Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, January 23, 2012

Jurnal 22 Januari 2012

Minggu ini masih sibuk bikin flashfiction dalam rangka #15HariNgeblogFF, selain meneruskan nulisbarengnya. Dan sungguh event ini bener2 menyita waktu gw. Sejak event ini dimulai, gw belom sempet lagi nonton film, dengan konsen, karena dikejar deadline untuk hari ini. Kalopun sempet nonton, paling dikit2 nonton Sherlock yg udah abis season 2nya. Baca Dragon Ball lagi aja juga belom lanjut2 saking tersitanya waktu ini. Gw juga ga sempet keluar rumah buat misalnya belanja makanan ato beli pakaian baru, padahal udah rencana dari kemaren2.

Tema dari FF yg diajukan adminnya dari kemaren sebenarnya rada-rada menjurus ke arah galau. Bayangin aja, judul2nya seperti ini: "Kamu Manis, Kataku" atau "Aku Maunya Kamu, Titik" seakan mengarahkan para penulisnya untuk jadi galau. Meski begitu gw berhasil mendobrak hal ini dengan menerapkan semboyan #MenolakUntukGalau. Bisa dicek, dari hari pertama nulis FF, ga ada cerita buatan gw yg isinya galau, yg ada yg so sweet atau langsung ekstrim. Yah, pokoknya berusaha aja untuk melebarkan range tulisan yg gw bikin.

Dipikir2 ternyata bikin FF ini manfaatnya besar juga. Selain jadi makin terlatih mikir ide buat apa dan nulisnya makin smooth, yg ga boleh dilupakan adalah: memperluas jaringan teman. Jadi berinteraksi dengan temen2 yg baru, misalnya kedua admin momo_DM dan WangiMS, trus juga salah satu penulis handal adit_adit, juga rachmalestari yg kemaren2 sempet rajin komen disini. Dan tentunya para peserta lain yg kadang2 ada yg mampir dan ngasih komen. Selain bermanfaat dalam meningkatkan traffic blog, juga berkesempatan ngebaca karya2 temen2 ini, yg banyak yg bagus2 juga. Biasanya sih sebelum gw nulis FF, gw liat2 dulu sampel dari orang2 yg udah jadi, biar kepikir nanti mau nulis gimana.

Efek positif lainnya yg bisa diperhitungkan adalah, dengan memperluas jaringan temen ini, mudah2an nantinya kalo kita jadi bikin buku untuk yg nulisbareng atau lainnya, ada salah satu ato beberapa dari temen2 baru ini yg ikut beli, hehehe.

Tema nulisbareng minggu ini adalah pembunuhan. Tadinya cukup excited karena pengen bikin cerita detektif yg kayak And Then There Were None. Gw udah ada plotnya sebenarnya, tokoh2nya yg diambil dari orang2 yg gw kenal di twitter, termasuk urutan kematiannya dan pelakunya. Tapi baru nulis satu halaman, gw sadar, untuk cerita dengan jumlah karakter sebanyak ini (7) ga bisa kalo cuma ditulis ke cerpen yg maksimal 2000 kata. Mestilah bisa sampe 20an halaman, kalo mau karakternya ga numpang lewat doang. Lagipula, persiapannya belom cukup untuk bikin detail2nya.

Hari Selasa kemaren sempet rada panik karena akun dian yg iqannemo itu nampaknya dibajak lagi. Untungnya ga berlarut2 paniknya, karena kita udah omongin langkah-langkah yang diambil buat ngatasin ini, juga untuk kemungkinan kalo nanti semua akunnya dibajak semua. Pokoknya jangan menyerah aja intinya.

Dan kemaren2 baru memuaskan dahaga maen PS3. Tumben2an maen WE menang, rupanya karena sekarang sudah lebih paham kegunaan tombol-tombolnya, terutama segitiga untuk passing. Juga puas sampe jari2 ini pegel karena maen Dynasty Warrior. Kapan2 mesti bikin cerita yg karakternya dari DW, hehehe.

2 comments:

Post a Comment