Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, April 27, 2007

proyek : bagian 1 (sapi perah)



Alkisah pada sekitar tanggal 14 ato 15 februari lalu, ada status temen YM gw yang isinya kira2 nyari orang yang mau ngerjain proyek bikin company profile pake flash. Waktu itu, gw yang lagi asik-asiknya belajar flash dari buku, padahal masih cupu, nekat-nekatnya YM temen gw dan bilang kalo gw bisa. Yang di pikiran gw paling bikinnya sederhana, trus kalo ada yg susah dikit ngerjainnya bareng haris. Trus setelah percakapan beberapa lama, diputuskan juga untuk minta bantuan andre. Pokoknya gw ambil dulu lah proyeknya. Kepincut juga ama kata2 pak joko di kuliah KPB, jadi pengen ikut proyek2an gitu.


Padahal gw sebelumnya ga pernah ikut proyek sama sekali, ga tau kalo standarnya tu berapa kira2, dan parahnya gw ga tau kalo proyek itu harusnya ada surat kontrak. Jadi aja hari sabtunya ke jakarta ke perusahaannya berinisial C**. Diomongin kerjaannya kayak gimana, trus gw udah ga ngerti gitu cuma iya2 aja. Paling pas nanyain masalah mo dibayar berapa baru gw ngomong. Waktu itu Andrenya ga ikut, makanya gw sempet pusing juga apa dengan pekerjaan yg seperti ini bisa dilakukan. Masalahnya katanya dia minta sesuatu untuk diselesaikan dalam 2 minggu. Nah gw telpon dulu si Andre, nanya dia sanggup ga. Jawabnya oke oke aja. Yasud lah gw terima dengan perjanjian bayarannya 5jt, pake DP 500rebu. Dan ini bodohnya. Harusnya pake surat kontrak, ga cuma stuju2 di mulut aja.

Pulanglah malam itu juga, kembali ke Bandung. trus harusnya selama seminggu ini ngasihtau kerjaannya ke Andre, jadi pas minggu depannya kesana lagi, udah hampir beres. Apa daya sodara2, ternyata proyek itu emang biadab. Pas minggu depannya bosnya nanya mana videonya, lah gw bilang videonya ga representatif pak, maunya gimana, masa mau ambil video yg isinya cuma acara 2 ga penting. Salah gw juga sih, soale ga bener2 ngeliatin semua isi video itu, trus ga nanya videonya mo kyk gimana. Udah gitu pake pembelaan: saya kira bagian videonya ga termasuk pekerjaan kami pak. Jawabannya bener2 bikin gw ciut,lah kan waktu itu katanya setuju-setuju aja, bilang dong kalo ga bisa, kan bisa cari yang laen. Aduh sumpah deh waktu itu gw pengen menghilang aja. Akhirnya panik2 gw coba2 ngedit pake software yg ada disitu, trus nanya2 haris yg lagi OL. Eh ujung2nya ga dipake juga. Dia make orang laen lagi buat ngeditnya.

Trus si Andre yang udah bikin desain dan animasi yang mantep2 gitu, pas diliatin, eh ternyata si bos juga ga terlalu suka, katanya dia pengen yang lebih sederhana, minimalis gitu deh. Si Andre sih udah kesel gitu, ni orang susah banget sih maunya. Akhirnya dibikin ulang, dengan hasil yang kata si bos dia puas, dan kalo menurut Andre dia sama sekali ga puas, soalnya itu biasa banget. Menurut gw, turutin aja lah Ndre. Namanya juga orang beda2 seleranya.

Lainnya, kita yakin, terutama dengan skillnya andre, bisa nyelesaiin itu hari itu juga. Masalahnya adalah dari perusahaannya sendiri ga suportif. Bahan2 presentasinya belom komplit lah, nunggu video diedit lah, petanya belom ada lah. Lah masa kita belom selesai gara2 mesti nunggu mereka punya bahannya. Padahal besok paginya gw ada kuliah, dan malem itu blom pulang2 juga dan blom ada kepastian. Mana leher gw sakit banget, sudahlah gw tidur dulu. Si Andre masih di kantor ama bos dan konco2nya. Pas kira2 jam satu, gw kebangun, soalnya Andre juga mo tidur, trus gw tanya2 gimana. Eh tiba2 kata Andre beres, si bos mintanya gimana udah jelas, trus bisa pulang sekarang trus selasa balik lagi buat ngasih hasilnya. Dengan ngantuk2, gw sms temen gw, si pembawa proyek ini, buat jemput dan nganterin kita pulang. Wah mana waktu itu hampir aja gw kehilangan satu temen dan nambah satu musuh, abisnya temen gw ini ga ikut nemenin kita selama 2 hari itu, membiarkan kita tersiksa, dan brengseknya malah ikut minta bagian. Duh, untung dia masih nganterin kita ke bandung, kalo ga mah berarti udah bukan temen kita.

Hari Senen itu gw nyampe di kosan jam 5 kurang, trus niatnya mo kuliah maninov jam setengah 6, tidur2an dulu malah ketiduran dan bangun jam 6:48. Telat lah. Trus si Andre udah masuk seperti biasa, dengan batuk2, dan ngelanjutin kerjaannya. Gw waktu itu pokoknya udah ga mau lagi ngurusin kerjaannya, capek. trus gw juga ga mau kesana lagi. makanya selasa si andre doang yg kesana, gw ga ikut dengan alasan "ada kuliah hari ini". Praktis setelah itu Andre ngerjainnya sendirian. Gw cuma nanya2 gimana Ndre, trus ngasih semangat. Perusahaannya juga kayaknya udah sadar kalo gw ini bukan aktor utamanya, trus kalo ngontak ke andre mulu. Wajar sih, YM mereka kan gw stealth setting biar terlihat invisible, udah gitu pas YM pun pake alias pula. Mana setelah itu beberapa kali mereka ngirim email mendadak, ngasih bahan dan nyuruh nyelesaiin yg bagian itu besoknya. Gila. Untung itu Andre. Kalo gw mah udah terjun ke laut kali.
Trus bayarannya pun ga jelas nasibnya, soalnya kerjaan belom 100%, ya salah siapa lagi, dari sananya juga belom ada bahannya. Inilah pentingnya surat kontrak. Eh baru kemaren2 kan kita ngusulin supaya minta bayaran seperberapanya dulu. Setelah sekitar 2 minggu, barulah kemaren2 Andre dapet kiriman dari sana. Setengahnya doang tapi, yakni 2,5 jt. Menurut gw Andre sangat berhak dapet 3 dari 5, beda dari 2,4 yang gw rencanakan semula. Makanya yg ini bagiannya Andre gw persilahkan 1,8. gw tujuratus aja.

Dah, pokoknya gw kapok ikut2 proyek gini. Entar kalo ada lowongan lagi, mungkin gw cuma jadi agen, dan yg penting pake surat kontrak, biar ga jadi sapi perah gini.

No comments:

Post a Comment