Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, May 20, 2012

Saya yang Sok Tahu

Kemaren2 rupanya saya bikin kekeliruan lagi. Maksud cuma nimbrung, ternyata dibawa serius, dan ujung2nya saya dibilang sok tau lagi.

Iya, sepertinya kalo berurusan dengan temen yg satu ini emang selalu sulit. Mungkin karena saya pernah melakukan kesalahan waktu itu, trus begitu terjadi lagi, dia langsung ngomelin saya abis-abisan. Saya kira karena kita temen, jadi gapapa kalo saya komen2 sambil bercanda gitu. Mungkin timing saya salah, dia lagi bad mood ato gimana, saya jadinya diceramahin.
Saya bilang ke dia, mungkin dia berlebihan.

Ternyata ga selesai sampe disitu. Feeling saya bener, orangnya lanjut nulis panjang lebar. Saya ga yakin itu tulisannya ditujukan ke saya ato secara general, tapi ada beberapa kata yg spesifik yg digunakan. Oiya, hampir pasti sih itu ditujukan ke saya, meskipun juga berlaku general.

Awal-awal saya baca, saya kesel. Gimana engga, dari cara nulisnya aja udah kerasa hawa omelan gitu, apalagi pake kata kampret2 segala. Lalu ga jelas, apakah ini mau ngasih nasihat/masukan ato menghina sih. Meskipun diawal2 ditulisnya kalo ini ga bermaksud menggurui, tapi ya percuma aja kalo konten isinya bernada menggurui. Sempet ga habis pikir, ini orang, yg communication skill nya bagus, apa iya baru puas kalo bisa ngasihtau orang lain dengan cara seperti ini, dengan cara ngomel2 dan merendahkan gitu. Gitu ya, mentang-mentang communication skill bagus, trus bisa menghina orang yg dipikirnya communication skill kurang. Apanya yg skill kalo gitu? Percuma mbak, orang juga kalo dibilanginnya kayak gitu, mana nurut. Mungkin beberapa orang iya nurut, tapi ga bisa berlaku ke semua orang.

Tapi saya inget, kalo saya ga boleh marah2. Karena masanya marah2 itu udah lewat, waktu jaman saya kuliah dulu. Saya ga bisa marah2 kalo masih sayang sama jantung ini. Makanya saya baca ulang lagi tulisannya. Berkali-kali. Lagi dan lagi sampe saya bisa bacanya tanpa emosi, dan jernih. Karena biar bagaimanapun, saran dan masukan harus kita terima, ga peduli dari siapa saran itu berasal, meskipun orang itu buat kita menyebalkan. Hasilnya, ada sebagian yang saya setuju, dan sebagian yg saya ga setuju.

Iya, saya tau communication skill saya ga sebagus dia. Dan saya juga paham masalah nyamber menyamber itu mesti lebih hati-hati lagi, apakah itu buat bercanda doang ato ga. Yang katanya bahkan kalo bercanda mesti dipikir2 dulu. Okay, mungkin memang gitu. Ada dua pelajaran yang bisa saya ambil.
1. Jangan asal nyamber, dan seperti dibilang, mungkin lebih baiknya gini: Kalo ga ditanya, ga usah jawab. Kalo ga ngerti, diam saja, ato tanya. Oke.
2. Jangan nyamber ke orang2 yg sulit seperti dia. Karena dari pengalaman, cuma dia doang yang orangnya sampe seribet ini, kayaknya hobi banget ya membesar-besarkan masalah. Atau mesti ngasih nasehat dengan cara beberin kekurangan2 orang lain gitu. Ya terserah sih, mungkin emang bawaan dari kepribadiannya.

Setengah membaca tulisannya, saya bisa tenang, karena saya bukan termasuk orang yg disebutkan ciri2nya itu. Mungkin dia mengira saya seperti itu, tapi ya namanya orang juga pasti ga lepas dari berasumsi.

Kalo saya bilang "I dont care" itu berarti saya emang ga peduli. Dan bukannya diem2 punya keinginan tapi minder dan nyari2 alasan. Saya ga tau temen-temen yg dia kenal itu seperti apa, mungkin ada beberapa diantara yg begitu, tapi saya bukan mereka.

Mungkin ini memang kelemahan dari social media. Orang2 hanya berkomunikasi lewat dunia maya tanpa bertemu langsung. Apalagi untuk twitter dimana jumlah karakter dibatasi, terkadang apa yg ingin disampaikan orang, diterima oleh orang lainnya secara berbeda. Ujung2nya menimbulkan salah paham.

Hidup itu pilihan. Dan ini bukan sekedar alibi. Masing2 kita punya pandangan hidup beda-beda. Tujuan hidup yg beda-beda. Cara menikmati hidup yg beda-beda. Dan itu memang wajar. Selama ga bertentangan dengan yg lain, ga perlu memaksakan pendapat atau marah.

Jadi saya hargai komen-komen kamu (meskipun rada kasar), tapi bukan berarti saya mesti setuju dengan semua isinya. Beberapa mungkin sesuai, dan sisanya tidak.

Intinya, belajar. Jangan sok tahu.
Kamu betul, tapi kalimat ini juga berlaku untuk semua orang, bukan cuma saya, kamu juga, dan orang2 lain juga.

No comments:

Post a Comment