Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, May 15, 2012

[Review Film] The Avengers (2012)



Director: Joss Whedon
Cast:
Robert Downey, Jr
Chris Evans
Scarlett Johansson
Mark Ruffalo
Chris Hemsworth
Jeremy Renner
Tom Hiddleston
Samuel L. Jackson

Plot:

SHIELD berencana memanfaatkan Tesseract, tapi malah ga sengaja mendatangkan Loki. Loki menghipnotis Barton dan Selvig, dan membawa kabur Tesseract untuk digunakan untuk membuka portal ke dimensi lain, dimana sudah menunggu pasukan Chitauri, yang merupakan persekongkolan antara Loki dan mahluk luar sana, yang ingin menguasai universe dengan kekuatan dari Tesseract.

Nick Fury mengumpulkan semua hero yang dikenalnya sebagai program Avengers Initiative, mulai dari Dr Bruce Banner (Hulk), Tony Stark (Iron Man), Steve Rogers (Captain America), dan Thor (yg sebenarnya datang sendiri untuk membawa Loki pulang). Belakangan, Natasha Romanoff (Black Widow) dan Barton (Hawkeye) juga dianggap sebagai anggota Avengers.

Loki anehnya tak melakukan perlawanan begitu mereka datang menangkapnya, dan membiarkan dirinya ditahan di penjara di kapal SHIELD. Selama itulah, situasi di markas terbang SHIELD pun menjadi kurang kondusif bagi para Avengers. Mereka terpecah belah, dan sibuk berdebat satu dengan yang lainnya, termasuk pada persoalan SHIELD yg sebenarnya ingin menggunakan Tesseract untuk menciptakan senjata berkekuatan tinggi.

Dalam keributan itu, Banner berubah menjadi Hulk, markas SHIELD diserbu oleh Barton dan agent2 lain yang dipengaruhi Loki. Loki sendiri berhasil kabur, dan Thor dan Hulk terpisah dari mereka.

Loki bergerak dengan cepat. Selvig berhasil menciptakan perangkat yang dapat membuka portal untuk mengundang pasukan Chitauri. Mereka masuk ke New York dan mulai menghancurkan segalanya. Kali ini, para Avengers bersatu padu dalam menghalau armada Chitauri, yang sayangnya seakan tak habis-habis terus keluar dari portal antar dimensi tsb.

Hingga kemudian, Iron Man berhasil membelokkan misil nuklir dan membawanya melewati portal, dan mengarahkannya ke markas Chitauri, dan otomatis melumpuhkan seluruh armada. Sementara Natasha berhasil menutup portal dengan menggunakan tongkat milik Loki.

Loki yang sudah mati kutu, kemudian dibawa pulang oleh Thor untuk diadili. Tak lupa, batu Tesseract juga diserahkan pada Thor untuk diurus oleh bangsa Asgaard. Sedangkan anggota Avengers yang lain, bebas dari SHIELD, dan kembali berbaur ke masyarakat.


Komentar:

Film yang sudah dinanti-nanti sejak tahun 2008, dimana di bagian akhir Iron Man, dimana Nick Fury muncul dan membicarakan tentang Avengers Initiative. Dan memang tidak mengecewakan. Penuh aksi-aksi keren, parade superhero dengan sifatnya masing-masing yang dipaksa saling berinteraksi dan bekerja sama dalam satu tim. Terlihat betapa kocar-kacirnya mereka di pertengahan film, ketika mereka bertengkar satu sama lain, sementara Loki hanya tertawa di balik penjaranya, dengan suatu cara memanipulasi para Avengers.

Konsistensi dengan film-film sebelumnya pun terjaga. Sepertinya pencetus film ini sejak awal sudah berpikir matang2, menyelipkan hal-hal apa di film Iron Man 2, Thor, dan Captain America, sehingga tercipta alur tentang Tesseract ini. Juga tentang pembalasan dendam Loki, sampai Agent Coulson yang akrab dengan Piper Potts. Oiya, terutama mereka konsisten dan niat banget dengan turut memunculkan karakter2 pendukung dari film berbeda, seperti Piper Potts dan Erik Selvig. Jane Foster juga sempat muncul, tapi cuma ditampilin gambarnya doang.

Bagaimana dengan penampilan para superheronya? Tidak mengecewakan. Ada chemistry antara Tony Stark dengan Bruce Benner yg sama2 ilmuwan/jenius. Kemudian antara Iron Man dengan Captain America yg tadinya ga akur, kemudian malah kerjasamanya bagus. Hulk juga cukup mengejutkan karena dalam wujud monsternya masih bisa bekerja sama dengan yang lainnya. Impresif.

Lalu siapa karakter favorit gw? Iron Man always cool, but that's because he is. Gw pilih Captain America, karena meskipun secara level kekuatan dia masih di bawah Hulk, Thor, dan Iron Man, pada akhirnya anggota yang lain nurut sama dia dan menjadikan dia sebagai pemimpin. Gw juga salah sangka sama Captain, karena mentang2 dia disuntik steroid ato apa gitu, makanya kuatnya cuma kuat yang standar doang. Ternyata si Captain kuatnya ga kalah dari Thor, dan tamengnya bahkan bisa menahan palu Mjolnir Thor secara seimbang.

Bruce Banner oke, karakternya asik, dan menjelang akhir, untungnya dia bisa tau cara ngendaliin Hulk. Dan jangan lupakan Agent Barton, karakter paling underrated. Bukan masalah kekuatan, tapi pengetahuan dan akses yg dia punya. Bayangin aja, karena dia jadi anak buahnya Loki, SHIELD sampe amburadul karena Barton tau segala macem akses, dan sempet bikin pesawatnya SHIELD hampir kolaps. Dan kirain dia cuma ahli panah yang jadi salah satu anak buahnya SHIELD. Intinya, Agent Barton bener2 merepotkan sewaktu dia berada di pihak musuh.

Kelemahan. Plot membuka portal untuk kemudian armada Chitauri masuk itu, mirip sama Transformers: Dark of the Moon yang tayang taun lalu. Mana pasukannya stylenya robotik gitu pula. Mestinya bisa dicari plot lain yg lebih variatif. Dan Loki. Oh, gw kira mereka telah melakukan ketidakadilan pada karakter Loki. Karakternya berubah jadi despicable banget, dan memalukan pula, setelah di bagian akhir dibanting2 seenaknya ama Hulk. Loki jadi kayak dangkal gini, pengennya nguasain bumi padahal ga ada maknanya.

Karena itulah, gw lebih suka Loki yg di Thor ketimbang di sini. Satu lagi, film The Avengers ini all about fun. Ga ada scene yg emosional seperti di Thor, yang karenanya menurut gw masih di bawah Thor. myRating: 8.5/10.

No comments:

Post a Comment