Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, January 27, 2012

tentang #15HariNgeblogFF

Pertama kali dengar event ini kalo ga salah karena diretweet sama nulisbuku, twitnya momo_DM. Iya, saya masih inget siapa itu momo_DM, yg namanya selalu muncul di setiap judul #11projects11days nya nulisbuku waktu itu. Rupanya seperti membangkitkan kembali masa2 nulis blog yg waktu itu sempet muncul juga melalui #15harimenulisdiblog yg diadakan sama hurufkecil, cuma mungkin ga setenar ajang yg itu karena penggagasnya bukan selebtweet.

Waktu itu masih mikir2 sih mau ikutan ato engga, soalnya kalo mesti bikin cerita tiap hari (meskipun FF) rasanya cukup berat (pengalaman waktu 15harimenulisdiblog). Lagipula sejak tahun 2012 ini saya dan dian (plut0saurus) juga ada kegiatan menulis tiap minggunya. Takutnya nanti susah konsennya (dan memang sih) kalo mesti ikut yg ini juga. Tapi untuk jaga2, retweetan itu saya favoritin dulu, biar inget.

Ga taunya malah dian duluan yg nulis buat FF ini dengan serial Joni-nya. Apa boleh buat, saya pun ikut nulis juga, meskipun di hari Kamis, hari pertama itu, otak serasa seret banget buat nulis FF, yg akhirnya malem2 baru kelar. Tapi untungnya dan ajaibnya di hari2 berikutnya, seretnya menghilang, dan makin lancar nyari ide dan nulisnya, hingga akhirnya bisa total bikin FF selama 15 hari tanpa bolos :D

Sekarang saya mau nyebut kekurangan yg sering saya keluhkan tentang proyek ini. Pertama, kedua admin kurang berpengalaman mengadakan kegiatan seperti ini, yg mengandalkan peserta ngirim linknya dengan mention mereka. Mention yg tercampur dengan mention2 lainnya yg ga berhubungan ama FF, dan hasilnya adalah, seringkali mention peserta yg isinya link FF kelelep sama mention2 lain, dan ujung2nya ga kebagian dishare. Saya sering seperti itu, meskipun kemudian saya akal2in dengan ngulang ngirim link lagi, sampe akhirnya dishare ama adminnya, hehe.

Kemudian kadang adminnya available di waktu2 share, tapi kok ga ngeshare postingan para peserta, dan saya yg udah nyetor pun kesel sama adminnya, pengen tujes-tujes rasanya :p

Rasanya juga aneh karena kedua admin terlalu sibuk sehingga ga sempet bikin FF mereka sendiri. Kadang ikut prihatin (selebihnya cuek :p). Memang periode nulis yg tiap hari dan kewajiban admin yg mesti baca satu2 hasil FF punya peserta membuat waktu menjadi serasa sempit. Makanya mungkin lebih baik kalo tiap periode/tema FF dilakukan selang 3 hari. Jadi ada 1 hari buat nulis, dan sisanya buat baca2 blog yg lain dan ngasih komen. Jujur, saya ga sempet berkunjung ke semua blog peserta, paling cuma beberapa, sekitar 10 diantaranya mungkin, makanya salut juga sama admin yg bisa (dan mesti) melakukannya.

Momen yg saya tunggu tiap harinya, dan yg bikin saya seneng adalah ketika kedua admin ngeRT twit saya yg ada link FFnya, dan ngasih komen singkat, seperti sweet, keren dsb :D (hehe, maklum gila pujian), tapi kadang juga ga dikasih komen, cuma hestek #maribaca. Jelas saya lebih suka kalo admin ngasih komen singkat itu ketimbang cuma hestek, karena dengan begitu saya merasa tulisan saya diapreasiasi.

Meski begitu, dari pengalaman saya, 15haribikinFF ini lebih terapresiasi dengan baik ketimbang 15harimenulisdiblog yg waktu itu, dimana adminnya, hurufkecil, terlampau sibuk dan hasilnya ada beberapa hari yg terbengkalai. Di event ini, setiap hari, kedua adminnya sudah berkomitmen semaksimal mungkin dengan hasil yang sangat bagus malah.

Saya juga mau komentar tentang peserta2 lain yang kelihatan sangat antusias, terlihat dengan banyak yg saling komen di blog2 lain, termasuk ke blog saya (meskipun ga banyak sih). Saya pun sering ngeliat postingan2 FF yg laen, seringnya sih buat bocoran kalo lagi susah nyari ide :p, dan beberapa kali komen di sana. Beberapa ada yg berkunjung balik ke blog saya dan ngasih komen.

Thanks to this event, traffic blog saya emang naik, hehe, bahkan lebih tinggi ketimbang waktu 15harimenulisdiblog dulu. Dan yang komen juga jadi lebih banyak, dari yg biasanya sepi2 aja.

Terakhir, sekali lagi terimakasih karena dengan kegiatan ini, saya jadi lebih sering nulis dan makin lancar ngalirin idenya. Padahal sebelumnya sempet ragu apa bisa ato engga ngikutin sampe akhir, dan nyatanya bisa :D Saya juga bisa menaklukkan tantangan #MenolakUntukGalau dari hari pertama, ga peduli judulnya segalau apa :D


Saran:
utk kegiatan serupa di kemudian hari, baiknya bikin akun khusus, seperti PosCinta, buat menghandle segala mention dari peserta dan share linknya. Kemudian waktunya dibikin ga terlalu padat, misalnya 3 hari sekali untuk satu tema. Trus kalo perlu tiap peserta diharuskan untuk minimal baca dan ngasih komen ke 5 ato 10 peserta lain. Biar makin semangat gitu :D

2 comments:

Anonymous said...

Eh iya. Bener juga. Saya juga nunggu komen admin yang kaya gini: seru! aih! daripada cuma #maribaca doang.. :D

Salam kenal ya.. Maap kemaren saya malah belom mampir ke sini.. :)

minky_monster said...

hehe, cuma ngasih testi yg sejujur-jujurnya aja sih :p

Post a Comment