Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, January 05, 2012

Petualangan Malam Hari di Pasar Minggu

Hari Rabu kemaren itu, jadi hari yang sangat melelahkan dan panjang. Setelah gw nonton Sherlock Holmes: A Game of Shadows di Djakarta XXI, gw balik lagi ke kantor buat ngabsen pulang dan bikin laporan. Alhasil, pulangnya jam setengah 8 lewat. Keretanya dateng jam 8.

Kemudian mulailah hal yang tidak diinginkan. Karena sorenya ujan, yg kemudian sering terjadi adalah gangguan sinyal di stasiun2 tertentu. Dan sialnya, itu terjadi kali ini pas gw pulang. Kereta berhenti dan ga jalan di antara stasiun Pasar Minggu Baru, dan Pasar Minggu. Penyebab yg dibilang sama masinis ato petugas yg ngomong lewat interkom: ada kereta yg mengalami gangguan di stasiun UI. Sebelumnya, dibilangnya karena ada antrian kereta di Pasar Minggu. Antrian darimana? Orang ini kereta pertama setelah setengah jam nunggu. Apanya yg ngantri coba? Kemudian diralat jadi ada kereta gangguan di stasiun Univ Pancasila, trus diralat lagi jadi di UI.

Keretanya mogok jalan dari sekitar jam 8.30, lanjut sampe jam 9 lewat masih belom jalan2. Sementara penumpang penuh, AC ga terasa (gerah banget boi) dan kaki gw udah rada pegel karena berdiri. Gw nyadar kalo ini adalah hari2 dimana ada gangguan yg bisa berlangsung selama beberapa jam, kayak yg waktu itu. Gimana nih, pikir gw. Masa mau nunggu tanpa kepastian gini. Yakalo bisa jalan lagi, kalo sampe tengah malam gitu gimana?

Saat-saat seperti inilah dimana kita mesti mengambil keputusan. Setelah pintu gerbong ada beberapa yg dibuka, biar udara masuk, sekitar jam 9.30 gw turun dari gerbong, di tengah2 rel, dan jalan kaki. Hal yg mestinya gw lakukan beberapa menit sebelumnya, tapi ragu2 karena ga ada orang lain yg turun duluan. Baru pas gw liat udah ada lumayan banyak yg turun dari gerbong2 lainlah gw juga ikut turun.

Selain itu, dasar keragu2an gw adalah karena gw ga tau sama sekali tentang daerah ini. Terakhir kali dan satu-satunya gw ke stasiun Pasar Minggu itu udah lama banget, pas masih kuliah tingkat 1, abis pulang dari Bogor. Begitulah, selama naek kereta, taunya ya sampe aja, ga betul2 kenal daerah2 yg dilewatin. Nyari2 angkot ga ada. Nanya sama beberapa mas2 yg ikut turun dan jalan. Mereka ternyata mau jalan aja sampe stasiun Pasar Minggu trus naek kereta yg depannya lagi. Ini turun biar kakinya seger aja dan ga pegel karena berdiri terus. Hmm, bener juga sih, akhirnya gw ikut mereka aja jalan sampe stasiun berikutnya. Lumayan sih, 15 menit kayaknya.

Pada detik itu gw udah ga peduli dan ga akan menyesal kalo kereta yg tadi gw tinggalin ternyata jalan lagi. Dan memang sekitar 3 menit setelah gw turun, si kereta itu bergerak lagi.... sejauh 200 meter doang. yeee, masih ternyata.

Sesampenya di stasiun Pasar Minggu, mas2 yg tadi kemudian kayaknya nunggu disana sampe situasi dah lancar dan keretanya jalan lagi, dan ikut naik lagi. Gw yg udah eneg dan ga mau berdiri lagi untuk malam ini, keluar stasiun dan memutuskan naek angkot. Another 5 minutes, buat jalan dari stasiun ke tempat angkotnya muter.

Pas udah naek angkot, uuuh, kaki yg seharian ini udah dipaksa buat jalan berapa kilo (pas gw nonton di Djakarta XXI itu juga jalan ke sana, kira2 setengah jam lah bolak balik kantor) akhirnya bisa beristirahat. Untungnya kakinya ga lecet karena pas lagi make sepatu pantofel. Dulu waktu awal2 make padahal baru dipake jalan kaki sejam aja udah lecet.

Akhirnya pulang ke Depok dari Pasar Minggu naek angkot. Dan jalanan masih rame padahal udah jam 10. Keretanya pun udah jalan lagi, keliatan pas gw lagi di dalem angkot. Tapi gapapa, ngapain disesali. At least, I got to sit, and not stand there. Nyampe rumah jadinya jam 11 kurang. What a day.

2 comments:

piliang said...

Nasib kereta mogok,,gw pernah naik kereta yang mogok antara pasar minggu baru dan pasar minggu, mana lama, pengep pula,pas jalan gataunya cm nangkring dpasar minggu ngantri sama kereta lain,,cape deh,, daripada pusing, gw pilih turun dpasar minggun n cari taksi, gataunya macet parah,,boro boro taksi, angkot aja ga ada yang lewat. Keong smua.

Akhirnya naek ojek deh sampe rumah, sebelum tumbuh jamur di kepala gue gara gara kelamaan nunggu.

minky_monster said...

memang kalo dipikir naek taksi percuma sih, karena biasanya macet, ujung2nya malah mahal doang. kalo sama2 macet ya mending naek angkot aja sih :D dari pasar minggu sampe ke depok rumah gw nambah 5000 doang jadinya.

Post a Comment