Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, May 11, 2012

Kenapa Kita Perlu Menonton Film Sampe Selesai

Sampe selesai itu maksudnya, sampe credit dan musik yang mengiringinya bener-bener abis. Yang ada di bioskop2 lokal yang gw temuin, begitu film masuk credit, lampu studio dinyalain, dan penonton pada buru2 keluar. Jarang banget gw liat ada orang yang nontonin creditnya sampe abis. Makanya seringnya gw keluar terakhir sendirian. Pengen juga sih kalo nontonnya ama temen2 yg juga pecinta film, yang tinggal sampe akhir film.

Kemaren setelah nonton The Avengers, gw baca di wikipedia, kalo ternyata di akhir filmnya ada after credit scene. Oh, yg Thanos itu pikir gw, checked. Tapi di wiki ternyata ditulis ada 2 scene. Yang pertama yg Thanos itu, yg satunya lagi di paling akhir. Yg bikin kesel adalah, udah gw tungguin creditnya, tapi blom sampe selesai, layarnya udah item aja, suara jalan terus. Yah, ini namanya ngusir penonton biar keluar, kalo gambarnya dipotong gitu.

Btw, temen gw yg kebetulan nonton The Avengers di Singapur bilang, dia nonton scene yg terakhir itu. Kenapa? Karena bioskop di sana beda dengan kita. Begitu credit dimulai, lampu studio ga langsung dinyalain, masih tetep mati, makanya penonton ga langsung pergi. Mereka baru nyalain lampu setelah film bener2 selesai. Wow, keren banget yak.

Jadi, kenapa kita sebaiknya nonton sampe abis?
1. Karena ada after scene, yg letaknya mungkin di tengah-tengah credit, ato di akhir credit, seperti di film Avengers, ato film2 Marvel lainnya. Sayang kan kalo keburu pergi, padahal masih ada scene.

2. Karena kita berhak. Dengan membayar tiket masuk bioskop, kita berhak untuk menikmati dan menonton keseluruhan durasi filmnya, dan itu termasuk bagian creditnya.

3. Biar tau nama-nama aktornya. Sering ga sih nonton film, trus wah, ini karakter yg ini kok keren banget. Yg maen siapa yak? Makanya, liatlah credit bagian cast-nya biar tau yg meranin siapa.

4. Biar bisa denger soundtracknya (yg keren2). Original score dari Danny Elfman, Alexandre Desplat (di film2 Harry Potter), lagunya Linkin Park (di Transformers), Taylor Swift yg 'Safe and Sound'(The Hunger Games),  semuanya itu disetel pas credit. Apalagi dengan audio bioskopnya yg menggelegar, suaranya bakal terdengar lebih oke.

Sekarang coba bayangin kita di posisi komposer atau band yg bikin soundtrack untuk suatu film. Tentunya kita pengen lagu kita didenger ama orang2 yg nonton kan? dan bukannya buat ditinggal pergi aja pas credit.

Karena itu, mantengin filmnya sampe abis, adalah termasuk menghargai karya orang lain. Sikap yg perlu kita biasakan, kalo kita juga ingin karya kita dihargai orang.

No comments:

Post a Comment