Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, May 05, 2012

Dynasty Warrior, Story Mode: Three Kingdoms: Wei, Shu, Wu.


Karena dari kemaren2 maennya yg Conquer Mode, dimana ganti-gantian pake semua karakternya, baru nyadar kalo Story Modenya malah belom ditamatin. Jadilah gw ganti pindah ke Story Mode. Awalnya pilih yg Wei duluan karena random, tapi setelah beberapa misi, paham kalo pilihan itu adalah pilihan yang tepat. Sejatinya, biar afdol, berdasarkan kronologisnya, untuk Story Mode di Dynasty Warrior ini mestinya dimulai dari Wei, kemudian Shu, baru Wu.

Wei


Kelompok Wei ini dipimpin oleh Cao Cao, yg menurut lawan-lawannya, kejam dan tanpa ampun. Ya, mungkin emang gitu sih, tapi bagi anak buahnya, dia pemimpin yg sangat dihormati, dan peduli sama mereka. Orang-orang kepercayaannya diantaranya Xiahou Dun (tangan kanannya), Xiahou Yuan, dan Cao Ren.

Misi Wei pada awalnya adalah bergabung dengan pasukan lain yang diperintahkan Kaisar Han untuk membasmi pemberontakan Yellow Turban pimpinan Zhang Jiao. Di misi berikutnya, Cao Cao yg tadinya bersekutu (ato dibawahnya ya, lupa) dengan Dong Zhuo, memutuskan untuk melepaskan diri. Konflik pun timbul antara Wei dengan Dong Zhuo, dan anak buahnya yg disebut sebagai ksatria terkuat masa itu, Lu Bu. Pada akhirnya, Lu Bu yg kemudian menggulingkan Dong Zhuo, berhasil diatasi oleh Wei, melalui koalisi dengan Shu. Sesudahnya, Cao Cao juga berhasil menggulingkan Yuan Shao, jenderal yang berada di atasnya, untuk memperoleh wilayah yang lebih luas.

Di lain pihak, persekutuan dengan Shu yg dipimpin Liu Bei, penuh dengan muslihat. Pada dasarnya masing-masing pihak ingin menguasai lebih banyak wilayah. Yang menyebabkan pertikaian antara kedua pihak. Shu sempat mengalahkan Wei pada perang Chi Bi dimana mereka bersekutu dengan Wu. Setelah kekalahan itulah, Cao Cao mulai terlihat lelah dan kesehatannya menurun, menyebabkan strategi dan langkah-langkahnya tidak secemerlang biasanya. Cao Cao pun akhirnya meninggal karena penyakitnya.

Pimpinan Wei diambil alih oleh anaknya, Cao Pi, yang berhasil menggulingkan kaisar Dinasti Han, dan mendirikan kekaisaran untuk dinasti Wei.

Cao Cao pemimpin yang kharismatik, dan punya tujuan besar, menguasai seluruh daratan Cina, untuk mempersatukannya, dan menghapus pertikaian dan perang saudara yang menyebabkan rakyat menderita. Dia juga seringkali memberi ampun pada lawan-lawannya, dan ganti merekrut mereka sebagai bagian dari Wei, seperti halnya Dian Wei dan Xu Zhu yang menjadi bodyguardnya, Jia Xu yg diangkatnya jadi ahli strategi, dan Zhang Liao yang menjadi salah satu jenderalnya.

Shu


Shu dipimpin oleh Liu Bei, seorang ksatria yang memiliki sifat baik hati. Sifat itulah yang mendorongnya untuk menjadikan kelompok Shu maju, agar bisa memerintah rakyat dengan adil. Sayangnya, sifat itu juga yang seringkali membuatnya kurang tegas, sehingga sering dikalahkan oleh Wei atau Wu. Liu Bei berjuang bersama rekan-rekannya, yang juga dianggapnya sebagai saudara. Di antara mereka yang ikut dengannya sejak awal adalah Guan Yu, salah satu ksatria terkuat, dan Zhang Fei.

Shu yang awalnya tidak memiliki wilayah sama sekali, ikut membantu pasukan Cao Cao untuk mengatasi Dong Zhuo dan Lu Bu. Setelah Liu Bei sempat dibantu Lu Bu dalam usahanya mengalahkan Cao Cao, persekutuannya dengan Wei berakhir, dengan Guan Yu terpisah dengannya. Betapa kagetnya dia begitu mengetahui bahwa Guan Yu bekerja untuk Cao Cao. Kesalahpahaman yang kemudian teratasi begitu Guan Yu menjelaskan bahwa dia hanya membalas budi Cao Cao yang menyelamatkannya waktu itu.

Untuk menghadapi Cao Cao, Liu Bei pun memperkuat pasukannya. Bergabungnya Zhao Yun, juga kemudian dengan usaha yang pantang menyerah untuk membujuk ahli strategis nomer satu saat itu, Zhuge Liang, untuk bergabung dengan mereka. Kemudian dia juga merekrut prajurit2 kuat yang mereka kalahkan dalam pertempuran, seperti Huang Zhou dan Wei Yan.

Selain dengan Wei, Shu pun terlibat persaingan (meskipun berkoalisi) dengan Wu. Permasalahan yang coba diatasi dengan menikahkan Sun Shang Xiang, adik Sun Quan (pemimpin Wu) dengan Liu Bei, untuk menjaga aliansi mereka. Pada akhirnya ketika kemudian Wu menyerang mereka, dan menyebabkan salah satu rekan mereka mati, Liu Bei hilang kesabaran, dan melancarkan perang dengan Wu.

Setelah itu, Liu Bei mengalami kemunduran dan seperti halnya Cao Cao, meninggal karena penyakitnya. Pimpinan diambil alih oleh putranya Liu Shan, yang mewarisi sifat murah hati ayahnya. Komando perang tetap dipegang oleh Zhuge Liang. Setelah menemukan bakat baru pada ksatria muda Jiang Wei, Zhuge Liang pun wafat, menyusul Liu Bei dan para pendahulunya.

Wu


Awalnya, gw kira pemimpin Wu itu adalah Sun Jian. Ga salah sih, cuma gw ga tau kalo dia ternyata abis itu mati, dan digantiin ama anaknya, Sun Ce, yang kemudian juga mati, dan baru abis itu adiknya Sun Ce, Sun Quan yg jadi pemimpin dan yg berkuasa cukup lama.

Seperti halnya Shu dan Wei, Wu juga masuk dalam aliansi untuk menaklukkan Yellow Turban, dan kemudian Dong Zhuo. Pada sebuah pertempuran, Sun Jian tewas. Sun Ce yang meneruskan ayahnya, mendapat bantuan dari teman baiknya, Zhao Yu, yang juga ahli strategi yang handal. Ambisi Sun Ce tidak bertahan lama, karena dihantui oleh memori tentang ayahnya dan lawan-lawan yang sudah disingkirkannya untuk memperoleh kekuasaan bagi Wu, dia pun wafat dalam suatu pertempuran.

Sun Quan yang mesti menggantikan ayah dan kakaknya, memiliki tugas yang berat. Untungnya, dengan adanya Zhou Yu, dan anak buahnya yang tangguh, diantaranya Taishi Chi, Huang Gai, Gan Ning, Ling Tong, Lu Meng dan juga pengawal sekaligus orang yang dicintainya, Lian Shi, dia tumbuh menjadi pemimpin yang tangguh.

Aliansinya dengan Shu sukses mengusir Cao Cao pada perang Chi Bi. Sayangnya, karena ambisi dari kedua pihak, Sun Quan pun mengambil langkah dengan menyerang Shu, meskipun saat itu aliansi mereka diperkuat dengan pernikahan Sun Shang Xiang dengan Liu Bei. Hal itu juga turut dipengaruhi oleh wafatnya Zhou Yu karena sakit, yang membuat pertimbangannya tak seefektif biasanya.

Wu tetap maju, dan demi mengalahkan Shu, mereka bersekutu dengan Wei untuk menumbangkan Guan Yu. Dengan hilangnya Guan Yu, ditambah dengan strategi yang diusulkan Lu Xun, mereka berhasil mengalahkan Shu. Sun Quan tidak membunuh Liu Bei, dan menyuruhnya pergi. Lawan mereka berikutnya adalah Wei yang dipimpin oleh Cao Pi. Dengan tidak mementingkan cara ksatria, dalam arti tidak bertarung satu lawan satu, Sun Quan mengalahkan Zhang Liao dan Cao Pi untuk merebut kekuasaan dari tangan Wei.

Jin


Dan bahkan setelah Wu berkuasa, kelompok Jin di bawah pimpinan Sima Yi, berkembang. Tadinya dia adalah ahli strategi untuk Wei semasa Cao Cao dan Cao Pi. Mendapati pemimpin kesekian Wei lemah, dia memberontak dan mengambil alih kekuasaan di Wei dan mendirikan dinasti Jin.

Gw belom namatin yg Jin ini (stik PS-nya keburu rusak, coba), tapi di akhir nanti, disebutkan kalau merekalah yang berhasil mengambil alih kekuasaan dan menguasai daratan Cina, mengalahkan ketiga kerajaan Wu, Wei, dan Shu, di bawah pimpinan putra Sima Yi, Sima Zhao.

*interpretasi akan Three Kingdom, berdasarkan game Dynasty Warrior saja, jadi harap maklum kalo ga akurat sama wikipedia.

1 comment:

zhao yun said...

Seandainya saja "Other Forces" adalah satu kerajaan pasti kerajaan itulah yang terkuat, soalnya disono ada lu bu, zuo ci, zhang jiao dkk

Post a Comment