Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, March 04, 2012

tentang 'fuckyou'

Alkisah, semalem, dalam momen pertandingan Liverpool vs Arsenal, Mr A yg salah satu selebtweet dengan jumlah follower diatas 10rb, ngetwit kira2 begini:

"Liverpool sama Arsenal seri aja deh, yg penting MU menang."

Twit yg normal2 saja, ga ada masalah. Kemudian orang2 pun, seperti biasa, ngereply/mention. Salah satunya, sebut saja O, ngeRT komen: setuju. Kemudian, temennya O, mbak R, ngeRT komen O dengan fuckyou. Di sinilah permasalahan dimulai.

"@R: fuckyou RT @O: setuju RT @MrA Liverpool sama Arsenal seri aja deh, yg penting MU menang."

Mr A merasa ucapan fuckyou itu ga pantes diucapin oleh mbak R, yg notabene berkerudung (bukan jilbab yah, saya pernah dikasihtau kalo jilbab itu beda dengan kerudung. jilbab itu bener2 nutup, yg lebar2 gitu deh. Kalo kebanyakan cewe sekarang sih menurut penjelasan yg saya denger, baru berkerudung, belom berjilbab) Apalagi mungkin Mr A merasa tersinggung karena mbak R ngucapinnya dengan mention dia juga, jadi kesannya ngumpat ke dia.

Mr A pun ngebahas masalah ini, ngetwit terbuka tentang gimana orang yg berkerudung ternyata ada juga yg ngomong kasar kayak gitu. Pake acara nunjukin segala pula dengan ngeRT komen mbak R tadi. Alhasil, para followernya, manusia2 biasa yg banyak yg gatel pengen ngomen ato nimbrung tiap2 ada isu sensitif, keluar semua deh. Kebanyakan (ga semua) sih jadinya pada ngehujat mbak R. Dalam istilah dunia pertwitteran, mbak R dibully sama follower2nya Mr A.

Setelahnya, Mr A yg ada acara, buat nonton konser, off dari twitter. Tapi arus ngebully yg dilancarkan orang2 ke mbak R masih lanjut aja. Mbak R pun akhirnya ngeladenin satu2 komen yg masuk ke tab mentionnya, kebanyakan yg ngebully, tapi ada juga beberapa yg bela dia. Akhirnya mungkin semalem entah jam berapa reda juga, dan tadi pagi masih ada bekas-bekas pertempuran sedikit.

Pembahasan:
Siapa yg salah sih sebenarnya?

Mari kita liat ke akar permasalahan, yaitu ketika mbak R ngeRT twit RTan O dengan fuckyou. Mbak R setelahnya menjelaskan kalo O itu adalah abangnya (ato temen, sama aja lah intinya), dan dia ga bermaksud kasar ato gimana, melainkan hanya bercanda. Wajarkah? Menurut saya sih wajar2 aja.

In my opinion, ngomong fuck itu udah ga sevulgar dulu waktu orang2 masih awam dengan istilah itu. Kalo sering nonton film dengan rating R (bahasa cursing sering dipake) ato dengerin lagu2 rap ato hiphop yg banyak mengandung kata 'fuck', niscaya fuck itu ga akan terdengar kasar. Biasa aja. Sama aja dengan penggunaan kata 'anjing' yg dulu dipercaya sebagai umpatan, tapi sekarang maknanya lebih ke arah partikel tambahan ato pelengkap kata ato adjektif, ato begitulah kira-kira.

Masalahnya mbak R kurang berhati-hati. Bagi dia dan O mungkin ngucapin fuck ga masalah, tapi dia ga memperhitungkan pendapat Mr A, yg kebetulan kebawa dimention juga. Mr A yg memiliki pandangan berbeda, menganggap cewek berkerudung seperti mbak R ga pantes ngomong kayak gitu. Iya, dalam hal ini mbak R teledor. Ga bisa kita menyamaratakan opini semua orang, bahwa gapapa ngomong fuck ke siapa aja. Mungkin mestinya kalo dia mau komen dengan fuckyou itu, dia ga usah ikut mention Mr A, ato minimal tanda "@"nya dihilangkan. Ketiadaan satu karakter itu niscaya akan memberi perbedaan yg besar.

Okeh, itu kesalahan dari mbak R. Bagaimana dengan Mr. A. Tersinggung boleh, tapi pantaskah nyebarin dan ngepublish akun mbak R itu, yg berpotensi terjadinya bully masal oleh puluhan ribu followernya? Menurut saya enggak. Kalo kita tersinggung ato bermasalah dengan ucapan seseorang, kenapa ga konfirmasi ato minta penjelasan dulu ke ybs? Sukur2 kan cuma salah paham, ga perlu timbul keributan ala twitwar dan bully seperti ini. Dan kalopun emang itu maksudnya menghina, yaudah ga usah ditanggepin dan stop disitu. Itu kan masalahnya personal, ga usah disebar2in dan defame nama ybs ke orang2 lain.

Jadi, tidak sempat untuk konfirmasi, atau tidak peduli? Kalo ga sempat ya mestinya ga usah ngepublish nama mbak R ato ngebahas masalah itu kan, urusin aja konsernya :p Ya, menurut saya Mr A ini semalam ga peduli. Kemudian sewaktu mbak R dibully, apakah dia ga tau ato ga peduli? Menurut saya, dia ga peduli. Lempar api aja, trus dengan nyamannya meninggalkan arena pertempuran.

Itulah kenapa, saya ga terlalu suka dengan selebtweet dgn puluhan ribu follower. Beberapa diantara mereka menurut saya arogan. Makanya saya jarang follow mereka, meskipun masukin ke dalam list. Dan jarang pula mention mereka, biasanya cuma retweet untuk twit2 yg menurut saya bagus. Mungkin ini sindrom superstar yg sering dialami orang2. Jadi kurang manusiawi ke orang2 biasa. Cuma peduli sama temen2nya dia. Seperti halnya wakil DPR pada rakyat jelata. Oke, cukup, saya malah jadi subjektif :p

Yang juga bersalah adalah orang2 yg ikut nimbrung masalah yg bukan urusan mereka. Begitulah soalnya. Masih banyak orang2 yg udah ikut twitter, tapi belom cerdas. Asal ada isu dikit aja, pengennya nyamber, ga dipikir2 ato dicari kebenaran duduk perkaranya dulu.

Kesimpulannya, tidak bisa menyalahkan satu pihak saja, karena masing2 (mbak R, Mr A, dan para followernya yg ngebully mbak R) berpartisipasi dalam kadar yg berbeda2 sehingga menyebabkan 'keributan kecil' ini terjadi. Bagusnya sih masing2 pihak mengambil pelajaran dari kejadian ini, biar bisa lebih mengendalikan diri.

- buat mbak R, lain kali agar berhati2 kalo ngomong, disesuaikan dengan orang yg jadi lawan bicara ato yg terlibat dalam pembicaraannya.

- buat Mr A, agar lebih peduli, ga asal ngejudge tanpa konfirmasi dulu ketika dirasa ada ucapan orang yg menyinggungnya. Agar lebih bijak dalam berucap. Mungkin ga masalah kalo dia yg jadi target bully, karena dia tau cara nanganin dan nyuekinnya, tapi hati2lah jangan sampe bikin orang lain jadi target bully. Sampeyan bisa bikin orang susah karena sebuah kesalahpahaman.

- buat para followernya yg masih belom cerdas, yah, meskipun rada pesimis, agar ga usah asal nimbrung kalo ga ngerti konteks permasalahannya. dan kalopun ngerti, ga usah memperkeruh suasana dengan ikut2an bully. selebtweet yg kalian follow itu ga selalu benar. merekapun kadang melakukan kesalahan.

yg terakhir, buat semuanya, tak ada salahnya belajar untuk meminta maaf. Ketika ucapan ato perbuatan kita menyinggung perasaan orang lain, introspeksilah. Kalo kita emang salah, minta maaflah dan perbaiki sikap. Kalo kita merasa ga bersalah, tetep minta maaf karena perbedaan pendapat kita menyinggung orang lain. Minta maaf itu ga sulit kan, asal diucapkan dengan sungguh-sungguh :)

No comments:

Post a Comment