Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, April 09, 2012

Lagu Pilihan #1: [Book Review]

"Mungkin akan tetap kelabu, tapi kamu tidak akan sendirian melaluinya. Aku juga akan ada di sana."



Kumpulan Cerpen #11Projects11Days
Penerbit: NulisBuku

Buku ini adalah hasil dari proyek nulis yang diadakan sekitar bulan Oktober 2011, yaitu #11projects11days. Proyek dimana kita diajak untuk menulis berdasarkan lagu tertentu. Untuk Lagu Pilihan ini, lagu yang menjadi tema dibebaskan, dalam arti tiap orang boleh memilih judul lagu yang ingin digunakan. Karena bebas, jadinya untuk tema hari itu banyak banget yg ngirim, dan hasilnya penerbit sampe bikin 4 buku untuk nampung tulisan2 yang masuk.

Adapun tulisan gw yg pertama gw tulis untuk project ini masuk di buku pertama, thus gw belilah buku yg ini. Ngomong-ngomong gw satu buku lho, ama penulis2 yg udah lebih dulu mateng. Sebuku sama @adit_adit, @momo_DM, @iiphche, dan @dheaadyta.

Kutipan di atas tadi diambil dari tulisan gw yang masuk di buku ini, berjudul "Tak Sendirian" yang waktu itu juga diposting di blog ini. Ceritanya tentang anak yang kabur dari rumah, trus dijemput kakaknya. Waktu itu sih gw puas-puas aja dengan tulisan ini. Tapi setelah diliat di buku kok, pendek banget ya. Diitung-itung cuma 293 kata. Kalo dibandingin ama cerita2 laen yg bisa berapa halaman, rasanya tulisan ini kurang layak masuk. Mana format penulisan waktu itu agak gimana gitu, rada semi puisi, tapi setengah-setengah. Mungkin nanti gw tulis ulang aja ya, biar lebih panjang dikit.

Itu tulisan taun lalu. Kalo dibandingin ama tulisan2 yg sekarang, kok kayaknya ga ada apa-apanya ya, hehe. Sejak awal tahun ini soalnya udah sering dilatih, jadi makin enak dibaca menurut gw.

Btw, beberapa tulisan di buku ini yang gw suka diantaranya adalah:

- Terlambat (by @adit_adit)
mengambil setting di konsernya Linkin Park, seorang cewek yg sibuk cemburu karena temen cowoknya, yg sempet berkali-kali ditolaknya, jalan sama cewek lain.

- Untuk Tuhan (by Indah Arka Arifallah)
dengan  format penulisan yg keren, day by day jurnal gitu. Tentang orang yang kena penyakit berat dan nulis pesan untuk wanita yang dicintainya, hingga kemudian dia wafat. Setelah itu ganti cerita dikisahkan dari sudut pandang wanitanya.

- Ku Hanya Terdiam (by @mizzsekar)
Ini gemesin banget, tentang dua orang yg saling curi pandang di sebuah kafe, yg masing2 diceritain dari sudut pandang mereka.

- Celah di Hati (by @allewunder)
habis endingnya bagus sih, ga desperate.

- When My Heart Missing You (by @anggitaryeowook)
Meskipun latarnya Korea (gw ga suka cerita2 Korea dengan nama2 Koreanya sebagai cerita lokal, soalnya kebanyakan fanfic gitu), tapi untunglah yg ini ceritanya cukup oke. Dikisahin dari awal gimana pasangan itu bertemu, hingga punya anak, dan ketika suaminya tiada.

Anyway, ada beberapa kekurangan yg gw temukan sepanjang membaca buku ini. Pertama adalah kesalahan penulisan, baik typo, atau penulisan partikel yg kurang tepat. (Mirip dian gitu deh, cuma kan dia errornya di level blog, dan waktu itu udah diajarin kan, jadi sekarang udah ga salah2 lagi.) Mestinya kalo udah masuk buku, sempet diedit gitu ama admin2 di nulisbuku. Tapi karena mereka selfpublishing, ga ada yg berprofesi sebagai editor, dan kalopun ada juga kan ga dibayar ya, jadinya dimaklumi deh, meskipun ga nyaman bacanya.

Lainnya adalah isi cerita yg kebanyakan galau, ya ampun emang 60% kali ya isinya cerita orang yg abis putus trus susah move-on. Ga suka yg galau-galau.

No comments:

Post a Comment