Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, December 29, 2011

strategi naek KRL di pagi hari

Jadwal KRL Commuter Line semakin amburadul. Mau ngatain BEGO, kayaknya udah keseringan. Tapi baru sejak Natal kemarin, gw coba cara baru naek kereta buat berangkat.

Normalnya, gw berangkat dari rumah setengah 6, dan naek kereta CL tujuan Jakarta Kota yang jam 5.50. Nah, kelihatannya sejak minggu lalu, utk jadwal jam segitu, ada perubahan. Yg jam 5.50 udah bukan ke Kota lagi, melainkan ke Tanah Abang - Angke. Anehnya, di jalur sebelah padahal ada juga kereta CL ke Tanah Abang, tapi sampe Jatinegara. Ga ngerti juga sih ngaruhnya apa bedanya yg sampe Angke ama Jatinegara. Yg gw pikirin: Penting ga sih trayek ke Angke sama Jatinegara? Penting ga sih dibandingin ama orang2 yg berangkat kerja ke jalur Kota? Siapa sih yg berangkat kesana? Emangnya ga bisa apa keretanya sambung lagi dari Tanah Abang? Dulu2 juga kayaknya ga ada masalah. Iseng amat sih ganti2 jadwal.

Tapi sudahlah, karena postingan ini sebenarnya bukan tentang itu. Jadi hari Minggu kemaren, pas Natal itu, pas gw lagi nunggu di stasiun di pagi hari, gw kebetulan denger obrolan orang2 deket gw. Barulah saat itu gw menyadari ide cukup brilian yg keliatannya sudah banyak diterapkan orang2, tapi gw baru tau. Apakah itu?

Mereka berencana untuk naek kereta CL yg ke Tanah Abang, padahal aslinya tujuan mereka ya yg ke arah Kota. Lalu gimana? Lalu turun lah di Tebet, baru abis itu lanjut naek kereta CL yg ke arah Kota darisana. Mengutip ocehan mereka "Lumayan bisa duduk sampe Tebet." Dan gw yg kebetulan denger (nguping, eavesdropping, apalah istilahnya) sepakat dengan mereka, dan mengikuti rencana mereka.

Penjelasannya seperti ini: 5.50 kereta CL ke Kota, diganti jadi Tanah Abang-Angke. Kereta yg ke Kota baru bakal ada jam 6.04. Sementara itu, jam 5.57 ada kereta ke Tanah Abang, yang berangkatnya dari Depok. Ketimbang nunggu yg jam 6.04 dengan kemungkinan besar dalam kondisi penuh abis, mending naek yg ke tanah abang toh, lebih lega. Kemudian nanti tinggal switch di stasiun Tebet.
Kenapa ga di Manggarai? Kan trayek Kota dan TanahAbang misahnya disana? Karena di Manggarai ribet, banyak jalurnya. Lebih aman switchnya di Tebet, satu stasiun sebelum Manggarai.
Lalu apakah kalo naek dari Tebet, keretanya jadi kosong? Ya engga juga sih, mungkin masih penuh, tapi paling ga kita ga lama2 merasakan penuhnya, pas di Cikini paling udah berkurang banyak.

Percobaan pertama pas hari Minggu kemaren sih, pas gw naek kereta ke TanahAbang yg dari Depok itu, kosong. Jadinya asik aja duduk2. Sementara kalo nungguin kereta ke Kota yg dari Bogor, kemungkinan rada penuh dan ga kebagian duduk. Asoy banget kan kalo pake strategi ini.

Tapi itu kalo hari libur. Makanya hari ini, sekali lagi gw terapkan hal itu. Hasilnya, perjalanan dari Depok-Tebet lumayan ga berdesak-desakan. Turun di Tebet, sekitar 5 menit kemudian, kereta ke Kota nyusul. Rada penuh sih, tapi masih bisa masuk. Asal cari pegangan aja biar ga kedorong, soalnya berdirinya di deket pintu gitu. Dan kalo orang2 pada mau turun di Cikini ato Gondangdia, ikut turun dulu, baru naek lagi. Soalnya orang2 suka ga sabaran dan dorong2 keluar.

Begitulah, ternyata dari jadwal yg ngehe ini, masih bisa diakali sedikit biar perjalanan jadi lebih nyaman.

No comments:

Post a Comment