Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, March 12, 2012

Relativitas Mimpi

"Semalam saya bermimpi." Dalam mimpi dimana gw ketemu dengan orang yg gw kenal, ada semacam memori, kalo gw udah pernah ketemu dia sebelumnya, dulu, bertahun2 yg lalu. Yang jadi masalah apakah hal itu bener2 pengalaman gw, ataukah hanyalah mimpi yang terjadi di masa lalu, ato bagian dari mimpi yg sekarang tapi seolah-olah seperti dejavu?

Memori yg serasa dejavu itu adalah, waktu gw kecil, ya kira2 umur 10an lah, ketika mau pergi ke rumah kerabat, gw nyasar karena perginya sendiri, dan di tengah jalan, akhirnya numpang naik mobil seorang wanita, hingga kemudian nyampe ke rumah kerabat gw. Setelah dipikir2 lagi, hal itu bukan kejadian nyata, tapi bagian dari mimpi. Dan bukan mimpi yang terjadi dulu, tapi gw yakin betul itu mimpi yg semalem juga. Jadi, dejavu-nya, boongan dong? Iya mesti boongan, soalnya masa wanita yang ditemui waktu gw anak2 itu sama dengan orang yang sekarang gw temuin, ga bertambah tua gt?

Betullah, bahwa pengalaman seperti itu termasuk fenomena dejavu. Oke, setelah baca di wikipedia, yang dimaksud adalah seperti ini. Dejavu berasal dari overlapping (campuraduk) antara short-term memory dan long-term memory, yg menyebabkan anomali pada memori. Hasilnya, kita menyangka bahwa sesuatu hal sudah terjadi dan kita alami sebelumnya di masa lalu, tapi begitu disuruh menjelaskan detailnya, kita ga bisa.

Memang biasanya contoh2 fenomena dejavu saat kita membandingkan hal yang kita alami sekarang, dengan hal yg 'kita kira' sudah alami dulu, yg padahal mungkin cuma mimpi, ato false memory. Nah, kalau di mimpi, dimana segala sesuatunya bersifat relatif dan ga menentu, fenomena seperti ini mungkin bisa lebih sering terjadi. Beberapa kali memang seperti itu, dalam mimpi gw, seakan2 mimpi ini merupakan lanjutan dari mimpi lainnya, padahal mimpi lainnya itu ga ada, dan baru terjadi pada saat yg bersamaan dengan mimpi yg ini.

Ribet ya, mimpi aja pake dibahas, hehe :D ga usah terlalu serius juga kali mimpi dipelajari. Kecuali situ nabi, ato mimpinya menjadi kenyataan, semua itu hanyalah mimpi.

No comments:

Post a Comment