Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, April 07, 2012

What the Dead Know: [Book Review]

"Aku tidak mau menjadi orang aneh minggu ini yang disiarkan di setiap saluran berita di televisi."


Author: Laura Lippman
Penerbit: Edelweiss

Plot:

30 tahun yang lalu, tepatnya 29 Maret 1975, kakak beradik Bethany, Sunny dan Heather, menghilang ketika berada di mall di Baltimore. Mereka tidak pernah ditemukan lagi setelahnya. Peristiwa itu menyebabkan kehidupan orangtua mereka, yang saat itu tengah bermasalah karena ibunya berselingkuh, menjadi semakin berat. Saat ini, ayah mereka sudah meninggal, dan ibu mereka tinggal di Meksiko. Mereka sudah dianggap mati, hingga...

Seorang wanita terlibat dalam kecelakaan mobil, dan dalam keadaan panik, mengaku sebagai salah satu gadis Bethany. Pengakuan ini menguak kembali misteri hilangnya kakak beradik itu. Pihak kepolisian berusaha meminta keterangan dari wanita misterius itu, yang kemudian mengaku sebagai Heather. Meskipun pada awalnya  menolak untuk memberikan keterangan, sedikit demi sedikit Heather mulai bercerita tentang apa yang terjadi.

Mereka diculik oleh seorang polisi, kemudian dibawa ke rumahnya. Sunny langsung dibunuh seketika, sedangkan Heather ditahan, untuk dijadikan budak seks. Ketika akhirnya Heather dilepaskan belasan tahun kemudian, dia memilih untuk menggunakan identitas orang lain, identitas anak-anak yang sebenarnya sudah meninggal dalam kecelakaan atau sejenisnya. Dan dengan cara itulah Heather tetap bersembunyi, dibalik nama-nama orang lain yang digunakannya.

Polisi tidak langsung percaya begitu saja, karena mereka menemukan beberapa hal yang tidak sesuai dengan keterangan Heather. Mereka pun menyelidiki kembali kasus ini, memanggil detektif yang dulu menangani kasusnya, mencari alamat polisi yang dimaksud, dan sampai menyusul ibu Heather, Miriam, ke Meksiko untuk memberitahukan kemungkinan bahwa putrinya masih hidup.

Dan betul, Miriam sebagai ibu mereka-lah yang menentukan kebenaran cerita dari Heather. Kejutan besar pun terjadi, berikut penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi 30 tahun yang lalu, dan siapa sebenarnya wanita misterius itu, semuanya terungkap.

Komentar:

Wow. Gw selalu takjub dengan cerita-cerita detektif seperti ini, dimana di bab akhir, semua penjelasan akhirnya keluar, dan bukan penjelasan yang mengada-ada, tapi sesuai dengan beberapa info dan petunjuk yang muncul sekilas di sepanjang ceritanya.

Yang juga membuat ceritanya menarik adalah, penggunaan beberapa sudut pandang, yang masing-masing memiliki karakter sendiri, dan beberapa flashback yang menggambarkan waktu kejadian, dan perkembangan karakter si wanita misterius. Dari tiap-tiap sudut pandang itulah, sedikit demi sedikit potongan petunjuk dan informasi untuk menyusun kesimpulan di akhir cerita ini muncul.

Berbagai sudut pandang itu antara lain milik wanita misterius yg mengaku sebagai Heather Bethany; Kevin Infante, detektif yang menyelidiki kasus ini; Nancy Porter, rekannya; Kay Sullivan, pekerja sosial rumah sakit yang membantu Heather tinggal sementara; Chet Willoughby, pensiunan polisi yang dulu menangani kasus ini dan berteman dekat dengan Dave dan Miriam; Sunny kecil, Heather kecil, Dave Bethany, dan Miriam Bethany.

myRating: 4/5 stars.

Kesimpulan Kasus:

Di pertengahan cerita, gw dengan jitu menyimpulkan, bahwa wanita misterius yang mengaku Heather itu, bukanlah Heather, melainkan Sunny yang katanya dibunuh. Itu alasan kenapa dia bisa tahu hampir segalanya tentang Heather. Kalau dia bukan Heather, pastilah dia kakaknya, anak yg satu lagi.

Dan seperti itulah penjelasannya. Wanita itu memang Sunny, dan Heather-lah yang terbunuh. Semua ini bermula ketika Sunny, yang waktu itu masih berumur 15 tahun, jatuh cinta dengan Tony Dunham, anak muda yg menjadi supir bis sekolahnya. Dari sanalah rentetan peristiwa buruk ini terjadi.

*buku yang dibeli waktu pameran di Istora tahun lalu*

No comments:

Post a Comment