Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, October 26, 2011

make list for your movies

Beberapa di antara kita punya hobi donlot film, continuosly, sehingga akhirnya filmnya pada numpuk, dan banyak yang belom ditonton. Sementara film2 hasil donlotan baru terus muncul. Mungkin banyak juga yg bingung mau nonton yg mana dulu, dan biasanya yg ditonton adalah film yg baru2 dan bagus. Lalu nasib yg laen gimana, kapan dong ditontonnya? Entah.

Karena itulah, gw mau ngasih usul aja sih: bikin list daftar stok film yg udah kita punya dan belom ditonton. Kalo bisa disusunnya berdasarkan kemunculannya, jadi ketauan mana film yg udah lama didonlot dan mana yg baru. Itu baru langkah pertama.


Tentu kalo kita nontonnya berdasarkan list tadi, film2 yg baru ga bakal ketonton dalam waktu dekat. Makanya perlu dibuat aturan tambahan. Kalo cara yg gw pake sih begini: Dari list yg jumlahnya banyak itu, bagi per kelompok, tentuin satu kelompoknya berapa, misalnya 10. Jadi setiap 10 judul, kasih batas.

film 1
film 2
.......
film 9
film 10
========== (garis pembatas antar kelompok)
film 11
film 12

Nanti urutan nontonnya adalah film pertama dari kelompok satu, kemudian film berikutnya film dari kelompok dua, dan seterusnya. Dengan cara ini, film yg baru pun akan bisa ketonton dalam waktu dekat. Dan memang akan ada film2 yang bakal lama sekali ketontonnya, tapi minimal sistem ini lebih adil.

Jangan lupa memberi tanda pada film yang akan ditonton selanjutnya. Kalo gw sih pake tanda @@@.

film 10
============
@@@film11

Cuma tips doang sih, untuk membantu mengorganisir stok film yang belom ditonton. Boleh dicoba.

Tips berikutnya adalah: bikin list juga untuk film2 yang udah selesai ditonton. Tujuannya: arsip. Jadi biar tau udah berapa judul yang kita tonton.




Kalo gw sih bikinnya di Excel, selain nyantumin judul (dan tahun), gw kasih personal rating juga, biar ketauan mana film yg menurut gw bagus. Dengan file ini, gw bisa bilang, kalo gw udah nonton lebih dari 1000 film. Kalo ga punya, nah mau pake apa buktinya, ato inget darimana?

~Most people don't bother being organized. I do.

No comments:

Post a Comment