datang ke Amerika dengan menggunakan kemampuannya untuk menyembunyikan diri, dan kemudian mulai membunuh sebagai balas dendam atas kematian anaknya karena ulah perusahaan Amerika. Ini episode yg pernah gw tonton dulu di tv. Aneh juga sih. Sosok fakirnya serem, soalnya badannya mini gitu, trus ceritanya dia ga punya kaki, dan make semacam roda buat jalan.

Episode 11. Doggett menyelidik ke sebuah kota kecil dimana Mulder pernah datang kesana sebelum menghilang. Doggett ingin mengetahui apa yang dilakukan Mulder disana, tapi dia malah mendapati hal lain, yaitu seorang shaman yang mempunyai kemampuan untuk mengambil penyakit orang lain. Para penduduk telah lama menggunakan orang itu untuk menyembuhkan penyakit mereka, dan mereka tidak rela kalau shaman itu diambil dari mereka. Doggett yg menyadari apa yang dilakukan Mulder, yaitu berusaha membunuh si shaman untuk membebaskannya dari penderitaan, berusaha membawa pergi si shaman, tapi si sherif malah nembak dia. Doggett yang harusnya mati, hidup lagi setelah si shaman melakukan hal yang luar biasa, memakan kematiannya. Dengan demikian, si shaman pun terbebas dari penderitaannya.

Episode 12. Scully dan Doggett menangani kasus di stasiun subway, dimana seorang polisi tewas dengan kondisi tubuh terkelupas. Mereka pun bergabung dengan tim untuk menyelidik ke jalur bawah tanah, dimana terdapat bahaya wabah yang menyebabkan tubuh hancur. Usaha mereka juga dipersulit oleh orang dari subway yang ga kooperatif. Episode ini keren juga, soalnya cukup menegangkan, dan masalah ga hanya dari wabah, tapi juga sifat orang2 di sana.


Episode 13. Bayi alien. Mereka menyelidiki kasus dimana ibu hamil dibunuh dan bayinya diambil oleh dokter yg menanganinya. Dan bayinya bukan bayi normal, melainkan alien. Scully ikut concern karena background korban mirip dengan yg dialaminya, yaitu korban penculikan oleh alien. Ternyata dokter yg menangani Scully, Dr Parenti bersekongkol dengan dokter lain, yg terlibat dalam masalah bayi alien ini. Salah satu pasien hamil kemudian meminta bantuan Scully, yg kemudian membawanya ke rumah sakit yg dipercaya. Tapi Scully jadi ragu apakah dokter2 di rumah sakit ini bisa dipercaya. Dia pun kabur lagi dengan si pasien. Sementara Doggett ga dikasihtau tentang kehamilan Scully, dan sedikit kecewa. Dia kontak sama temennya, Knowle Rohrer, untuk minta informasi tentang orang mencurigakan yg lapor masalah bayi alien itu. Knowle kemudian membantu Doggett untuk menemukan dan mengamankan Scully. Bagian flashback menampilkan Mulder. Jadi, Scully sebenarnya ga bisa punya anak, karena rahimnya bermasalah, tapi anehnya setelah diculik alien, dia diberitahu dokter kalo inseminasi bisa dilakukan. Dan jadinya Mulder (sepertinya) jadi donor. Dengan kata lain, bayi di kandungan Scully adalah anak dari Mulder.

Agent Reyes
Episode 14. Salah satu korban yang diculik bersamaan dengan Mulder, ditemukan dalam keadaan sangat buruk, hasil dari percobaan dan tes. Kemunculan ini membuat Scully berharap Mulder juga akan kembali. Si wanita kemudian hilang, dibawa pergi oleh Jeremiah Smith (si alien yg bisa nyembuhin orang dari season2 lalu). Jeremiah bersama dengan kelompok cult UFO yg membantu menolong para korban alien abductee. Dia bisa memperkirakan dimana UFO akan muncul dan mengembalikan korban, kemudian mereka membawa korban dan berusaha menyembuhkannya. Doggett membawa agen kenalannya, Monica Reyes, yg ahli dalam masalah spiritual, untuk membantu kasus. Reyes kemudian memergoki Jeremiah yang membawa korban pergi dari lokasi munculnya UFO. Reyes memberitahu yg lain, dan mereka berhasil menemukan lokasi kelompok cult, dan menahan Absalom, pemimpinnya. Mereka kembali disulitkan oleh kemampuan alien yg bisa mengubah penampilannya. Jeremiah Smith. Scully sempat berbicara dengan Jeremiah yang menyatakan niat baiknya untuk menyembuhkan korban penculikan.

Jeremiah Smith yg muncul lagi
Tak berapa lama, Scully berhasil menemukan Mulder yg dalam keadaan kritis di lokasi kemunculan UFO. Scully bergegas meminta bantuan Jeremiah untuk menyembuhkan Mulder, tapi Jeremiah keburu diambil oleh UFO.

pemakaman Mulder
Episode 15. Mulder dinyatakan mati dan dikuburkan. Cerita berlanjut tiga bulan kemudian. Doggett ditawari Kersh untuk promosi dan keluar X-Files, tapi Doggett menolak karena tidak ingin X-Files ditutup. Soalnya kalo dia pindah, sebentar lagi Scully yg hamil juga bakal cuti, jadinya ga ada yg nanganin X-Files.

Sementara itu, Billy Miles, salah satu korban lain penculikan alien, ditemukan dalam keadaan mati, tapi kemudian menunjukkan tanda2 kehidupan. Melihat situasi ini, Skinner mengajak Doggett untuk menggali makam Mulder, untuk kemungkinan bahwa Mulder bisa hidup kembali. And yes, crazily he does. Mulder juga menunjukkan tanda2 kehidupan. Tapi keanehan terjadi, ketika Billy Miles seperti sembuh dan kembali normal, dan menunjukkan kepribadian yang aneh. Dalam situasi ini, Krycek muncul dan mendatangi Skinner. Dia memberitahu bahwa Mulder dan yg lainnya terkena virus alien, dan akan menjadi mahluk yg berbeda. Krycek menawarkan vaksin untuk menyembuhkan Mulder, tapi dengan imbalan, Scully tidak boleh melahirkan anaknya. Ide yg ditolak oleh Skinner. Doggett memperoleh kesimpulan yg sama, tentang virus alien, dari Absalom yg didatanginya di penjara. Jeremiah berperan untuk menyembuhkan mereka, mencegah mereka menjadi mahluk lain yang terkena virus.

Alex Krycek
Doggett memburu Krycek untuk mendapatkan vaksin, tapi gagal. Sementara itu, Skinner nyaris mencabut life support Mulder, karena tidak ingin Mulder hidup lagi dan menjadi mahluk lain. Ga taunya, yg dilakukan Skinner ini efektif. Dengan penanganan antivirus macem2, Mulder bangun kembali dalam keadaan normal.

Mulder hidup kembali
Episode 16. Mulder pulih, tapi Kersh berniat untuk menolak Mulder kembali ke X-Files. Seseorang nekad mau nerobos ke White House untuk bilang kalo invasi alien sudah dimulai. Mendengar berita ini, Absalom melarikan diri dari tahanan, dan kemudian menyandera Agent Doggett untuk membawanya ke sebuah fasilitas militer. Tanpa ragu2, para tentara menembak mati si Absalom. Mulder nyalahin Doggett karena menyebabkan Absalom mati dan karenanya mengubur informasi tentang invasi. Mulder pun menyelidiki sendiri dengan bantuan The Lone Gunmen, dan mendatangi fasilitas tadi. Doggett dapat bocoran dari Knowle tentang password yg terdiri dari 3 kata; fight the future. Doggett ngasihtau ke Scully supaya diterusin ke Mulder. Tapi kemudian nyadar kalo itu perangkap, Doggett menyusul Mulder dan membantunya melarikan diri sebelum pihak keamanan menemukan mereka.

Akhirnya Mulder kembali beraksi. Tapi gw ga suka sama sikapnya yg bermusuhan dengan Doggett. Mulder being an asshole to Doggett. Di episode ini, juga ditunjukkan kalau Knowle termasuk pihak yg mencurigakan, terdapat tonjolan di belakang lehernya.

Episode 17. Agent Reyes memeriksa kasus pembunuhan di New Orleans, dimana dia mendapatkan visi kalo tubuh korban hangus terbakar, padahal aslinya engga. Visi tersebut sama seperti yg dialaminya bertahun2 lalu sewaktu menangani kasus hilangnya anak Agent Doggett, Luke. Karena itu, Reyes meminta bantuan Mulder untuk menyelidik. Reyes ga mau melibatkan Doggett karena sensitif. Nah, sepertinya pelakunya ini dirasuki roh jahat atau iblis gitu ya, yg membuat mereka menjadi agresif. Roh jahat inilah yg kemungkinan juga merasuki pelaku penculikan anak Doggett waktu itu.

Selingannya adalah adegan Scully yg lagi dirawat, ganti-gantian dijenguk sama Doggett dan Mulder. Dan yg ga penting dan ga nyambung sama episode, Mulder dan Scully romantis2an. Ga penting.

Episode 18. Terjadi kekacauan di sebuah kilang minyak lepas pantai, dimana seorang pekerja asal Meksiko merusak sistem komunikasi. Mulder kemudian mengambil alih kasus dengan menggunakan nama Doggett, sehingga Doggett pun ikut disuruh dateng untuk menyelidik. Ternyata, satu kru di kilang itu udah terjangkit black oil, dan hanya pekerja Meksiko aja yg kebal terhadap virus itu. Mulder dan Doggett pun harus melarikan diri sebelum para pekerja mengubur mereka.

Setelah kejadian itu, karena Mulder melanggar aturan, dia secara resmi diberhentikan. Mulder pun menyerahkan tanggung jawab di X-Files ke Doggett. Nah, ini gw suka, karena mereka sudah saling respek.

"Answer the phone, Agent Doggett. You're in charge here now."

Agent Leyla Harrison
Episode 19. Setelah Mulder keluar, sekarang giliran Scully yg harus cuti hamil. Jadi Doggett sendirian di X-Files. Seorang agen muda datang untuk menjadi partner Doggett, namanya Leyla Harrison. Harrison ini sebenarnya bukan field agent, melainkan bagian akunting, tapi dia tahu hampir semua kasus yg ditangani Mulder dan Scully dari laporan perjalanan mereka. Mereka menangani kasus yg melibatkan mahluk reptil yang menyerang orang, yg rupanya merupakan hasil eksperimen seorang ilmuwan. Tapi keduanya kemudian masuk perangkap dan terjebak di bawah tanah. Scully kemudian meminta Mulder untuk membantu Doggett. Ini episode Monster of the Week terakhir yg melibatkan Mulder. Karena season depan, Mulder menghilang, dan karena di akhir season 8 ini, kebanyakan episodenya tentang alien semua.

Billy Miles yg jadi alien replicant
Episode 20. Dan inilah dua episode klimaks season ini. Kehamilan Scully ternyata berkaitan dengan invasi alien. Para dokter yg waktu itu berurusan dengan bayi alien, satu demi satu dilenyapkan. Oleh Billy Miles, yg menjelma menjadi semacam robot super. Super karena kelihatannya dia ga mati-mati meskipun ditembak. Mulder meminta Doggett untuk menyelidik karena salah satu dokter Scully, terlibat dengan masalah bayi alien itu. Kemungkinan Scully juga jadi sasaran. Dari salah satu dokter, mereka mendapat informasi. Bayi2 alien itu memang dikembangkan ke wanita2 korban penculikan, untuk menghasilkan klon campuran antara manusia dan alien. Ini sisa2 dari deal yg dilakukan Sindikat dengan alien waktu itu. Dan sekarang, Billy Miles yg sudah terkena virus menjadi alien replicant (super soldier) yg memiliki tujuan untuk melenyapkan semua usaha yg dapat menghambat invasi mereka.

Mereka juga mempelajari kalau bayi yg dikandung Scully spesial, bukan bayi alien seperti yg lain. Memiliki kesempurnaan yg bisa dicapai bayi normal. Mulder, Doggett, dan Skinner pun berusaha untuk melindungi Scully dengan melarikannya ke tempat yg aman. Mereka dibantu sama Krycek, dan kemudian Doggett juga manggil Reyes buat bawa Scully pergi. Mulder berhasil mendorong Billy jatuh dari gedung, kemudian badannya dihancurkan sama mesin penggiling.

Episode 21. Tubuh Billy Miles yg ancur, ajaibnya bisa utuh lagi. Sebabnya adalah device di tulang belakangnya, yg bisa meregenerasi. Doggett ketemu lagi dengan Knowle yg cerita bahwa Billy Miles merupakan proyek rahasia militer mengenai super soldier. Ini cuma cover story buat nutupin tentang alien. Mulder menuntut Doggett untuk memeriksa si Knowle karena mencurigakan banget. Eh gataunya si Knowle ini ketemu sama Agent Crane, rekannya Doggett juga, dan Krycek. Sepertinya mereka berkomplot, dan yg jelas Knowle dan Crane punya tonjolan di punggung seperti halnya Billy Miles.


Billy Miles memburu Skinner untuk mengetahui keberadaan Scully, yg menyebabkan Skinner sampe dirawat. Ini ada adegan yg ngeri, waktu Skinner udah masuk ke dalam lift, tangannya Billy nembus dinding gitu aja dan menghantam kepalanya Skinner. Sementara Scully dan Reyes udah di daerah terpencil, yg dulu jadi rumahnya Doggett, dan mempersiapkan proses melahirkan. Tapi ada sherif lokal yg datang dan kemudian membantu mereka.

Agent Crane dan Knowle Rohrer
Klimaks dari episode ini. Krycek hendak membunuh Mulder, tapi Skinner datang dan menembak Krycek. Mati. Btw, Nicholas Lea, pemeran Krycek, lega karena akhirnya karakternya mati, soalnya perannya ga jelas2 mulu sih. Abis itu Doggett dan Skinner kejar-kejaran mobil dengan Knowle dan Crane. Knowle dan Crane tabrakan, tapi kayaknya ga mati sih.

Sementara Mulder pergi ke tempatnya Scully. Saat proses melahirkan, entah darimana, tempat mereka didatangi banyak orang yg ternyata alien replicant semua. Anehnya, mereka ga berbuat apa-apa, ga mencoba untuk mengambil bayi Scully.

Happy ending untuk Mulder dan Scully
Masalah dianggap selesai untuk saat ini. Doggett mengambil alih X-Files dan merekrut Reyes, dan mendatangi Kersh dan mengatakan kalau Kersh diperiksa atas keterlibatannya dengan Knowle. Sementara Mulder dan Scully merayakan happy ending mereka dengan ciuman. That's it for this season. Ga biasanya, ga ditutup dengan cliffhanger.

-OoO-

Review season lain:
The X-Files (season 3)
The X-Files (season 4)
The X-Files (season 5)
The X-Files (season 6)
The X-Files (season 7) 

The X-Files (season 9)

1 comment:

Anonymous said...

Welldone, can't wait the last season, monster !

Post a Comment