Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, April 21, 2007

Cho si Pembantai


Agak telat dengernya, tapi gw emang baru nonton berita aslinya tentang kejadian penembakan di Virginia Tech University di Amerika, yang katanya pelakunya Cho siapa gitu orang Korea gitu, dan korbannya puluhan orang, termasuk orang Indonesia juga ada yang jadi korban.
Waktu gw denger beritanya, gw jadi teringat ama postingan yang ini yang waktu itu merupakan komen gw atas film Ekskul yg ada anak SMA nyandera temen2nya pake pistol.

Bedanya adalah kalo di film ekskul Joshua ga nembak siapa2 kecuali dirinya sendiri. Nah si Cho ini persis ama komentar gw. Jadi dia nembak2in temen2nya, trus terakhir baru nembak palanya sendiri. Wah ngeri juga ternyata yg gw bilang kejadian juga. Gw sendiri ga yakin apa bisa berbuat sejauh itu. Orang itu, si Cho, bisa berbuat itu karena mungkin dia udh ga bisa berpikir jernih lagi dan karena dia ga punya temen yang bisa bantu dia ngatasin permasalahannya. (denger2 sih si Cho ini sering dimusuhin dan diledekin, dianiaya lah ama temen2nya)

Sekarang pendapat gw: Kalo melihat penyebabnya, wajar saja hal ini sampe terjadi. Dan gw sama sekali ga menyalahkan si pelaku, dalam hal ini si Cho, atas perbuatannya. Coba yah dibayangin gimana rasanya dimusuhin ama orang2 sekampus, trus diinjak2 tiap hari. Emangnya ga dendam? Jadi, tindakan Cho menurut gw adalah beralasan, dan karena itulah gw ga menyalahkan dia. Kalo ada yang harus disalahkan, salahkan temen2nya yang sering menghina dia (entah apa penyebabnya, apa karena dia orang Asia yang bener2 keliatan dengan mata sipitnya?). Kalo elo menghina ato berbuat buruk ama orang laen, ya harus siap2 tanggung resikonya kalo orang itu marah ke elo. Trus mungkin salahin sekolah karena membiarkan penganiayaan seperti ini berlangsung. Tapi andaikata mereka sama sekali ga tau tentang penganiayaan ini karena si Cho ga ngelapor, kesalahan mereka terhapus. Mengenai para korban yang ga tau apa-apa tapi kena ketembak, yah, gw cuma bisa prihatin aja. Memang nasib itu ga pandang bulu.

Masalahnya sekarang gw bisa ngomong gitu soalnya para korban itu gw ga ada yg kenal. Gimana kalo misalnya yg korban itu sepupu gw yang gw kenal baik. Mungkin gw ikut maki2 si pelaku, kalo misalnya gw tau sepupu gw itu ga terlibat. Tapi kalo misalnya sepupu gw termasuk orang yang menganiaya si Cho, ya itu resikonya sendiri, walopun mungkin gw tetep protes sama aksi Cho. Lain lagi ceritanya kalo gw ada di tempat kejadian, dan dengan kondisi dimana gw ga terlibat, tapi gw terancam jadi korban oleh si Cho yang membabi buta. Demi bertahan hidup, tentu saja gw harus berusaha menghentikan Cho. Dia boleh aja balas dendam ke orang2 yang menghina dia, gw setuju itu, tapi jangan libatkan orang2 yang ga ada kaitannya, apalagi kalo sampe melibatkan gw. (nah lho, ketauan banget egoisnya gw)

No comments:

Post a Comment