Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, November 27, 2011

the social network: 4(or 5) strong characters

The Social Network, film yang bercerita tentang seluk beluk drama (fictional) seputar lahir dan berkembangnya Facebook dan kasus hukum yang mengiringinya, adalah salah satu film favorit gw dari tahun 2010 lalu. Berkali-kali gw tonton, dan tetap terpesona. Adegan yang paling berkesan adalah klimaks dimana terjadi konfrontasi antara Eduardo dengan Mark dan Sean, ditandai dengan 'banting laptop'-nya Eduardo.



Yang gw suka dari film ini adalah, adanya 4 (atau 5) karakter utama yang kuat. Pertama adalah Mark Zuckerberg  (by Jesse Eisenberg ). Si jenius yang literally created Facebook by himself. I hate him. Sok, mau seenaknya sendiri, sopan santunnya kurang, dan ga mau kerjasama. Tapi di lain sisi, gw kagum karena dia pendiriannya kokoh dan berani waktu ngelawan si kembar Winklevoss dalam kasus hukumnya.

Yang kedua, Eduardo Saverin (by Andrew Garfield). Eduardo is our hero. Dia bukan programmer, and clearly, beside providing Mark with money, he basically didn't do anything in the creation of Facebook. Mungkin mestinya Eduardo berada di luar Facebook, dan hanya bertindak sebagai pemegang modal aja, daripada dia terlibat dalam drama dan tragedi ini. Eduardo is a very good friend to Mark. Dia satu-satunya orang yang berpikir jernih di film ini.

Yang ketiga, Sean Parker (by Justin Timberlake). Sean Parker is our asshole, karakter yang bakal kita benci karena dialah sumber perpecahan antara Mark dan Eduardo. Dia dateng2 langsung meracuni otak Mark, dan di balik layar mengendalikan perkembangan Facebook. Belum cukup, dia juga playboy dan drug-addict. Anyway, Justin Timberlake sure can act, and this probably his best performance so far.

Terakhir, si kembar Winklevoss (by Armie Hammer). Gaya bicaranya tegas. I think they're not really the bad guys. They just believed that what they're doing is right. Sure, fakta kalo mereka ga suka karena situasi ga berjalan sesuai rencana mereka, but what can we say? Mark beneran nipu mereka, dan mereka pantas marah karenanya.

Jadi apa masalah yang dibuat Mark pada si kembar Winklevoss. Betul dia ga mencuri ide mereka, tapi... dia membohongi mereka dan mencuri start dengan bikin situs Facebook sementara si kembar Winklevoss ga kepikiran dan ngiranya Mark lagi bikin situs buat mereka. Andaikata Mark sejak awal nolak tawaran mereka, mereka mungkin bisa nyari programmer lain, dan mungkin situs Harvard Connection bakal bersaing dengan Facebook. Yeah, big IF. But clearly, Mark was cheating. And he got punished more than he deserved. Jumlah settlement yg mesti dibayar Mark ke kembar Winklevoss jelas terlalu besar jumlahnya, mungkin lebih dari nilai yang mungkin bakal dicapai Harvard Connection kalo jadi dibuat.



"And I'll bet what you hated the most is that they identified me as a co-founder of Facebook, which I am. You better lawyer up, asshole, cause I'm not coming back for 30%. I'm coming back for everything." ~Eduardo Saverin (The Social Network)

No comments:

Post a Comment