Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, May 22, 2012

[Book Review] Don't Stop Me Now

"Akhirnya, untuk pertama kalinya aku bisa bertemu dengannya."


Author: 11projects11days
Penerbit: NulisBuku

Buku ini adalah hasil dari proyek menulis 11projects11days yang diadakan Oktober 2011 lalu, untuk hari ke-11 (terakhir). Gw beli karena tentu saja tulisan gw masuk juga di sini. Iya, dari 3 percobaan untuk proyek ini, dua di antaranya masuk. Yg pertama adalah yang buku Lagu Pilihan 1. Adapun tema untuk hari ke-11, yg jadi isi utama buku ini adalah, berdasarkan lagu Queen - Don't Stop Me Now. Untungnya sejak setahun terakhir gw mulai dengerin lagu-lagunya Queen, jadi ga asing dengan lagu ini.

Tulisan saya yg masuk buku ini adalah:
Harus Ketemu!
tentang perjuangan untuk menuju ke sebuah tempat, untuk bertemu dengan seseorang, yg ternyata adalah.... agen Maicih! Hehehe, idenya didapet sejak gw tau cara penjualan Maicih yg cukup sulit itu, dan akhirnya bisa dapet dengan cara nitip sama temen.

Tulisan-tulisan lain yang menurut gw menarik diantaranya:

1. Terang Bintang (by @hildabika)
tentang seorang anak yang merasa dinomorduakan ibunya. Bintang merasa ibunya lebih bangga akan kakaknya yg jenius di sekolah, ketimbang dia yang memilih untuk sibuk dengan band-nya. I can totally relate to this.

2. Prasasti Tapak Kaki (by @momo_DM)
temen saya bilang dia ga ngerti ceritanya, ga jelas gitu. Karena itulah, saya bacanya sungguh-sungguh biar ngerti, and I get it. Dengan bahasa metafora sepanjang cerita, saya dapet dan nangkep ceritanya. Tentang orang yang mesti melangkah jauh, dari masa lalunya (hence, meninggalkan jejak berupa 'prasasti tapak kaki') untuk menuju saat ini, dimana sudah ada orang yang menggantikan masa lalunya. Good one.

3. 1001 Nights (by @nadyyapratiwi)
tentang seorang perempuan yang, karena divonis menderita penyakit mematikan, beralih ke dunia malam dan menghabiskan sisa waktunya yang singkat dengan berpesta dan bersenang-senang, tanpa mempedulikan apapun lagi.

4. 3 Pria, 3 Generasi, 3 Permasalahan (by @Sudramo)
tentang tiga orang yang masing-masing terjebak dalam situasinya sekarang. Andryan seorang pelajar SMA yg mesti menuruti keinginan orangtuanya untuk belajar terus2an untuk menjadi dokter, Rifqy seorang PNS yang pekerjaannya yg menumpuk menyita waktunya, dan Leonard yang punya pacar yang mengatur hidupnya. Ketiganya merasa tidak bebas, sementara mereka memiliki keinginan yang sama: menjadi penulis. Well, semacam meta cerita ini, yg bagi sebagian penulis mungkin mencerminkan masalah mereka.

5. Penulis Cerpen Mini (by nukenuk)
bicara tentang meta cerita, mungkin ini yg paling kentara. Ceritanya tentang mahasiswa yg cinta pada dosennya yg seumuran, kemudian, nah ini dia, ikut proyek menulisnya 'nulisbuku' selama 11 hari, dan semua tulisannya terbit dan masuk ke dalam 11 buku, dan dia ngasih itu ke wanita yg disukainya. Obvious reference. Tapi sebenarnya bagi saya agak maksa ceritanya dengan nyambung2in dengan event ini.

6. Get Lost My Self "Diary" (by @riersy)
tentang cewek yg lebih memilih untuk mengikuti sendiri cara hidupnya, dan ga ikut2an gaya cewek yg biasanya. Dia hanya ingin bebas, ga ingin terikat dengan peraturan2 yg mendiktenya harus seperti ini dan itu. Yeah, this one is the one that I can relate to.

7. Cinta Satu Paket (by @ichandfay)
tentang hubungan yg tak direstui. Azka ingin menikahi Renata, tapi ibunya tidak mengizinkan karena Renata adalah janda beranak satu. Azka akhirnya melawan kehendak ibunya untuk bersama dengan Renata. Tapi di tengah jalan, kecelakaan terjadi, dan hasilnya, dia koma tak sadarkan diri. Harga mahal yang harus dibayar supaya kedua orang yg penting dalam hidupnya (ibunya dan Renata) bisa berdampingan.

8. Mimpi (by @shyynta)
dilema yang dirasakan Citra, yang punya keinginan untuk mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan ke luar negeri, sementara Dhika, yg sudah lima tahun bersamanya, ingin segera menikahinya selepas dia selesai kuliah. Mana yg mesti diutamakannya, impian, atau cintanya?

9. Kilau Tara (by @Tantri_shu)
tentang Tara yang membatalkan pertunangannya yg hanya tinggal sebulan lagi, karena memutuskan untuk mengejar kebebasan dan pengalaman baru yg menantinya bersama Ben yang hobi bertualang.

10. Crash (by @w1ndoet)
cerita lucu yg kental dengan logat Betawi, tentang Rojak yang sedang seru-serunya ikut balapan mobil, kemudian mobilnya menabrak lintasan dan terguling. Not to worry, karena balapan ini ternyata hanyalah balapan di arena game center.

Dibandingkan dengan buku Lagu Pilihan 1 yg waktu itu gw baca, yg ini lebih rapi, dalam arti jumlah typo dan salah penulisannya sedikit. Mungkin karena di buku terakhir ini hanya diterbitkan satu judul, bukan 2 atau lebih seperti di tema-tema sebelumnya.

No comments:

Post a Comment