Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, June 09, 2006

KP : esensinya


[ lagi di depan meja operator, ga mau tau tentang PPL. Padahal waktu itu gw udah pernah bilang ga bakal lari lagi. Tapi kali ini gw udah bosen, BOSEN banget, ENEG deh ama yang namanya tugas. ]


Apa itu KP? Kerja Praktek. Dilihat dari definisi ini, semestinya kegiatan apapun yang bisa dinamakan kerja sudah cukup. Termasuk kerja yang mendatangkan uang. (Jaga warnet juga kan pekerjaan). Tapi, kayaknya pekerjaan yang itu ga bisa digolongkan KP deh. Intinya KP adalah penerapan dari apa yang udah dipelajari pas kuliah di sebuah perusahaan. Mesti perusahaan, kalo gak soalnya sama aja kayak tugas atau praktikum biasa.

Bagaimana dengan KP gw? Setelah lama teombang-ambing tak menentu, tercapai juga kesepakatan. OK, awal mulanya gw ga tau mau KP dimana, waktu itu makanya gw sempet kepikiran untuk ngikut ama ali aja. Tapi kemudian Wiliam datang dan ngajak di Indosiar. Wah, yasudahlah. Gw pikir prospeknya lebih aman dan pasti. Selama berbulan-bulan gw udah ga mikirin masalah ni KP, dengan asumsi bahwa Wiliam akan membereskannya. Sampai kemudian tibalah hari itu, ketika kabar buruk datang. Keesokan harinya gw menetapkan untuk KP di Comlabs, dan mati-matian berusaha membatalkan KP yang di Indosiar itu.

Begini, KP itu melakukan suatu pekerjaan buat suatu perusahaan atau instansi. Kalo mau dipukul rata, ya standarnya bikin SI deh. Karena itulah, gw mikir : Kalo gw harus menyumbangkan tenaga, kenapa ga buat instansi tempat gw bernaung aja : Comlabs. Gw kan bisa bikin sistem buat Akses Publik, yang diantaranya bisa ngebantu pekerjaan gw di AP. (Rada licik juga ya, soalnya spek segala-galanya gw yang nentuin sendiri). Clientnya dalam hal ini ya gw sendiri. Tapi gw ada pembelaan. Kalo orang lain KP bikin sistem informasi, gw juga bikin sistem informasi. Kalau scopenya kecil, ya wajar dong, gw kan ngerjainnya sendiri. Dan SI ini sesuatu yang dikerjain selama 1 semester kemaren. Then what's the matter?

Selain itu, salah satu hal terpenting dari KP adalah : laporannya. Jadi, lebih baik kerjaan ga terlalu banyak, diselesaikan secepat mungkin, lalu konsentrasi selesaikan laporannya. Lalu ada faktor-faktor pertimbangan lain. Pertama : waktu KP. Beberapa hari lalu gw baru tau jadwal perkuliahan semester depan dimajuin, ngurus perwalian lebih awal. Walhasil kalo KPnya belom selesai, yg di luar Bandung, bakal repot. Yang di Bandung sih ga masalah mau perwalian kapan. Kedua : finansial. Ternyata ada KP-KP yang mesti keluar kota, tapi ga dibayar. Bangkrut dong, apalagi kalo mesti nanggung ongkos ama biaya kos. Yang di Indosiar ternyata begitu katanya. Di sana cuma eksplorasi, ga ada bayaran. KP yang di Bali apalagi. Katanya Krisantus, mereka ke Bali naek kereta, sampe ujung Pulau Jawa, baru nyebrang. Semuanya ongkos sendiri. Makjang. Mudah-mudahan nanti perusahaannya ngeganti kek.

Jadi, dengan teguh gw memutuskan untuk tetap KP di Comlabs.
Itu...
adalah...
isi blog gw...
kalo ngisinya hari Rabu.
Hari ini.....
beda lagi.

Kemaren Ihsan ngajakin KP di tempatnya Kang Zul, sebuah perusahaan software house. Ada bayaran, walaupun sedikit. Gw takluk, karena pendapatnya tentang KP di Comlabs bener. Itu kan pekerjaan yang ga terlalu gede, bisa dikerjakan bersama-sama dengan pekerjaan di tempat Kang Zul. Daripada KP sendiri, mendingan bertiga, biar bikin laporannya lebih ringan. Bener juga sih. Akhirnya gw pun beralih. Toh ada yang bantuin ngurusin KP, dan masih di Bandung pula. Ga masalah.

[Btw, gw baru denger kalo bimbel IZI itu bimbelnya anak2 makmur. Katanya Eko, disana itu : yg bawa motor itu pengajarnya, kalo mobil biasa itu petinggi2nya, nah yg mobil mewah itu siswanya. Gile juga ya. Kalo yang naek angkot siapa? Kayaknya sih yg KP. Karena bimbel ini tergolong borju(iyalah, setahunnya aja belasan juta), bayarannya harusnya lumayan juga dong. Jadi pengen ikutan juga jadinya]

2 comments:

Anonymous said...

telad lo wi :P
si eko tuh mulenya dah sejak jaman kapan :D

Anonymous said...

namanya juga andai2
lagian kalo bayaran gede biasanya kerjanya berat

Post a Comment