Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, May 02, 2006

bloody



Hari ini ada donor darah. Begitulah. Gw akan kembali ke kisah setahun yang lalu waktu pertama kali gw ikut donor darah.

Waktu itu alasan utama gw ikut donor darah bukan karena alasan kemanusiaan, atau ingin berpartisipasi pada acara Humanit IF. The reason is to hurt myself. Menyakiti diri sendiri. Menyedihkan. Kalo diinget-inget lagi memang menyedihkan. Pada saat itu gw sedang mengalami masa yang berat, karena gw merasa sahabat-sahabat terbaik gw (yg cuma 2 orang) meninggalkan gw. Do you know how it feels being ignored ?

Kemudian muncullah acara donor darah ini. Waktu itu yg terpikir di kepala gw adalah : "Take my blood as much as you want, I don't care". Ternyata ga seseram yang gw bayangkan. Jarum yang menusuk tangan tidak terasa sakit. Darah pun dihisap sekitar 5 menit. Ga inget berapa cc. Sesudah itu, donor selesai, gw dikasih bungkusan makanan, selesai. Selesai? Belum. Masalah timbul karena darah yang didonorkan berasal dari tangan kanan, sementara untuk memegang bungkusan makanan itu dan untuk melakukan hal-hal lain gw pake tangan kanan, padahal dokternya bilang supaya tangan kanan jangan dipake dulu.

Akhirnya kejadianlah, dan waktu itu sempet bikin heboh. Darah ngucur dari tangan gw yang tadi disuntik. Bener-bener netes, bekasnya aja ada di kaos gw dan di lantai selasar IF itu. Orang-orang yang liat pada kaget, trus dokternya dipanggil. Karena tahu kalo ga ada gunanya gw panik, gw diem aja dan menunggu bantuan. Dokter datang dan balut lagi tangan gw pake tensoplas. Tapi terlambat. Pasokan darah ke otak terhambat, dan akibatnya selama sekitar 3 menit pandangan gw kabur, semuanya hanya terlihat kuning, dan yang lebih buruk adalah gw tetap terjaga dan merasakan semua itu. Setelah 3 menit, gw muntah, dan pandangan pun mulai normal. Tepat seperti yang dikatakan seseorang waktu itu "Dia sudah kembali."

Pengalaman yang cukup menarik, apalagi untuk orang yang baru pertama kali ikut donor darah. Tapi gw ga menyesali kejadian itu. Atau mungkin sejak awal gw mengharapkan kejadian yang semacam itu? Entahlah. Apakah gw menikmati perhatian yang diberikan orang-orang karena kejadian ini? Mungkin. Tapi memang orang yang mendengar hal tersebut kemudian jadi memperhatikan gw, dan menanyakan apakah gw udah sehat. Lalu apakah gw kapok? Tidak, karena waktu ada acara donor darah dari IF lagi, gw dilarang ikut mengingat kejadian sebelumnya, tapi bagaimanapun gw ikut donor darah di Farmasi keesokan harinya. Dan kali itu gw meminta pada dokternya untuk ambil dari tangan kiri aja. Yang hari ini gimana? Ga ikut. Sudah tidak berminat. Lagian antriannya panjang. Mungkin kapan-kapan kalo gw lagi stres dan butuh pelampiasan gw bakal ikut lagi.

Terimakasih buat Fitri dan Indi yang waktu itu udah ngajakin ikut donor, dan nolongin gw waktu kejadian itu berlangsung. Di saat saat seperti itu, kehadiran teman-teman baru seperti mereka sangat melegakan.

2 comments:

Anonymous said...

gue pengen ikut donor darah..tapi ga pernah boleh..
waktu itu abis gue operasi..gue disuruh nyokap donor buat gantiin darah yang udah gue sedot..hehehe..itung2 membalas kebaikan orang yag udah nyumbangin darah buat gue..
tapi ternyata ga boleh..karena berat minimal itu patokan yang baku..mereka bukan ngitung perbandingan tinggi dan berat, tapi cuman matok berat minimal doang..ga adil menurut gue..bisa aja tinggi tapi kurus bgt kan??terus boleh..sementara gue yang "mungil" n gemuk ga boleh..keselllll

Miss Ingu said...

hari ini (5 Mei 06), gw baru diambil darah.. Bukan donor, tapi ngecek apa bakteri penyebab demam reumatik masih ada pa kagak.. Selama di RS, gw 6 kali ngambil darah, tapi hari ini, tetep aja tangan gw dingin, mata gw mejem pas darah diambil. Padahal cuma dikit.. Meskipun dgn alasan spt itu dan berakhir sedikit berantakan, tapi lu hebat jg, Dwi, berani ngehadapin jarum ganas itu!

Post a Comment