Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, December 27, 2006

[setahun ini di UAP]

Alkisah, waktu itu sekitar tahun baru, ada iklan rekrutmen anggota UAP, dengan ketuanya waktu itu Feri. Waktu itu gw ama Andri ngomongin masalah itu, dan sesampainya di rumah, gw bikin deh segala macem persyaratan buat jadi anggota UAP. Bagian yang gw cantumkan pun banyak. GW mendaftar dengan banyak posisi, dan untuk tiap-tiap posisi itu gw cantumin semua persyaratannya. Mulai dari maintenance, sarpras, keuangan, kominfo, semua gw daftar, kecuali web. Ga tau kenapa. Soalnya gw takut ga diterima, makanya daftar ke berbagai posisi. Ternyata eh ternyata Feri pake kebijakan yang aneh. Semua yang daftar diterima. Bersukur banget orangnya baek, ga pilih2. Dari semua bagian yang daftar itu, gw ditempatin di urusan software. Usut-usut penyebabnya adalah karena gw daftar ke banyak posisi, makanya gw selalu dicadangkan, dan dia lebih milih orang yang hanya daftar ke satu posisi.

Waktu awal2 itu gw masih inget orang2nya siapa aja. Andri jadi koordinator SDM, Dhila ama Maya jadi web, gw jadi software, Ivan jadi kominfo, Narpen ama Fadli jadi semacam poling dan statistik gitu. Dina ama Nofri jadi keuangan. Alam, Bagus, ama Arif jadi Meintenance. Adi ama Hendra jadi sarpras, yang ada mentri 1 dan mentri 2.
Waktu itu gw ga terlalu kenal ama yang laen, cuma Narpen ama Andri aja yang lumayan kenal. Tugas awal gw waktu itu adalah menentukan software2 apa aja yang bakal diinstal di UAP saat itu, yasudahlah gw bikin, trus cari instalernya yang notabene cuma nyari dari ftp16.12 dan pdc. Trus dipaksa ikut bantuin waktu kloning. Trus abis itu gw sempet pulang ke Jakarta. Eh ternyata gw ga dikasih nilai, soalnya katanya Feri ga ada yang bisa dinilai. Ya gw juga bingung waktu itu, apa yg mesti gw kerjain. Baru setelah itu Feri minta diinstalin beberapa software khusus kayak Matlab, SolidWork, Photoshop di beberapa komputer2 sempron baru. Cuma waktu itu gw agak repot soalnya kalo mau install kan mesti pake login admin, sementara mau install gagal mulu, trus waktu itu gw sempet kesel ama kamal soalnya gw ngerasa dipersulit waktu mau install. Akhirnya pake loginnya iwan, yg bertahan sampe sekarang, trus install satu-satu, soalnya gw ga ngerti cara bikin kloning. Dari tugas ini pun gw cuma dapet nilai B, soalnya gw dinilai lambat menanggapi requestnya Feri. Padahal dari waktu sabtu gw baca email, hari senennya udah gw selesaiin. Emang susah banget dapet nilai bagus. Untungnya waktu itu orientasi gw untuk dapet duit adalah dari jadi operator, yang lebih gede dari gaji kabinet saat itu.

Kerjaan ini cuma bertahan beberapa minggu. Dina waktu itu mundur, katanya sibuk. Beberapa waktu kemudian Narpen ikut mundur. Mengisi kekosongan di keuangan, gw dipindahin ke keuangan, bantuin nofri. Tugas gw adalah nukerin receh dan bagiin honor operator. Mulai saat itulah gw mengerjakan tugas dengan baik, sangat baik malah. Waktu itu gw bener-bener serius dalam menjalankan tugas. Misalnya nuker receh. Gw sampe bolak-balik dari bank BNI di cisitu, trus ke BRI di sumur bandung, trus ke BNI dalem dan BNI Tamansari, cuma buat nyari receh, yang akhirnya dapet juga, walaupun nombok pake sebagian duit gw, karena mereka cuma mau nukerin dalam jumlah besar. Trus setelah recehnya dapet, gw pake bikin peraturan yang ketat segala, pake bikin prosedur. Gw tetapin seminggu itu jatah receh berapa, jadinya operator harus bisa survive dengan receh yang ada. Waktu bagi honor juga begitu. Bener-bener gw jalanin dengan serius. Karena waktu itu patokannya adalah semua operator harus dapet honornya. Jadi bukan operator nyari2 gw, tapi gw yang nyari2 operatornya, sampe2 gw kesulitan nyari krisna, yang rupanya pensiun jadi operator. Honor pun pembagiannya cepet.Sekitar seminggu, semua yang honornya di lembar pertama udah diterima. Yang belom adalah yg di belakang2, yang honornya kecil. Waktu itu gw ngerasa ga enak kalo mesti ngasih honor ke mereka. Ga enak banget ngasih cuma 4000, apalagi ke Dina, karena noteben gw kan yang gantiin kerjaan dia di UAP. Mulai saat itu gw kenal dengan hampir semua operator, trus dicari2 orang kalo udah tanggal 15.

Sayangnya kerjaan ini juga ga bertahan lama. Fadli waktu itu mundur juga, trus mulai bermunculan op2 baru hasil grebekannya Feri ama Mas Taufik, diantaranya Dira, Dita, Irsa, trus Ari, Ikhsan, Reza, Wina, Ratih, Ami, dll. Waktu itu ada lagi anggota UAP yang masuk, yaitu Haris, yang jadi sarpras, sementara Hendra geser ke maintenance. Gw dipindahin dari keuangan ke SDM, bantuin Andri yang waktu itu udah merangkap jadi tim UP. Keuangan jadinya Nofri sendiri, dengan kerjaan yang dikurangi. Yang bagi honor tetep gw, soalnya Feri terkesan ama kinerja gw waktu bagi honor. Jadi, kerjaan gw di SDm adalah bikin jadwal, urusin jadwal, trus bagiin honor. Andri cuma rekap honor dan FS. Otomatis, gwlah yang waktu itu jadi koordinator SDM, yang paling kenal dengan operator, yang tau siapa aja operator yang rajin dan males, dan otomatis yang paling sigap gantiin operator yang ga dateng (terpaksa), sampe diketawain si kecil waktu itu, soalnya gw sering pulang malem, terus terpaksa YMan ama dia, dan juga otomatis gw yang honornya paling gede, jumlah jam jaganya juga gede sih. Dari jaga aja udah dapet 200ribu, tambah kabinet jadi 50ribu. Makanya waktu itu gw bangga soalnya jadi orang dengan penghasilan terbesar di UAP. Soalnya banyak anak UAP yang pendapatannya cuma dari kabinet, jaganya dikit banget.

Tindakan gw waktu jadi SDM adalah : waktu hari Sabtu posting jadwal buat minggu besok, trus print lembar absensi buat senennya, pake kertas bekas. Trus tiap ada yang berhalangan, jadwalnya gw update, sampe2 thread jadwal penuh dengan updatean. Trus kalo musim bagi honor, kalo udah dapet filenya, ngasih ke mbak nur dan minta duitnya kesibukannya pun mulai meningkat. Tapi gara2 inilah jadi kenal ama operator. Tugasnya bener-bener ga ringan waktu itu, dan gw bisa nyelesaiin semuanya dengan baik. Jabatan ini adalah pekerjaan terbaik gw di UAP, dan bertahan sampe bulan Juli kemaren, yang walaupun gw KP, gw masih bisa nyelesaiin pekerjaan SDM ini dengan baik, juga masih sempet jaga di 2 jam terakhir setiap harinya. Sekitar bulan Mei, ada perubahan lagi. Ivan dipecat, soalnya merangkap koordinator UP, gantiin mas bayu yang kepepet TA.

Waktu liburan , kabinet dirombak lagi. Ada lagi anggota baru. Dita jadi keuangan, nemenin Nofri yang udah jarang dateng, yang kemudian mundur soalnya sibuk banget kuliahnya. Trus ada Ari yang bantuin jadi SDM, padahal waktu itu gw bilang ke feri kalo gw masih sanggup ngerjain semuanya sendirian, tapi honornya tambah. Terakhir ada Ikhsan ikut web. Waktu itu ada pergeseran juga. Andri digeser ke kominfo, dimana setelah itu akhirnya diberhentiin juga. Sebelum libur itu, struktur sempet ganti. Mulai ada kepala departemen. Dep 1 Adi (sarpras dan kominfo), Dep 2 Alam (maintenance), sementara gw, dita, ama ari tetep di bawah feri.

Bulan Agustus awal, ganti lagi. Ada dep3 khusus kominfo, soalnya Adi ga terlalu ngerti web, sementara sdm masuk ke dep1. Butuh kepala dep. Gw nawarin diri, akhirnya jadi kepala dep3. Masalahnya, SDM yg ditinggal itu kan harusnya Ari, tapi orangnya lagi pulangkampung, jadi yg jalanin tugasnya gw. Walhasil gw jadi dobel agent gini, jadi dep3 tapi masih juga SDM, trus waktu itu muncul masalah kecil ama Adi, soalnya dia ngerasa gw ga mau matuhin dia sebagai SDM soalnya gw udah jadi ketua dep 3 dan karena gw senior dia, dia nganggep gw gengsi kerja di bawah juniornya, padahal itu semua semata2 karena gw sibuk KP dan kerjaannya Ari ga ada yg bisa gantiin. Gw putusin selama ga ada yg bisa jadi SDM, gw SDM dulu. Dep3nya gw biarin kosong. Eh malah dari dep3 pusing soalnya ga tau mesti bikin laporan kemana.

Udahlah, masalah yg itu akhirnya selesai, atau anggap aja selesai. Gw udah resmi ninggalin SDM(Ari udah balik) dan jadi ketua Dep3. waktu awal2 ga ngerti juga mesti ngapain. Yang terjadi adalah Feri ngasih list isinya kerjaan, trus bagi2 ke anggota dep3, trus gw mastikan semuanya kerja, dan ngasih nilai, trus ada kerjaan macam bikin laporan pengunjung. Sebenernya kalo dipikir2 aneh juga kalo semua kebijakan ditetapkan Feri, tapi bodo amatlah. Toh orangnya kebetulan mau repot2, gw tinggal nurutin. Tapi kalopun ditinggal pun gw masih tau gimana caranya bagi2 kerjaan, pake langkah antisipasi yang paling ampuh, gw kerjain pekerjaan yang ga mereka kerjakan, backup, jadi otomatis, gw mesti ngerti gimana cara kerjanya.

Mulai saat itu, gw ngerjain pekerjaan sebagai kepala departemen 3. Lumayan juga. Awal2 sih gw cuma nerima laporan, ngasih nilai, dengerin Feri rapat, nurut. Trus lama2 gw mulai meresapi, gimana caranya ngedit frontpage, nguplot, dsb. Dan sejauh yang gw pantau, setiap karya yg gw bikin memuaskan. Trus sempet ada masalah waktu Feri ngambek dan pengen mundur. gw bujuk2 biar ga pergi, dia malah nyaranin gw aja yg gantiin. Waktu itu, ya waktu itu, kepikiran juga kalo misalnya dia bener2 mundur, dan kalo gw gantiin, apa yg mesti gw kerjain. Waktu itu gw sempet mikirin langkah2 kalo terjadi hal itu. Mulai dari jalankan hal2 yang esensial bagi keberlangsungan UAP, macam komputer dan print dan operator. Web belakangan lah. Pokoknya gw hampir ngerti semua bidang itu, dari dep1 sampe dep3. Untungnya orangnya bisa ditarik lagi.

Setelah itu ada 3 kali perubahan. Pertama, Eki ama Reza muncul, sekitar Agustus juga. Kominfo diisi Eki, trus juga ada Reza yang jadi seksi sibuk di dep1. Kedua, Hendra ama Arif pindah ke UAJK. Mulailah buka lowongan lagi. Ikhsan pindah ke maintenance. Yang terjadi waktu Hendra ma Arif cabut adalah Agung masuk ke maintenance, trus Novi masuk ke Kominfo. Ketiga, gw ga ngerti maunya Feri apa, pake nambah orang lagi. Masuklah Zeki, Rahmat, ama FajarFauzi, masing2 ke dep2, dep1, dan dep3. Trus gw menengok ke pekerjaan gw yang dulu. SDM yang sekarang, ga sekeras yang dulu. Kerjaannya pun lebih nyantai, dan nuansanya kurang. Soalnya Ari kurang tegas, beda waktu jaman gw dulu. Bagi honor pun diserahkan lagi ke orang lain. Maksud gw adalah : ga ada yang bisa mengerjakan pekerjaan yang dulu gw kerjakan sebaik gw mengerjakan pekerjaan tersebut waktu itu. Paling DIta yang emang master di keuangan, yang kemudian keahliannya bener-bener dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sementara Reza dan Ari, kerjaannya masih kalah kalo dibandingin kinerja gw waktu itu. Bangga dikit lah.

Mendekati akhir. Ada pemilihan koordinator taun depan. Mungkin ini basi ato gimana, tapi waktu itu gw sempet nyalonin. Mikirnya, gw mirip ama Feri, tapi lebih cuekan dikit. Nantinya kalo kepilih maunya juga ga macem2, lanjutin yang udah ada, trus kalo ada prosedur yang bikin repot2, gw apus. Bener-bener simpel. Tapi begitu masuk masa kampanye, gw ngundurin diri. Alasannya : gw ga ngeliat peluang untuk menang sama sekali. Pendukung yang ada adalah Adi ama Haris. Gw bukan orang nekat dan bego. Diliat dari jumlah pendukung yg ga ada, ditambah sifat gw yang cuek, (siapa yang mo dukung kalo gini?), ya mundur dengan tegas. Trus mengambil sikap mengamati, melihat sejauh apa kinerja para calon yang baru ini. Ternyata oh ternyata, politik itu emang busuk. Kampanye itu ga banget, dipenuhi cara2 kotor dan intrik, yang ga cocok ama gw yang ga suka segala hal yang bertele-tele dan merepotkan kayak gitu. Ysudah lah, tonton saja dengan baik dan lihat seberapa baik mereka bisa berjalan.

Pemilihan. Ketua baru didapat. Ternyata yang dapet Haris. Ga tau jgua ya, gw kirain Adi yang bakal, soalnya gayanya lebih pede. Usut-usut, gw berpikir: gimana kalo ternyata ini ulah manajemen? Kalo dibandingin antara Adi ama Haris, mungkin mereka lebih milih Haris karena ga terlalu neko-neko. Kebayang kalo Adi yg jadi, mungkin mereka capek karena 'diserang' terus oleh Adi. Ketua udah ada. Trus rekrut. Ditawain Haris. MIkir. Ambil apa enggak. Akhirnya ambil, dengan pertimbangan. Gw masih mau make komputer yg disini. Ember banget. Sebenernya kan masih bisa meski bukan kabinet. Kalo kosong ya pake aja. Tapi pertimbangan selanjutnya, gw ga yakin web bisa ditinggalkan gitu aja. Siapa sih yang ngerti seluk beluk mambo yang sering bermasalah ini. Selain Feri ama gw, paling Bagus yang ngerti. Nanti kalo yg ngurus web baru, trus mereka ga ngerti, gimana? Pertimbangan berikutnya : gw pengen tetep berada di lingkungan dalam, jadi biar tau gimana kerjanya pengurus baru ini. Ga smua hal di UAP dimengerti Haris, dan mungkin gw bias bantu di hal-hal yang dia ga tau. Lainnya : gw perkirakan lulus paling cepet November. Juli? Hmm, mepet, apalagi belom mulai ke dosen wali. Realistis lah. Kalo November lulus, gw masih mau disini, maen2 dulu, namatin dorama, trus belajar2 lagi, soalnya kuliahnya ga bener. Mau belajar macem2 tools kayak corel, dll lah. Makanya tetep gabung UAP, sekaligus nyari orang buat dilatih, buat nerusin webnya nanti.

Cerita yang bosenin yah? Gpp, dari cerita sepanjang itu ada beberapa hal yang mau gw kedepankan:
1. Tidak ada orang di UAP yang ganti2 kerjaan sesering gw. Dalam 1 tahun, terhitung 4 kali ganti posisi.
2. Dengan ganti2 posisi itu, pengetahuan dan pengalaman gw cukup luas, mencakup hampir semua aspek di UAP.
3. Tidak ada orang lain yang mengerjakan pekerjaan yang dulu gw kerjakan sebaik gw mengerjakan pekerjaan tersebut sebelumnya.

3 comments:

Anonymous said...

gile!!!
ingatan lu kuat banget,,
ck..ck..
saking panjangnya bingung juga gw mau ngomentarin yang mana, klo dikomen smua, panjangnya bisa sama dengan satu postingan blog :D

btw..yang bususk2 bagian mananya sih?

Anonymous said...

Ga ngebosenin ah. Saya baca ini sambil dengerin lagu Mr. Children - Shirusi berulang-ulang, hampir nangis ^__^

saya juga sependapat klo politik itu busuk bgt....Tapi klo dwi ngeliat ada ketidakenakan anatara saya ama Adi waktu kampanye. Itu bukan gara2 pemilu ini kok. Ada masalah lain.
Waktu Dwi ngundurin diri dari calon koordinator, saya masih inget. Waktu itu kita baru bgt pulang dari kosan Jambak ngambil setumpuk Dorama (dapet deh Yada Akiko di My Little Chef ama Aya Ueto di Ace wo Nerae). Tapi begitu tau Dwi mundur, saya langsung down. "My best friend, my best dorama sharer, my best senpai, ganbaru ganbaru..... te" Tapi sudahlah, saat itu saya ga bisa menjagokan siapa2 lagi kecuali diri saya sendiri. Jadi, saya terus maju hingga akhirnya kepilih.
Saya juga kaget pas kepilih jadi koordinator soalnya selama ini yg lebih berpengalaman ttg UAP kan Adi.....saya juga sempet mikir klo yg berperan bgt saya bisa kepilih tuh manajemen karena bobot nyoblosnya besar.........tapi saya berterima kasih bgt buat semua temen2 di CL yg dah ngedukung saya baik waktu pemilihan atopun saat ini

baca tulisan dari dwi, saya jadi terinspirasi bwt ngumpulin hasil tulisan saya di blog juga (ajarin ya Dwi)
thx atas inspirasinya, dorama2nya, & lagu2nya Aya Ueto selama ini ^__^
my best salute ever to Dwi, angel, minky_monster
jya ne.........

Anonymous said...

@piliang
yang busuk2?
mungkin waktu narik2in orang buat jadi tim sukses, trus waktu kampanye saingan2nya kerasa waktu bikin poster dimana2, trus pake ancaman ngasih nilai C segala (bercanda kali ya).

@haris
huhuhu
terharu...

Post a Comment