Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, October 16, 2011

Jurnal 16 Oktober 2011

Kelanjutan dari #15harimenulisdiblog, yang akhirnya berakhir hari Jumat kemarin. Tapi sejujurnya, saya sedikit kecewa karena di akhir2 malah pencetus idenya pada menghilang, dan jadinya ditelantarkan saja ini kegiatannya. Karena itulah, begitu tau bahwa mas @hurufkecil berniat ngelanjutin ini di blognya di majalahkecil, saya pesimis. Bah, paling ditelantarin lagi. Lagian yg dipilih itu biasanya dari kalangan tertentu doang, yg udah kenal. Kayak fiksimini lah, udah mulai eksklusif. Males ya jadinya ikut2an kayak gitu.

Minggu ini kayaknya gw full masuk, dan sampe minggu depan juga. Gantiin aji yg masih harus ngurus ujian. Mulanya kan masuk senen selasa (rabu), kamis masuk lagi lagi, jumat sabtu (minggu), dan senen besok gantiin aji lagi, selasanya pagi lagi, rabu (kamis). Lah, hampir tiap hari ada di kantor jadinya. Tapi nanti tunggu waktu gw digantiin deh, biar bisa puas di rumah.

Oh, avatar di twitter ganti. Sebelum nanti ada yg nyangka kalo gw cewek, gw ganti lagi pake foto sendiri. Soalnya nonton Skins season 5nya juga dah selesai, dah 2 minggu pula. Dan lalu lintas twitter minggu ini rada sepi yah, selain gw nulis blog, praktis jarang ada hal menarik lainnya. Tapi mungkin bagus, biar gw bisa tambah sering nulis. Well, okay, ada gempa di Bali hari Kamis kemaren, dan ada orang bernama JTmor yg jadi sensasi mendadak. Dan gw jadi sering blogwalking, kadang nemu tulisan2 yg menarik, dan mengharukan, dan ada lagi yg cinta-cintaannya kental banget, gw sampe kagum.

Dan marilah kita bahas postingan2 gw di #15harimenulisdiblog dari #10 sampe #15.
#10 #hadiah
dariku untuknya
#11 #hujan
kamu dan aku, di tengah hujan
#12 #mantan
thank you
#13 rumah
rumah terkutuk
#14 pernikahan
janji
#15 quotes
i make my own quotes

Seperti sebelumnya, gw coba menerapkan genre dan cara penulisan yg berbeda untuk setiap postingannya.

#10 dariku untuknya
Ini berdasarkan pengalaman gw sendiri. Lagi ga pengen ngarang2 cerita, jadinya gw coba inget2 aja, sekalian liat2 postingan dulu2. Bukan buat mengungkit2 masa lalu, tapi untuk memberitahu orang, kalo gw juga bisa begitu loh. Dan ternyata orangnya baca, aduh, waktu nulis itu gw juga ga memperkirakan dia bakal baca, ya ga dalam waktu dekat gitu. Tapi sudahlah.
#11 kamu dan aku, di tengah hujan
Yang ini sih, boleh dibilang, inspired by true story. Kejadiannya sih emang gw pernah ujan2an, tapi ga berdua, menyenangkan. Gw bikin aja ceritanya jadi rada romantis, plus pengen nyelipin ability untuk memperkirakan kapan hujan bakal turun. Kayak John Locke di LOST. Kadang2 gw juga suka sotoy gitu sih, jadi kalo lagi mendung, gw suka "hmm, 5 menit lagi ujan nih."
#12 thank you
Tema mantan ini yg tersulit di antara yg lain. Iya gw tau maksud mantan disini adalah mantan pacar. Tapi gw pengen bikin dobel meaning, dimana bukan cuma ceritain mantan pacar, tapi juga mantan jenis lain. Dalam hal ini, mantan assassin. Dan hasilnya lumayan sih, di akhir2 dijadiin twist kalo si cowok itu mantan agen/pembunuh bayaran. Ah, sayangnya pas sudah hari ini, mas hurufkecilnya ngilang, dan pada telantar lah, jadinya posting gw yg ini ga dishare. Padahal udah oke gitu twistnya.
#13 rumah terkutuk
Kali ini bukan fiksi atau pengalaman, tapi gw simply mendeskripsikan rumah di film Ju-On. Tadinya mau sedikit sadis gaya nulisnya, tapi dijadiin datar aja. Sudah cukup serem sih, buktinya kak elna bilang ini MEMEBLOG, nyesel bacanya, yaiyalah pas dibacanya hari Kamis, karena Rabunya kedua admin pada sibuk.
#14 janji
Menulis dengan tema pernikahan sungguh merupakan tugas yang maha sulit. Karena selain gw ga pernah mengalami, kemungkinan gw juga ga bakal melakukannya. Mudah aja sih kalo bikin cerita tentang pernikahan gagal, atau kecewa karena pernikahan orang lain, tapi hari itu gw mau ceritanya berakhir bahagia. Dan bisa juga sih nulisnya. Sebagian karena teringat scene di How I Met Your Mother dimana Ted ama Robin bikin perjanjian bakal nikah kalo umur 40 masih single. Dan gw coba kembangkan dari situ, tapi ga lama2 sampe 40, nanti udah keburu jelek. Instead, 10 tahun aja dari janji itu, jadi pas umurnya 30 lah. Dan sengaja ga dibikin sampe bener2 nunggu sampe 30, di cerita ini disebutkan di tahun ke 6 dia akhirnya ga kuat menahan perasaannya. Setelah jadi dan gw baca, wow, dongeng banget ini. Dalam hati, ini jenis bullshit yg ga bakal terjadi sama gw. Tapi gapapalah biar pembaca senang.
#15 i make my own quotes
Yg terakhir kok terasa antiklimaks ya. Selain karena sudah 3 hari blognya pada ga dishare (semangat menurun) posting dengan tema ini ga memungkinkan untuk bikin cerita, walaupun ada sih beberapa yg bisa jadiin cerita dari tema quotes ini. Gw coba pinter dikit deh, obrak abrik tab favorites buat cari kata2 mutiara yg gw bikin, trus kasih judulnya rada pede gitu, i make my own quotes. beuh, cukup garang sih. Tapi jadi kesempatan yg bagus buat menjelaskan prinsip2 gw. Yakalo pada baca, ini aja udah pada telantar.

Dan sebenarnya masih pengen nulis, yg ada banyak kata2 I know di dalamnya, kayak puisi yg semua barisnya dimulai dengan I know. Oya selain I know, gw juga konsisten, jadi ada badan postingan, trus ganti baris berapa kali, semacam penutup/kesimpulan, ganti baris berapa kali lagi, dan after scene, epilog, atau twist di beberapa postingan. Gw suka gaya yg seperti ini.

6 comments:

Anonymous said...

kantor lu di mana sih minky? Kok kayanya liburnya ga beraturan gitu?


Hmm,,klo orangnya baca kenapa emangnya?

minky_monster said...

kerjanya shift-shiftan. makanya.

hmm, takut misunderstanding dan drama aja.
kemaren sih, auranya seperti itu

Anonymous said...

Wow,,drama,,kaya sinetron aja :p

Let me guest, lu kerja di operator?

minky_monster said...

not exactly, tapi mirip2 sih.

Anonymous said...

Klo ga operator brarti vendornya operator,,ok,,sukses yaaa,,

Btw ym lu emang ud ga aktip yap?

minky_monster said...

gw males aja sih buka ym tapi cuma buat bengong doang. kalo ada perlu mau chat ama siapa, baru gw ol.

Post a Comment