Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, December 26, 2011

proyek nulis bareng

Jadi ceritanya saya dan Dian berencana untuk bikin buku bareng. Karena udah agak lama sejak ide ini muncul tapi belum juga direalisasikan, sabtu kemaren kita ngomongin masalah sistemnya. Gw udah kepikiran sih sejak kemaren2nya, cuma nyari waktu yg pas aja buat diskusiinnya.

Jadi karena ini akan jadi buku pertama yg kita bikin, daripada mikirin gimana format nulis yg ribet2, kayak misalnya, bikin ceritanya sambung menyambung, ato bikin cerita dari dua sudut pandang, mending dibuat dengan cara yg sederhana dan sudah pernah dilakukan. Kumpulan cerpen. Seperti halnya format2 yg sering dipakai nulisbuku dalam suatu event. Hanya dalam hal ini kontributornya ga rame2, tapi dua orang saja. Jadinya dalam satu buku, isinya bukan cuma satu tema, tapi bisa sampai belasan.

Sistemnya nanti adalah: setiap minggu, terhitung sejak 2 Januari 2012, kami akan bergantian menentukan tema, untuk kemudian masing2 menulis cerita dengan tema tersebut. Jangka waktunya adalah seminggu, jadi paling lambat hari minggunya ceritanya sudah disetor di blog, untuk kemudian menentukan tema berikutnya.

Pertimbangannya adalah: mengingat kadang sulit mencari waktu untuk menulis, maka selang waktu seminggu lebih mudah dicapai ketimbang mesti menulis tiap harinya. Kemudian juga untuk lebih teratur, periodenya dimulai setelah tahun baru. Jadi semacam resolusinya jadinya :p

Kemudian nanti postingan di blog tentang proyek ini dikasih tag seperti halnya proyek #15harimenulisdiblog dan #11projects11days kemaren. Hesteknya yg gampang2 aja, yaitu #nulisbareng #mingguke #judultopik. Untuk topik yg pertama, jadinya tag2nya akan seperti ini #nulisbareng #1 #pilek. Berikutnya Dian yg nentuin tema, dst.

Postingan ini sebagai reminder aja sih, semenjak gmail dan twitternya dian dihack, gw gatau mesti menghubungi lewat mana lagi. nunggu aja. yang penting proyek nulis ini jalan terus. Amin.

No comments:

Post a Comment